Mengenal Transfer Paper Kaos untuk Sablon

transfer-paper-kaos

Transfer paper kaos adalah sebuah jawaban bagi kalian yang ingin memiliki kaos dengan desain sendiri. Apalagi jika di rumah ada printer dengan tinta pigment atau art paper.

Lahirnya transfer paper kaos menjadi jawaban atas keinginan sebagian besar manusia. Keinginan itu ialah apakah mungkin membuat desain kaos hanya untuk dipakai sendiri?

Selama ini, untuk mendapatkan kaos dengan desain yang diinginkan harus pergi ke toko pakaian. Lalu sibuk membolak-balok koleksi kaos yang jumlahnya bisa sangat banyak.

Bisa dibayangkan kalau pekerjaan itu dilakukan, namun pada akhirnya desain yang disukai ternyata nggak ada. Pasti rasanya nyesek di dada, sudah capek-capek kok yang dicari nggak ada.

Transfer Paper Kaos

Transfer paper kaos bentuknya seperti kertas biasa. Tak ubahnya kertas HVS seperti yang kita gunakan untuk mencetak dokumen itu.

Namun jika diperhatikan lebih teliti, maka kertas untuk sablon ini lebih tebal. Dan memiliki dua lapisan yang membentuknya.

Lapisan atas adalah intinya atau yang dipakai untuk mencetak desain dengan printer. Sedagkan lapisan di bawahnya adalah backing paper, atau bagian yang tidak digunakan ketika proses sablon selesai.

Secara garis besar transfer paper kaos ada tiga jenis jika dilihat dari warna kaos yang akan disablon.

1. Transfer Paper Kaos Putih

Bentuknya lembaran, sama seperti untuk kaos warna hitam. Yang membedakannya hanya teknik mencetak desainya dengan printer.

Untuk membuat desain kaos sesuai keinginan kalian, buatlah di komputer. Lalu cetak di atas kertas transfer paper kaos untuk warna putih dengan cara cetak terbalik atau mirror.

Rapikan tepinya, kalau bentuk desainnya lingkaran silakan potong tepi desainnya berbentuk lingkaran. 

Selanjutnya letakkan di atas kaos dengan backing paper di bagian atas. Artinya lapisan yang dicetak gambar di bagian bawah, sehingga tidak terlihat saat dipres.

Setelah proses press dengan mesin heatpress atau seterika, maka backing papernya bisa dilepas perlahan. Dan desain atau tulisan terbalik yang sebelumnya dicetak pun kini jadi normal alias nggak terbalik lagi.

2. Transfer Paper Kaos Hitam

Untuk membuat desain kaos sendiri di atas kaon hitam, maka gunakan transfer paper kaos untuk bahan yang warna hitam.

Jangan dibolak-balik karena hasilnya pasti mengecewakan karena oleh pabriknya memang dibedakan.

Cara mencetak desainnya lebih mudah karena tidak usah dibalik atau mirror. Cetak saja langsung seperti desain yang terlihat di layar komputer.

Nah, yang membedakannya ialah tahap pengepresan. Jika pada kain warna putih saat dipress transfer papernya dibalik dengan backing paper di atas, tidak demikian untuk nyablon di kaos hitam.

Rapikan tepi desain, lalu lepaskan backing papernya. Dibuang juga nggak apa-apa, karena sudah nggak digunakan lagi.

Selanjutnya aturlah di atas permukaan kaos warna hitam, apakah posisinya sudah pas di tengah? Kalau yakin sudah pas, letakkan selembar kertas teflon di atasnya.

Kertas teflon memiliki sifat tahan panas sehingga nggak akan leleh meski kalian press dengan suhu sangat panas (tentu saja umumnya ngepres kaos).

Setelah selesai diamkan biar dingin, barulah kertas teflonnya diangkat.

3. Transfer Paper Kaos Selain Putih dan Hitam

Misalnya menyablon kaos warna merah, biru, hijau, pink, ungu, kuning dan sebagainya, maka transfer paper yang digunakan ialah yang untuk kaos warna hitam.

Keterangannya, transfer paper untuk menyablon kaos hitam bisa digunakan untuk kaos warna lainnya. Ingat, selain warna putih.

Dengan demikian, cara menyablon dan mencetaknya juga sama persis dengan menyablon kaos warna hitam.

Kualitas Transfer Paper

Ada beberapa merek bahan sablon ini yang beredar di pasar Indonesia. Ada yang lokal namun ada juga yang barang impor.

Silakan kalian bereksperimen bahan mana yang sekiranya cocok kalian gunakan. Apakah kalian akan menggunakannya untuk menyablon kaos sendiri atau dibisniskan?

Pembeliannya juga bisa per lembar, hal ini akan memudahkan kalian yang ingin mencoba perbedaan merek satu dengan yang lain.

Jika pembelian per lembar, jika ingin membeli transfer paper untuk kaos hitam maka kalian juga harus membeli kertas teflonnya.

Karena kertas teflon biasanya diberikan sebagai bonus untuk pembelian sekian belas lembar transfer paper untuk kaos hitam.

Demikian sobat cuttingstickerupdate di mana saja kalian berada. Semoga artikel Mengenal Transfer Paper Kaos untuk Sablon ini bermanfaat. ***

0 Response to "Mengenal Transfer Paper Kaos untuk Sablon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel