Apa Itu Masking Tape dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Hai sobat sticker yang selalu tangguh. Coba hari ini dicek apakah persediaan masking tapenya masih cukup untuk dua minggu ke depan? Kalau gulungannya sudah menipis, tak ada salahnya order lagi sebelum kehabisan.

Mengapa saya sarankan seperti itu? Sebab rezeki orang siapa tahu. Tuhan bisa saja hari ini ngasih order dari sebuah perusahaan yang memesan banyak sekali sticker cutting. Namun mereka hanya butuh stickernya, soal pemasangannya akan dikerjakan pegawai perusahaan tersebut.

Itu artinya persediaan masking tape sobat akan banyak terpakai, atau bahkan kurang. Lebih menyenangkan jika sobat juga yang mendapatkan kesempatan memasangnya. Selain bisa menawarkan biaya pemasangan, masking tapenya juga bisa diirit. Lah kalau tukang sticker yang sudah bertahun-tahun pasti punya tips khusus, biasanya selembar masking tape bisa digunakan berkali-kali hehe.

Apa Itu Masking Tape

masking tape seichotape
Masking tape merek Seichotape dengan ukuran pendek. Foto - dok bintan wrapping

Sebelum jauh saya membahas urusan masking tape, nggak ada ruginya sobat mengetahui sejatinya apakah benda yang disebut masking tape itu sendiri? Jangan salah tanya kepada orang yang tak paham, lho. Meski sama-sama lapisan plastik bening berperekat, tidak semuanya bisa digunakan untuk memasang sticker cutting.

Masking tape adalah lapisan plastik bening berperekat yang digunakan untuk mengangkat sticker cutting dari backing papernya. Dengan adanya benda ini, seorang tukang sticker dengan mudah memindahkan sticker cutting yang siap pasang ke atas medianya.


Dari pabriknya, ia digulung dengan sangat rapat. Beda dengan bahan sticker yang memiliki dua lapisan, yakni lapisan sticker yang berperekat dan kertas halus di lapisan bawahnya atau backing paper. 

Jika hendak dipakai, harus dibuka dahulu lalu potong menggunakan pisau cutter. Usahakan memotongnya rata, maksudnya tidak meninggalkan bekas gerigi karena pisaunya tak lagi tajam. Karena jika itu terjadi akan menyulitkan saat lain kali mau menggunakan masking tape.

Sifatnya yang gampang robek jika ada goresan akan membuat sobat tak bisa membukanya dari gulungan dengan mulus. Saat lapisan dibuka dan mengenai bagian potongan bergerigi, ia akan sobek membentuk jalur sendiri. 

Cara Kerja Masking Tape

pasang sticker dengan masking tape
Proses memasang sticker cutting seperti ini pasti membutuhkan masking tape agar lurus dan simetris. Foto - dok bintan wrapping

Bagi yang baru mau terjun ke usaha sticker cutting, gambarannya seperti ini. Sobat baru saja memotong bahan sticker berbentuk tulisan TES PASANG misalnya. Saat akan dipasang ke dinding bagaimana caranya agar jarak dan rata tulisan bisa dijaga seperti yang diharapkan?

Kalau mau diambil satu demi satu hurufnya, ah betapa kacaunya dunia ini hehe. Nah di sinilah superhero bernama masking tape itu dibutuhkan. Ambil masking tape secukupnya, potong menggunakan pisau cutter, lalu letakkan di atas tulisan TES PASANG tadi.

Jangan khawatir, potongan masking tapenya bolah sambungan kok. Karena ukuran masking tape pada umumnya selebar 60 centimeter panjang 90 meter. Pintarlah sobat bagaimana caranya memanfaatkan barang ini dengan hemat.

Lalu ratakan dengan rakel atau squeeze atau kape. Selanjutnya bawa sticker cutting yang masih menempel di backing papernya ke dinding yang akan dipasangi tulisan. Posisikan agar kira-kira pas di tempat yang diinginkan. 

Suruh pegang teman salah satu ujung atau bagian tengahnya. Usahakan tidak bergerak-gerak lagi, lalu lepaskan backing paper dari stickernya. Kalau bisa sobek bagian tengahnya, di dekat tangan teman yang banyu memegang bagian tengah sticker.

Pelan-pelan lengketkan sticker cutting yang sudah dilapisi masking tape di permukaanya ke dinding. Pakai rakel lagi. Kalau sudah terpasang, ulangi prosesnya untuk sebagian yang tadi masih dipegang teman. Kali ini tak perlu bantuan teman untuk memegang. 

Kan separoh stickernya sudah menempel? Kalau separohnya lagi tinggal lanjutin, langsung diratakan dengan rakel. Nah, setelah sticker tertempel sempurna, silakan tarik ujung lapisan masking tape dari sisi kanan atas atau bawah, sisi kiri atas atau bawah. Lalu pelan-pelan lepaskan hingga semuanya terlepas dari sticker TES PASANG.

Berperekat Tak Lekat

fungsi masking tape
Masking tape bisa digunakan beberapa kali asalkan tidak basah atau cairan berminyak. Foto - dok bintan wrapping 

Jika ada pemula, biasanya berpikir apakah sticker cuttingnya tidak ikut terangkat ketika masking tapenya dilepaskan dari permukaan stickernya? Jawabannya tidak.

Kenapa? Karena kekuatan perekatnya tidaklah sekuat perekat yang ada di bahan sticker cutting yang sudah menempel di media yang akan dipasangi. Kecuali media yang akan ditempeli basah atau ada minyak dan kotoran, bisa saja sticker cuttingnya ikut kembali terangkat.


Oleh karena itu wajib hukumnya membersihkan kaca, dinding bercat minyak atau media lain yang akan dipasangi sticker dengan lap yang bersih. Kalau perlu semprotkan dahulu air yang sudah dicampur sedikit sabun cair untuk membersihan permukaannya. Biar stickernya benar-benar merekat erat. Seperti cinta yang sangat erat, bak Laila Majnun atau Samson dan Delilah. Eh Indonesia juga punya Romi dan Juli, mengadposi dari Romeo and Juliet.

Semoga penjelasan saya mengenai masking tape ada gunanya buat sobat semua. Salam lengket. ***


0 Response to "Apa Itu Masking Tape dan Kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel