Cara Menggunakan QRIS Mandiri, Gampang Banget

cara menggunakan qris mandiri
Cara menggunakan QRIS Mandiri. Foto - bank mandiri

Jika Anda adalah nasabah Bank Mandiri yang menggunakan Livin Mandiri, saatnya melakukan pembayaran digital menggunakan QRIS. Sudahkan tahu cara menggunakan QRIS Mandiri?

Cara menggunakan QRIS Mandiri sebenarnya sangat simpel, sederhana. Tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga membingungkan. 

Kini banyak merchant yang sudah menerapkan pembayaran secara digital sehingga kehadiran QRIS Mandiri akan memudahkan. Anda juga tak harus membawa uang tunai jika setiap saat ingin berbelanja.

Melansir dari laman resmi Bank Mandiri, saat ini telah tersedia fasilitas e-channel yaitu transaksi dengan menggunakan QR QRIS (Quick Response Indonesian Standard). 

Transaksi pembayaran menggunakan kode QR dapat dilakukan melalui metode QR Statis (Stiker QR) maupun QR Dinamis (dengan mesin EDC Bank Mandiri).

Contoh QR Statis seperti di bawah ini.

contoh qr statis
Foto - bank mandiri

Contoh QR Dinamis seperti di bawah ini.

contoh qr dinamis
Foto - bank mandiri

Sebelum masuk ke cara bayar pakai QRIS Mandiri, sebaiknya kita pahami dahulu apa itu QRIS. 

Pada dasarnya QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia. Sistem atau teknologi ini dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). 

Dengan adanya standardisasi tersebut, maka satu kode QR dapat digunakan oleh berbagai aplikasi penyedia pembayaran kode QR yang telah terdaftar di Bank Indonesia. 

Anda dapat melihat siapa saja Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menyediakan layanan pembayaran kode QR.

Silakan masuk ke tautan beriikut ini : https://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/informasi-perizinan/PJSP-Berizin-QRIS/Contents/Default.aspx

Standar Nasional QR Code dibutuhkan guna mengantisipasi inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran menggunakan QR Code.

Hal ini bisa berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri sistem pembayaran, serta untuk memperluas akseptasi pembayaran nontunai nasional secara lebih efisien. 

Dengan satu QR Code, penyedia barang dan jasa (merchant) tidak perlu memiliki berbagai jenis QR Code dan berbagai penerbit.

Cara Menggunakan QRIS Mandiri

Berikut ini cara pakai QRIS Mandiri yang saya jelaskan langkah demi langkah agar memudahkan Anda mempraktikkannya.

1. Masuk ke Aplikasi

Silakan ketuk aplikasi Livin Mandiri sehingga terbuka di layar ponsel. Pastikan jika Anda menggunakan layanan paket data, aplikasi harus dalam pilihan aktif.

2. Isikan Password

Seperti biasanya agar bisa menggunakan Livin Mandiri maka Anda harus masuk menggunakan user nama dan password yang sudah terdaftar.

3. Ketuk QRIS

Silakan ketuk icon QRIS yang ada di layar ponsel.

4. Scan QR

Aktifkan scanner lalu arahkan ke QR statis yang ada di merchant. Biasanya tempat belanja akan memajang QR-nya di tempat yang mudah untuk discan.

5. Tunggu Sampai Terbaca

Usahakan tidak banyak gerakan saat memindai QR di merchant sehingga sistem akan meresponnya dengan cepat. Jika terbaca maka akan terbuka window baru berisi jumlah nominal.

6. Input Nominal

Tuliskan jumlah uang yang harus Anda bayarkan senilai belanja yang dilakukan. 

7. Klik Kirim

Jika sudah yakin dan tidak salah dengan jumlah yang harus diinput, selanjutnya klik tombol kirim.

Karyawan tempat Anda belanja akan mengabarkan jika pembayaran digital Anda berhasil.

Demikian artikel tentang cara menggunakan qris mandiri, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Cara Menggunakan QRIS Mandiri, Gampang Banget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel