Herd Immunity Masyarakat Kepri 89,6 Persen

herd-immunity-kepri-tertinggi

Herd immunity adalah hal yang sangat didambakan oleh siapa saja di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah daerah pun berlomba-lomba menggalakkan vaksin untuk lansia, umum dan anak-anak untuk mencapainya.

Melansir infeksiemerging.kemkes.go.id, herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. 

Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Nah, bicara soal herd immunty, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad sedang bahagia. Pasalnya, berdasarkan survei serologim herd immunity masyarakat Kepri mencapai 89,6 persen.

Dijelaskan Ansar, secara nasional angka minimal satu daerah dinyatakan baik herd immunitinya jika mencapai angka minimal 70 persen.

“Namun kita telah mencapai angka 89,6 persen, hampir 90 persen,” kata Gubernur, Senin (3/1/2022), seperti dilansir dari suarasiber.com.

Dengan hasil survei seperti itu, Pemprov Kepri boleh membuka diri untuk menerima tamu dari manapun. Tidak perlu takut, selama aturan protokol kesehatan tetap dijalankan.

Survei serologi di Kepri dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Batam, Dr dr Ibrahim Mpd Ked MSc SpKKLP.

Ibrahim yang juga epidemologi, menyatakan bahwa kekebalan tubuh kelompok masyrakat di Provinsi Kepulauan Riau telah mencapai herd immunity.

Survei dilakukan terhadap 502 sampel, terdiri dari kelompok umur < 18 tahun, 18-59 Tahun dan > 60 tahun dengan status vaksin Covid-19 secara proporsional sesuai dengan populasi dan pencapaian vaksin di setiap kabupaten/kota.

Sampel berupa spesimen darah dan periksa kadar antibodi dengan pemeriksaan titer antibody total kuantitatif. Angkanya, 89,6 persen reaktif atau dinyatakan sudah terbentuk antibody. Hanya 10,4 persen dinyatakan  non reaktif atau dinyatakan tidak memiliki antibody.

Hasil reaktif didapatkan 70.5 persen titer antibodi  136 U/ml atau setara dengan standar minimal kadar antibody plasma darah yang digunakan untuk terapi plasma convalesen terhadap Covid-19 dan 19.1 persen kadarnya di bawah angka tersebut.

Perlu diketahui kata Ansar, dari seluruh provinsi baru 3 yang melakukan survey serologi. Salah satunya Provinsi Kepri yang telah menyelesaikannya. ***

0 Response to "Herd Immunity Masyarakat Kepri 89,6 Persen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel