Belajar Psikologi Warna di Kota Lama Tanjungpinang

Psikologi warna di Kota Lama Tanjungpinang, Kepulauan Riau, apa maksudnya? Yuk baca artikelnya di bawah ini.

Dahulu kala, kalau orang menyebut Tanjungpinang mungkin paling diingat Kota Lama. Ada Jalan Merdeka, Jalan Pos, Jalan Gambir dan sekitarnya.

Kemudian perkembangan Tanjungpinang tak mampu dilawan, pusat perekonomian bergeser ke Bintan Centre, Batu 9. Oh, iya, sebutan Batu di Tanjungpinang tak beda dengan kilometer.

psikologi-warna-09987978
Psikologi warna bisa dirasakan ketika menikmati Kota Lama Tanjungpinang. Foto - nurali Mahmudi

Jalan-jalan yang saya sebutkan di atas termasuk dalam kawasan yang hingga kini sebutannya masih dipakai. Kota Lama. Namanya sudah menggambarkan artinya. 

Memang itulah kota-kota yang pernah bersinar pada zamannya. 

Melihat hal tersebut, Pemprov Kepri dan Pemkot Tanjungpinang koordinasi. Sejumlah tempat direvitalisasi sesuai dengan tujuan dan peruntukannya. Demikian juga dengan pembenahan Kota Lama.

Kamis, 1 September 2022 saya sengaja menikmati Kota Lama. Mengapa sengaja? Karena saya juga sangat sering melintasi kawasan ini. Namun hanya sebatas numpang lewat.

Kali ini saya benar-benar menikmatinya. Dari depan Gedung Daerah (saya berjanji suatu ketika akan mengupas pesona dan sejarah gedung ini), saya menuju ke arah Kota Lama.

Saya sudah belok kiri, melintasi Jalan Pos. Namun baru 10 meter saya balik. Lalu duduk di depan salah satu toko yang ada di Jalan Merdeka.

"Mau beli apa, Bang?" sapa seorang perempuan yang usianya separoh baya dari dalam toko.

Saya menjawab dan menjelaskan tujuan saya. Rupanya dia paham bahkan menunjukkan bangunan-bangunan di depannya.

"Bagus warnanya, nggak kayak kemarin," ujarnya.

Ia lalu berharap kawasan di mana ia membuka usaha bisa lebih hidup. Warna yang berbeda di setiap gedung diakuinya menimbulkan semacam semangat.

Pembenahan Kota Lama masih berlangsung. Sejumlah pekerja lalu-lalang mengerjakan apa yang menjadi tugasnya. 

Saya duduk lagi. Menatapi bangunan demi bangunan. Kawasan ini seksi sebenarnya. Berdekatan dengan Pelabuhan Sri Bintanpura. Pelabuhan ini mengantar dan memulangkan warga dari Tanjungpinang ke pulau lain, juga ke Singapura dan Malaysia.

Nggak heran jika Sabtu atau Ahad, banyak kita jumpai wisatawan dari kedua negara tersebut. Nah, Kota Lama menjadi semacam pintu gerbang.

Saya bayangkan ketika belum dibenahi seperti ini, warna tembok gedungnya saja kusam. Pasti bukan karena namanya Kota Lama lalu semuanya juga harus lama. Catnya lama. Malahan tidak dicat.

Padahal di sini banyak toko yang menjual berbagai barang berbeda. Mereka bertahan digerus kemajuan zaman. Sudahlah belanja online kini menjadi gaya hidup, belum lagi bermunculan kantong-kantong perekonomian baru di Tanjungpinang.

Psikologi Warna Menurut Ahli

Tahukan Anda jika ada istilah psikologi warna? Ini bukan asal sebutan, melainkan hasil kajian mendalam para ahli yang kompeten di bidangnya.

Dan apakah Anda juga tahu, pemilihan warna cat di Kota Lama sesuai anjuran konsultan yang disewa Pemda. Saya berpikir, mungkin ini juga ada hubungannya dengan hal tadi.

Melansir sehatq, psikologi warna adalah teori yang menjelaskan tentang pengaruh warna terhadap perasaan dan perilaku manusia. Interpretasi warna dan kaitannya dengan kehidupan manusia banyak dijelaskan dalam konsep psikologi warna.

Yuk kita cari tahu bersama sejumlah warna dan pengaruhnya terhadap psikologi manusia.

Warna Hitam

Warna hitam umumnya menggambarkan kemisteriusan, keberanian, kekuatan, atau rasa tidak bahagia. Hitam sering digunakan sebagai simbol ancaman atau kekuatan, namun juga dapat menjadi indikator kekuatan.

Dalam banyak budaya, hitam juga dikaitkan dengan kematian dan perasaan berkabung. Warna ini juga memberikan kesan ketidakbahagiaan, seksualitas, formalitas, hingga kemutakhiran. Khusus untuk fashion, warna hitam bisa membuat tubuh terlihat langsing.

Merah Muda atau Pink

Warna merah mudah dikenal menggambarkan keromantisan, kebaikan, dan ketenangan. Merah muda dipercaya memiliki efek menenangkan, namun para ahli menemukan bahwa efek ini hanya terjadi selama paparan awal.

Warna merah muda juga umumnya digambarkan sebagai warna feminin, yang berkaitan dengan sifat lembut dan kasih sayang.

Warna Merah

Warna merah umumnya menggambarkan cinta, gairah, kekuatan, dan kemarahan. Kecerahan merah dapat membangkitkan emosi dengan kuat. 

Selain itu, merah juga dikaitkan dengan rasa hangat dan nyaman. Seperti halnya hitam, warna merah pun sering digambarkan sebagai warna yang kuat.

Warna Hijau

Psikologi warna hijau umumnya menggambarkan warna alam, keamanan, keberuntungan, dan kecemburuan. Hijau telah lama dijadikan sebagai simbol kesuburan.

Para peneliti juga menemukan bahwa hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan meletakkan selembar kertas hijau transparan di atas bacaan. Hijau pun memiliki efek menenangkan dan dapat menghilangkan stres.

Warna Kuning

Arti warna kuning umumnya menggambarkan kehangatan, kecerahan, perhatian, dan energi. Kuning sering dilambangkan sebagai hal yang ceria dan hangat. Sebagai warna yang paling terlihat, menggunakan warna kuning juga menjadi yang paling menarik perhatian.

Namun, banyaknya cahaya yang dipantulkan membuat warna kuning sulit dibaca. Selain itu, kuning juga dapat menciptakan perasaan frustrasi.

Warna Biru

Warna biru umumnya menggambarkan ketenangan, kestabilan, produktif, dan kesedihan. Menjadikan warna ini memberi perasaan yang tenang, aman, dan damai. Biru juga sering dipandang sebagai tanda stabilitas.

Akan tetapi, warna biru juga dapat menciptakan perasaan sedih atau ingin menyendiri. Warna ini sering digunakan untuk menghias kantor karena penelitian menunjukkan bahwa orang lebih produktif ketika berada di ruangan biru.

Warna Ungu

Warna ungu umumnya menggambarkan kebijaksanaan, kekayaan, imajinasi, dan misterius. Ungu sering dilihat sebagai warna yang mewah dan terkadang terlihat eksotis.

Dalam psikologi warna, ungu juga memiliki karakteristik yang menenangkan. Warna ungu bahkan dapat membangkitkan imajinasi.

Warna Cokelat

Warna cokelat umumnya menggambarkan kekuatan, keamanan, alam, dan isolasi. Cokelat dianggap dapat membangkitkan kekuatan dan ketahanan. 

Warna ini juga sering dikaitkan dengan kehangatan. Namun, cokelat juga dapat menciptakan perasaan sepi, sedih, dan terasingkan.

Warna Putih

Warna putih umumnya menggambarkan kesucian, kedamaian, kekosongan, dan kepolosan. Putih dapat melambangkan awal yang baru, serta memberikan efek yang membuat ruang terasa lebih besar dan luas. 

Namun, warna netral ini juga dapat menggambarkan perasaan yang dingin, hambar, dan steril. Ini juga bisa terasa membosankan.


Warna Jingga atau Oranye

Arti warna jingga umumnya melambangkan kebahagiaan, antusiasme, energi, dan fokus. Jingga adalah kombinasi dari merah dan kuning yang umumnya dianggap sebagai warna energik. 

Warna ini dapat menimbulkan perasaan bahagia, hangat, dan antusias. Warna ini bahkan juga sering digunakan untuk menarik perhatian.

Nah, nggak ada salahnya Anda menyempatkan ngopi, duduk santai bersama teman di Kota Lama ketika mengunjungi Tanjungpinang. ***

0 Response to "Belajar Psikologi Warna di Kota Lama Tanjungpinang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel