Viral Kapal Perang China di Laut Natuna, Ada Suara: Arep Mbok Apakno, Iki Wong Jowo

kapal-perang-china-di-natuna

CSU - Untuk kali ke sekian, kapal China berkeliaran di kawasan ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif) ndonesia) yang berada di Natuna, Kepulauan Riau, Senin (13/9/2021).

Videonya viral tersebar. Dalam video tersebut terekam perahu nelayan dengan boks ikan berwarna kuning sedang mencari ikan.

Sedikitnya ada tiga nelayan Indonesia yang berada di atas perahu itu. 

"Ini dia kapal perang China nomor lambung 172," ujar seorang nelayan yang merekam pergerakan kapal berukuran besar di belakang perahu yang ditumpanginya.

"China...," sambungnya.

Kemudian temannya yang sedang sibuk nyeletuk itu kapal coast guard atau kapal penjaga pantai.

Namun kembali disergah oleh nelayan perekam dengan mengatakan, "Bukan coast guard ini, ini kapal perang. Nah ini kapal China."

Sementara ada celetukan lucu dari nelayan yang agaknya berasal dari Jawa di atas perahu tadi.

"Arep mbok kapakno, iki Wong Jowo," terdengar jelas suara seorang nelayan.

Saat merekam, perahu terlihat terombang-ambing. Sesekali dua nelayan mondar-mandir di atas perahu.

Kapal yang disebut nelayan sebagai kapal perang China berwarna putih, melintas ke arah kiri dari perahu nelayan yang merekamnya.

Sementara dikutip dari cnnindonesia, Komando Armada (Koarmada) I TNI AL meminta nelayan setempat tidak perlu khawatir atau takut dengan keberadaan kapal perang asing di Perairan Natuna.

Kepala Dinas Penerangan Koarmada I, Letnan Kolonel Laode Muhammad menjelaskan Perairan Natuna merupakan daerah sengketa, sehingga tak heran jika banyak kapal perang asing di lokasi itu.

"LCS (Laut China Selatan) memang karena daerah klaim. Khususnya Cina akibatnya intensitas kapal-kapal asing juga meningkat," kata Laode kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/9/2021).

Namun pihaknya akan melakukan patroli. Hal ini dilakukan untuk memastikan, unsur TNI AL ada di laut untuk memberi rasa aman bagi nelayan.

Pada hari Kamis juga, Panglima Koarmada I Laksamana Muda Arsyad Abdullah berkunjung ke Natuna. ***


0 Response to "Viral Kapal Perang China di Laut Natuna, Ada Suara: Arep Mbok Apakno, Iki Wong Jowo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel