Kartunis Swedia yang Menggambar Sketsa Nabi Muhammad Tewas

penggambar kartun nabi muhammad

cuttingstickerupdate.com - Kartunis Swedia, Lars Vilks (75), yang membuat muslim di dunia marah karena menggambar sketsa Nabi Muhammad dikabarkan media lokal tewas dalam kecelakaan lalulintas.

Melansir bbc.com, lelaki yang awalnya tak terkenal sebelum membuat karikatur Nabi Muhammad ini bepergian dengan kendaraan polisi sipil yang bertabrakan dengan truk di dekat kota Markaryd di wilayah selatan Swedia, Minggu (03/10/2021) petang.

Akibat kecelakaan itu kedua mobil terbakar. Polisi masih menyelidiki hal ini. Dudaan awal, polisi mengatakan tidak ada pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan ini.

Seorang saksi mata kepada surat kabar Aftonbladet mengatakan "kendaraan Vilks tampak kehilangan kontrol ... truk di depannya tak punya waktu menghindar dan kedua kendaraan bertabrakan dalam kecepatan tinggi".

Sebelumnya, kepala kepolisian nasional Swedia Anders Thornberg mengatakan bahwa dua anggota polisi dan satu orang yang mendapat perlindungan polisi tewas dalam insiden ini. Vilks sendiri hidup di bawah perlindungan polisi setelah menjadi sasaran ancaman pembunuhan atas karikaturnya tersebut.

Ketika sketsa Nabi Muhammad itu terbit, Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt bertemu dengan duta besar dari 22 negara Muslim dalam upaya untuk meredakan situasi.

Warga Muslim di Lahore, Pakistan, menggelar unjuk rasa memprotes tindakan kartunis Larks Vilks, 31 Agustus 2007.

Tak lama setelah itu, kelompok Alqaidah di Irak menawarkan hadiah 100 ribu dolar AS untuk siapapun yang berhasil membunuh Vilks. 

Kematian Vilks mendapatkan tanggapan para netizen, termasuk di Indonesia. Salah satunya Ustaz Hilmi Firdausi yang menuliskan pernyataannya di Twitter.

Pelajaran bagi para penghina Rasulullah di medsos, bertaubatlah sebelum terlambat," ujar Hilmi, Selasa (5/10/2021). 

Selain Ustaz Hilmi, ada juga Humas Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya, yang turut berkomentar.

Penghina Rasul ini orang. Binasa juga. Tragis, tulisnya di Twitter pribadinya.***

0 Response to "Kartunis Swedia yang Menggambar Sketsa Nabi Muhammad Tewas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel