Jenis Kamera CCTV Terbaik dan Kelebihannya

Kamera CCTV menjadi peralatan yang semakin laku di pasar. Fungsinya yang sangat membantu manusia menjadikannya kebutuhan yang banyak dicari. Namun tahukah Anda jenis kamera CCTV?

Coba Anda perhatikan bangunan yang memasang kamera CCTV, pasti bentuknya tidak sama. Ada yang kotak, bulat, setengah lingkaran dan sebagainya.

Selain toko CCTV yang juga semakin mudah ditemui, Anda juga bisa mencari penyedia jasa pasang camera cctv yang harganya bersaing. Siapa yang menang pelayanan itulah yang dicari konsumen.

Kamera CCTV juga sering disebut sebagai kamera pengawas, karena tujuan orang memasang kamera ini memang untuk mengawasi.

Kegunaan CCTV memang bisa diandalkan, meski seseorang berada jauh dari rumah atau tempat usahanya. Dengan mudah ia bisa mengecek kondisi tempatnya bekerja, berbisnis atau rumahnya.

Harga kamera CCTV beragam, dari yang murah sampai mahal. Ada juga yang murahan dengan kualitas apa adanya. Semakin mahal tentu saja akan semakin mahal harganya.

Harga kadang tidak menjadi persoalan bagi objek yang sangat penting sehingga kehadiran kamera pengawas berupa CCTV mutlak diperlukan. Tak hanya satu dua, melainkan dipasang di banyak sudut sehingga memudahkan pengawasan.

Meski di gerbang perumahan atau komplek kantor sudah ada penjaga atau satpam, namun kehadiran CCTV bisa menjadi pelengkap. Hanya dengan memantau dari pos, suasana sekitar lokasi yang dijaga bisa terlihat dengan jelas.

Jenis Kamera CCTV Terbaik dan Kelebihannya

jenis kamera cctv

Kali ini kita hanya akan membicarakan jenis kamera CCTV beserta kelebihan yang ada padanya. Jadi tidak mencantumkan informasi lain seperti harga.

Berikut ini adalah kamera CCTV yang umum atau lazim digunakan oleh masyarakat.

1. CCTV Spy

Jika kalian melihat ada CCTV kok bentuknya mungil, kecil, seperti itulah gambaran untuk CCTV Spy. Sengaja dibuat dengan ukuran kecil agar tidak diketahui keberadaannya.

Pelaku kejahatan yang tak menyadari jika ia diawasi CCTV Spy akan menjadi target yang diincar oleh perangkat ini. Karena menggunakan kata spy, kamera ini memang dikhususkan untuk tugas memata-matai.

Jangan selalu berpikir jika CCTV itu dipasang di dinding atau rumah dan bangunan lain. Kamera jenis ini bentuknya bisa berupa pulpen, bross, hiasan dinding, dan barang lainnya yang ditempatkan pada area yang sulit disadari keberadaanya. 

Kelebihannya pada soal kehadirannya yang tidak disadari. CCTV jenis pulpen misalnya, pati membuat orang yang diajak bicara tak menyadari dirinya sedang menjadi target spy oleh kamera.

2. CCTV PTZ

ptz-cctv-camera

Jenis kamera CCTV ke-2 ialah PAN TILT ZOOM yang disingkat menjadi PTZ. PAN adalah kemampuan kamera untuk bergerak ke kiri kanan. Tilt mengindikasikan jika kamera yang dipakai mampu bergerak ke atas dan bawah.

Sementara zoom adalah kemampuan kamera pengintai untuk memperbesar objek yang ingin dilihat secara detil. Pembesarannya bisa sampai beberapa kali lipat.

Kelebihan kamera CCTV jenis ini ialah jangkauannya untuk merekam. Ia bisa dimanfaatkan pada kegiatan pemantauan suatu wilayah dengan jangkauan yang sangat luas seperti pada bandara dan lapangan. 

Tidak dibutuhkan banyak kamera untuk mengawasi sebuah area lantaran bisa diseting bisa memutar. Pengendaliannya pun sangat mudah, dengan controller.

Kemampuan putar kameranya ialah 360 derajat horizontal dan 180 derajat vertikal. Garakannya pun bisa diseting otomatis sesuai keinginan pengguna.

Satu lagi kelebihan jenis kamera CCTV ini ialah resolusi gambar yang dihasilkan cukup jernih.

3. CCTV Dome

Kok mirip sebutan jenis tenda ya? Nggak salah, dari namanya CCTV Dome memang bentuk kameranya menyerupai tenda atau kubah. Bentuknya memang disengaja seperti itu agar arah gerakannya tak terlihat namun untuk kameranya sendiri terlihat oleh mata.

Untuk jenis kamera CCTV ini yang paling banyak terjual ialah tipe fik yang mengarah ke satu sudut. Namun jangkauan dan fokusnya bisa disesuaikan sesuai dengan spesifikasi lensa kameranya.

Kelebihannya ada banyak varian, termasuk yang juga cukup digemari berupa Speed Dome. Kalau yang ini harganya lumayan mahal ketimbang tpe dome lainnya.

Penampilannya juga unik, Anda pun bisa menginstalnya sendiri. Kelebihan lainnya ialah arah gerakan kameranya yang sulit ditebak karena bentuknya yang menyerupai kubah. Ini tentu saja berguna untuk mengecoh gerakan sesuatu.

Ia memiliki kemampuan mendeteksi tingkat cahaya pada suatu ruangan, memiliki LED Inframerah yang menyala ketika lampu padam, dan mudah untuk disambungkan ke televisi ataupun perangkat sambungan yang lainnya.

4. CCTV Box

Dari namanya Anda tentu bisa menebak. Ya CCRV Box adalah kamera pengawas yang bentuknya kotak atau persegi empat panjang. Ia bisa melakukan zoom dengan bagus bisa dipasang di sudut yang tepat.

Kemampuan memperbesar objek yang terekam kamera itulah kelebihannya. Apalagi jika posisinya dibuat vertikal, gambar yang ditangkapnya sangat jelas dan enaknya, ia bisa diposisikan di luar jangkauan tangan.

5. CCTV Day and Night

day-and-night-camera-cctv

Ya, Anda tidak salah pilih jika menginginkan kamera pengintai yangdiandalkan di kondisi terang maupun gelap. Bahkan saat pencahayaan minim, CCTV Day and Night tetap mampu menangkap objek secara sempurna.

Kelebihan kamera CCTV ini memang tak jauh dari kemampuannya merekam sesuatu meski kondisi cahanya beragam. Ia bisa menyesuaikan diri saat ada cahaya matahari langsung, cahaya yang kuat atau refleksi.

Intinya, Anda tempatkan di tempat yang pencahaannya betlebihan atau di ruangan yang remang-remang sekalipun, ia mampu bekerja dengan baik.

Sementara itu, melansir distributor-cctv.com, ada jenis kamera CCTV lainnya yang bisa dijelaskan sebagai berikut.

6. CCTV Bullet Camera

Kamera CCTV ini pada umumnya ditemukan penggunaannya di sejumlah lokasi seperti mal, kantor, toko dan perumahan.

Disebut bullet camera karena bentuknya yang bulat memanjang. Hampir mirip dengan yang jenisnya box.

Kelebihannya saat dipasang di luar ruangan ialah fiturnya weather-proof atau tahan berbagai cuaca. Keunggulan lainnya ialah bentuknya yang kokoh daripada jenis lainnya.

7. CCTV IP Camera

IP-camera

Merupakan kamera CCTV yang dioperasikan dengan jaringan internet. IP sendiri kependekan dari internet protocol. Kamera ini dianggap lebih dinamis.

Kelebihannya ialah harganya lebih terjangkau dibandingkan kamera CCTV model analog. Pilihannya di pasar juga cukup banyak. Sejumlah perusahaan yang mengembangkan CCTV model ini diantaranya Panasonic, Samsung dan belakangan diikuti Xiaomi.

8. CCTV HD Camera

Yang dimaksud dengan HD Camera adalah high definition atau kamera yang mampu menghasilkan resolusi dan kualitas gambar yang benar-benar ciamik.

Kelebihannya ialah bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan. Sekarang ini banyak jenis atau mereknya.

Itulah jenis-jenis CCTV yang bisa Anda jadikan pertimbangan kira-kira yang mana cocok untuk keperluan Anda. Semoga artikel ini memberikan manfaat. ***

0 Response to "Jenis Kamera CCTV Terbaik dan Kelebihannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel