Cara Membuat Blog Pemula, Pahami Aturan Berikut

cara-membuat-blog-pemula

Cara membuat blog pemula adalah pekerjaan yang mudah. Apalagi zaman sekarang banyak sekali yang membuat artikel terkait topik ini.

Bila Anda adalah orang yang ingin eksis sebagai blogger, maka cara membuat blog pemula adalah ilmu dasar yang wajib dikuasai.

Jangan memulai dengan mengendapkan bayangan menjadi blogger itu susah. Lha kalau belum memulai apapun sudah membayangkan ketakutan sendiri, ya nggak bakal ada yang jadi.

Bikin suasana hati santai, apalagi jika Anda yakin bisa menulis atau setidaknya merangkai kata demi kata, niatkan saja. Kalau niatnya kenceng, semangat kenceng, maka nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini.

Cara Membuat Blog Pemula Ala Google

Di sini saya hanya akan menjelaskan bagaimana caranya secara singkat. melansir dari laman support Google, maka hanya ada 7 langkah agar Anda bisa memiliki sebuah blog.

1. Login ke Blogger

Caranya, arahkan mouse ke URL address lalu ketikkan blogger. Selanjutnya pilihlah halaman yang muncul paling atas sendiri.

Kalau nggak ada yang muncul, silakan cek apakah kuota Anda masih atau habis hehe.

2. Klik Panah Bawah

Tanda panah ini akan muncul jika kalian sudah melakukan login. Karenanya wajib hukumnya calon blogger menyiapkan email di Google beserta passwordnya.

Oh, ya, klik panah bawah ini ada di sebelah kiri ya.

3. Klik Blog Baru

Anda sudah setengah perjalanan menuju pembentukan sebuah blog baru. Jangan mundur selangkahpun, maju terus pantang menyerah.

4. Masukkan Nama Blog

Usahakan namanya nggak jauh-jauh amat dengan konten yang rencananya akan Anda masukkan ke blog.

Misalnya Anda merencanakan membuat blog dengan tema tulisan mancing, pikirkanlah agar nama blognya juga mengandung unsur mancing.

5. Klik Berikutnya

Jika langkah 4 sudah dilakukan, silakan jalankan langkah 5. 

6. Pilih URL atau Alamat Blog

Buatlah alamat blog yang mudah diingat orang dan singkat. Masih terkait dengan mancing, mungkin bisa alamat blognya mancing.cing atau mancingdunia atau sebagainya.

7. Klik Simpan

Begitu langkah 7 dilewati, artinya Anda sudah memiliki sebuah blog.

Kebijakan Konten Blogger

Ingat, Google sudah mengeluarkan aturan yang wajib Anda ikuti jika ingin menuliskan sesuatu di blog.

Saya kutip beberapa dari laman resminya, perhatikan kalimat di bawah ini.

Blogger adalah layanan bebas biaya untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Kami percaya Blogger dapat meningkatkan ketersediaan informasi, mendorong debat yang sehat, dan memungkinkan jalinan hubungan baru di komunitas. 

Kami percaya bahwa penyensoran konten ini bertentangan dengan layanan yang didasarkan pada kebebasan berekspresi.

Namun, demi menjunjung nilai-nilai ini, kami harus mengendalikan penyalahgunaan yang mengancam kemampuan kami untuk menyediakan jasa dan kebebasan berekspresi yang diizinkan. 

Oleh karena itu, kami menerapkan beberapa batasan terhadap jenis konten yang dapat dihosting Blogger. Batasan yang telah kami tetapkan mematuhi persyaratan hukum dan berguna untuk meningkatkan layanan secara keseluruhan.

Kami mengandalkan pembaca blog untuk melaporkan kepada kami jika mereka menemukan konten yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas Blogger. 

Jika Anda menemukan postingan yang Anda yakini melanggar Pedoman Komunitas, harap laporkan menggunakan link 'Laporkan' yang terletak di navigasi pada sebagian besar blog. 

Jika Anda tidak dapat menemukan link tersebut di blog, Anda tetap dapat melaporkan dugaan pelanggaran di sini.

Pedoman Komunitas

Di sini dijelaskan soal konten khusus dewasa, Pelecehan Seksual dan Eksploitasi Terhadap Anak, Aktivitas Berbahaya dan Ilegal, Pelecehan, Penindasan, dan Ancaman, Ujaran Kebencian, Peniruan dan Pernyataan Tidak Benar atas Identitas dan lain-lainnya.

Penegakan Kebijakan Konten Blogger

Penjelasan lengkapnya bagian ini sebagai berikut:

Harap laporkan dugaan pelanggaran Pedoman Komunitas kepada kami menggunakan link 'Laporkan' yang terletak di navigasi pada sebagian besar blog atau dengan mengklik di sini.

Jika suatu konten dilaporkan, konten tersebut tidak dihapus secara otomatis. Konten yang dilaporkan akan ditinjau oleh tim kami untuk memverifikasi apakah konten tersebut melanggar Pedoman Komunitas atau tidak. 

Jika blog tidak melanggar pedoman komunitas, kami tidak akan mengambil tindakan apa pun terhadap blog atau pemiliknya. 

Jika kami mendapati bahwa sebuah blog melanggar pedoman komunitas, kami akan mengambil satu atau beberapa tindakan berikut berdasarkan tingkat keseriusan pelanggaran:

  • Menempatkan blog atau postingan di balik interstisial peringatan konten sensitif
  • Membatalkan publikasi postingan, yang membuatnya hanya tersedia untuk penulis blog
  • Menghapus konten, postingan, atau blog yang melanggar
  • Menonaktifkan akses penulis ke akun Blogger-nya
  • Menonaktifkan akses penulis ke Akun Google-nya
  • Melaporkan pengguna kepada penegak hukum

Kami juga dapat melakukan tindakan di atas jika kami menemukan bahwa pengguna telah membuat beberapa blog yang terlibat dalam perilaku penyalahgunaan yang berulang. Jika blog Anda pernah dinonaktifkan, jangan buat blog pengganti yang terlibat dalam aktivitas serupa.

Nah, semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kalian yang tengah belajar cara membuat blog pemula. ***

0 Response to "Cara Membuat Blog Pemula, Pahami Aturan Berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel