Semprotan WD-40, Apakah Kepanjangannya?

semprotan-wd-40
Sumber foto: wd40.asia

Kalau kita ke toko, khususnya toko peralatan maka akan terlihat deretan botol warna biru dengan kombinasi kuning. Itulah semprotan WD-40 yang sudah sangat terkenal.

Bahkan di antara kalian ada yang pernah menggunakan produk ini untuk menyemprot bagian-bagian sepeda, kendaraan bermotor dan sejenisnya. Namun pernahkah terpikir apakah singkatan WD-40 pada semprotan WD-40 tersebut?

Harus diakui, produk ini memang cukup terkenal. Bahkan oleh anak-anak penggemar Tamiya, mereka tahu benda apa ini dan memilikinya untuk kelancaran balapan.

Semprotan WD-40 banyak digunakan untuk menghilangkan karat, ada juga yang memakainya sebagai pelumas ketika ingin melonggarkan sekrup atau melancarkan engsel. 

Ada juga yang menggunakan cairan ini  untuk membersihkan kerak dan kotoran di dalam mesin.

Kembali ke soal nama semprotan 4-WD, ternyata sudah dijelaskan di website pabrikannya. 

Di situ dicantumkan jika WD adaah kependekan atau akromin. Kepanjangannya ialah Water Displacement.

Lalu, apakah ada artinya angka 40-nya? Ternyata ada juga sobat, yaitu jumlah percobaan yang dilakukan oleh perusahaan ini ketika membuat formula dari cairan ini.

Bayangkan, untuk mendapatkan produk bagus harus melakukan uji coba sampai 40 kali banyaknya. Apakah kalian juga demikian ketika mengerjakan sebuah proyek pribadi?

Sejarah Pabrik Pembuat Semprotan WD-40

semprotan-wd-40_
Sumber foto: wd40.asia

Dilansir dari wd40asia, perusahaan WD-40 adalah pembuat produk multi fungsi WD-40 yang dipercaya secara luas, sebagai bagian penting di setiap kotak peralatan dan rumah tangga di seluruh dunia. 

Merek Amerika yang diciptakan pada tahun 1953 sebagai anti karat, anti korosi untuk lapisan luar dari Atlas Missile dan sejak itu berubah menjadi solusi perbaikan cepat.

Untuk membersihkan dan melindungi, melonggarkan bagian berkarat, mengusir kelembaban dan sebagainya.

Teknisi ahli maupun seniman amatir juga mendapatkan beragam fungsi dari WD-40 bagi pekerjaan mereka.

Semprotan WD-40 sendiri pertama kali dipasarkan oleh sebuah perusahaan kimia, Rocket Chemical, di kota San Diego, California, Amerika Serikat.

Produk ini sebenarnya sudah mulai diluncurkan pada tahun 1950-an. Namun kala itu untuk kali pertama hanya digunakan oleh perusahaan dirgantara Convair.

Cairan ini dipergunakan Convair untuk melundungi kulit terluar misil dari karat dan juga korosi.

Ternyata saat dipakai, semprotan WD-40 sangat baik hasilnya sehingga dikembangkan untuk dipakai pada kegiatan rumah tangga.

Ketika akhirnya namanya berkibar dan produknya diterima masyarakat secara luas, pada 1969 namanya pun diganti menjadi WD-40.

Testimoni yang diberikan di seluruh dunia pun beragam. Ada polisi yang menggunakan semprotan WD-40 untuk membantu pencuri lepas dari saluran pendingin.

Sementara yang lain, seorang sopir mengakui menggunakan cairan ini untuk melepaskan seekor ular yang melilir di mesin kolong bus.

Demikianlah sobat artikel tentang Semprotan WD-40, semoga memberikan manfaat. ***

0 Response to "Semprotan WD-40, Apakah Kepanjangannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel