Menghitung Harga Jual Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Cara menghitung harga jual adalah kunci yang harus dikuasai seorang pelaku usaha. Tak terkecuali jika kalian adalah pelaku usaha cutting sticker.

Dengan menguasai cara menghitung harga jual cutting sticker, maka akan banyak manfaat yang kalian rasakan. Keuntungan ini bisa dirasakan oleh kedua belah pihak, yakni kalian sebagai pedagang dan konsumen atau pembeli.

Bukankah yang baik dari adanya sebuah jual beli adalah saling meguntungkan, bukan? Beberapa hal penting agaknya belum bisa kita kesampingkan meskipun terdengar sangat kuno.

Misalnya pembeli adalah raja, raja harus dilayani dengan baik. Kita asumsikan raja yang satu ini bukan raja catur yang hanya bisa diam dan bergerak jika dipindahkan, atau raja yang zalim. Kalau pembelinya berperilaku tak bagus ya kita kesampingkan ya hahaha.

cara-menghitung-harga-jual-cutting-sticker


Bagaimana melayani pembeli jasa cutting sticker kita? Apakah mumpung ia kelihatan orang berduit lantas harganya kita naikkan seenaknya? Jika ini yang kalian lakukan, pembeli yang sama hanya akan datang sekali ke tempat kalian.

Apalagi jika tingkat persaingan cutting sticker di kota kalian demikian sengit. Pembeli akan datang ke tempat yang dirasakannya memberikan kenyamanan berbelanja. Bicara masalah belanja, harga harus dipertimbangkan.

Ada sejumlah hal ketika kalian harus menentukan harga cutting sticker kapada konsumen. Dengan berlandaskan penghitungan yang benar, maka tidak ada yang merasa dirugikan di sini. Kalian sebagai pelaku usaha tidak rugi, sementara pembeli juga mendapatkan patokan harga yang tetap.

Menghitung Harga Jual Cutting Sticker


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pedoman untuk memberikan harga terbaik kepada pelanggan cutting sticker Anda. 

1. Tentukan Satuan Ukurannya


Patokan paling aman ialah menggunakan ukuran per centimeter. Kalau Anda perhatikan, hampir semua bahan sticker dibuat oleh pabrikannya dilengkapi ukuran di belakang backing paper atau release papernya.

Hal itu pasti ada manfaat atau kegunaannya. Kalau untuk patokan memotong bahan jelas. Padahal sebenarnya bisa dijadikan dasar untuk menghitung harga cutting sticker secara tepat dan detil.

Kalian juga boleh menggunakan satuan ukuran lain, misalnya inchi atau milimeter. Itu nanti tergantung kebiasaan kalian. Namun kalau mau yang paling sering digunakan ialah centimeter atau disingkat cm.

2. Tentukan Harga Per Satuan


Misalkan pada angka 1 di atas kalian menggunakan ukuran centimeter sebagau panduan cara mengitung harga jual cutting sticker, selanjutnya tentukan harganya. Maksudnya berapa harga per centimeteranya.

Untuk bisa menentukan berapa harga per centimeter, maka kalian harus tahu berapa sebenarnya harga bahan sticker per meternya. Banyak sekali mereka dan ukuran bahan sticker di pasaran. Kita ambil contoh misalnya bahan sticker cutting merek XXX per rolnya Rp145.000. Sementara ukurannya ialah 45 centimeter lebar dengan panjang 15 meter.

Lalu tambahkan ongkir per rolnya, misalnya Rp5 ribu. Maka harga satu rol bahan sticker adalah Rp150 ribu. Kemudian bagilah 150 ribu  dengan 15 meter, ketemu angka Rp10 ribu. Inilah harga satu meternya. 

Kalian juga harus mencari berapa harga per centimeter bahan. Nag ini tugas kalian untuk mencarinya, karena bukanlah hitungan matematika dengan rumus yang sukar.

Jika sudah ketemu per centineter, maka tambahlah dengan ongkos produksi lain seperti listrik, masking tape. Soal berapa penambahannya, jangan terlalu tinggi. Bandingkan saja dengan harga bahannya tadi. Kalau kalian naikkan terlalu tinggi tempat usaha kalian akan jadi bahan pembicaraan karena terkenal paling mahal.

3. Jumlah Tumpuk

cara-menghitung-harga-jual-cutting-sticker-tumpuk


Cara menghitung harga jual cutting sticker lainnya ialah jumlah tumpuk warna. Sticker ini terdiri dari lebih satu warna. Jadi kalian harus bisa membedakan jika ada konsumen yang memesan cutting sticker dua warna.

Pengertiannya bisa dua, pertama sticker tidak tumpuk namun warna per barisnya berbeda. Kedua sticker yang tulisannya sama namun ada warna backgroundnya. Yang dimaksud dalam pembahasan ini ialah sticker cutting tumpuk.

Cutting sticker tumpuk pasti harganya lebih mahal ketimbang yang satu warna. Jelas, karena bahan yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Bila Konsumen Bawa Bahan

Mungkin kalian pernah menerima konsumen yang membawa bahan sendiri. Apakah jenis konsumen seperti ini akan kalian tolak? Sayang.... rezeki.

Tentu tak bisa kita samakan harga cutting sticker dengan bahan kita dan membawa bahan sendiri. Komponen lain yang juga harus dipertimbangkan ialah kerumitan desain cutting sticker. Mengapa kalian begitu pelit hehe.

Bukan pelit, tetapi secara logika jika desainnya rumit tentu pisau mesin cutting sticker kalian akan bekerja lebih lama. Ibarat pelari cepat, jika ia berada di lintasan lurus makan jarak jauh akan dilaluinya dengan cepat.

Tetapi saat ia harus berhadapan dengan lintasan berkelok kelok, naik turun, melewati kampung dan gang, bisa jadi waktu yang dibutuhkannya lebih lama. Dan setelah itu ia akan pijat karena badannya capek capek dan lelah.

Baca Juga:

Mengakali Pisau Cutting Biar Tak Lekas Tumpul

Manfaatkan Sisa Bahan Menjadi Uang

Memilih Masking Tape

Pengecualian Sticker Mini

cara-menghitung-harga-jual-cutting-sticker-2


Meski demikian, kalian harus tetap menetapkan harga terendah. Ini sangat berguna jika kalian menerima order cutting stcker yang ukuran huruf atau polanya sangat kecil. Kalau kalian hitung per centimeter rugi dong.

Dan ingat... semakin kecil ukuran cutting sticker akan semakin sulit untuk mengopeknya. Oleh sebab itu kalian beri patokan, harga per centimeter berlaku untuk ukuran minimal sekian x sekian centimeter. Di bawah ukuran itu ada harga spesial.

Apa keuntungan menghitung jasa cutting sticker dengan hitungan per centimeter? Ini hanya pengulangan dari yang di atas, agar kalian tidak meremehkan hal ini saat usaha cutting sticker.

Pertama, kita tidak akan rugi karena semua komponen seperti harga bahan, ongkos kirim, bentuk desain, berapa warna stickenya, listrik untuk mesin dan komputer, masking tape dan lain lain sudah kita hitung dengan cermat.

Kedua, pembeli akan mendapatkan harga yang masuk akal karena hitungan kita sudah ada pedoman bakunya. Coba kalau kita kira kira harganya, bisa bisa konsumen atau pelanggan komplain karena sebelumnya ia membuat cutting sticker ukuran lebih besar harganya lebih murah.

Sementara untuk sticker yang ukurannya lebih kecil sedikit justru kita beri harga mahal. Kemungkinan waktu pembuatan cutting sticker pertama toko kita sedang ramai dan target pendapatan sudah didapat sehingga konsumen tadi kita kasih harga spesial.

Dan kalian pasti lebih suka fair kepada pembeli dengan memberikan hitungan yang benar. Bahkan kalau perlu kalian menempel daftar harganya di dinding, biar calon konsumen bisa menghitung sendiri. Lain waktu jika ia ingin datang lagi dengan bentuk cuting sticker lain ia sudah bisa mengira berapa yang harus dibayarkannya.

Dengan mengetahui cara menghitung harga jual cutting sticker, kini kalian memiliki modal untuk membuka usaha ini. Semoga bermanfaat

0 Response to "Menghitung Harga Jual Cutting Sticker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel