Tips Sukses Bisnis Penyewaan Genset

persewaan-genset-001

Meski pemerintah terus melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan, bisnis penyewaan genset masih bisa dilakukan. Karena kebutuhan manusia akan listrik memang bisa dijadikan peluang.

Berbagai instansi maupun perusahaan sering berpikir praktis. Menajemennya tak mau membeli genset baru dari pabrik karena alasan efisiensi.

Dengan menggunakan jasa penyewaan genset maka perusahaan tidak perlu repot memperbaiki kalau ada kerusakan. Maka dipilihlah untuk menyewanya. Menyewa lebih praktis alias tidak ribet.

Biasanya bisnis penyewaan genset sudah memiliki teknisi yang memang ahlinya. Ialah yang akan bertanggung jawab jika genset yang disewakan butuh penanganan segera.

Apakah kalian juga berpikir untuk melakukan usaha ini? Apalagi jika daerah kalian masih membutuhkan dan peluang ini dirasa bagus. Namun jangan terburu-buru, kalian harus memahami apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis usaha sewa genset.

Tips Sukses Bisnis Penyewaan Genset

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan jika ingin usaha genset sewa berhasil dan berkembang.

1. Yakin dengan Pilihan

Jangan bisnis dengan hanya mengikuti atus atau ikut-ikutan. Bisa jadi mereka yang kalian ikuti memang ahlinya dan sudah melakukan persiapan sejak lama.

Hal utama yang kalian harus lakukan ialah yakin dengan pilihan yang diambil. Dengan meyakininya, maka muncul semangat yang kuat untuk melakukan tahapan yang benar.

Jika tidak disertai semangat maka ujungnya akan muncul keseriusan. Jangan khawatir, segala hambatan pasti akan bisa dilewati jika kalian semangat, serius dan niat yang baik.

2. Menyediakan Genset

Genset yang akan dibeli ialah untuk disewakan, bukan dipakai sendiri. Seyogyanya pilihlah merek genset yang lumayan bagus karena ini akan berpengaruh terhadap kepercayaan penyewa.

Ini bukan pekerjaan yang mudah, lantaran kalian harus memahami rekam jejak perusahaan atau toko yang menjual genset. Membeli genset dengan kualitas baik akan lebih mahal memang, namun risikonya sepadan dengan usaha ini.

Jangan membeli hanya satu jika untuk disewakan. Setidaknya minimal tiga genset jika memang dipersiapkan sebagai sewa genset harian atau rentang waktu tertentu lainnya.

Kalau perlu, kalian bisa menggandeng pihak lain yang uangnya hanya tertanam di bank. Berikan penjelasan dan peluang keuntungannya. Jika sama-sama menguntungkan dan halal, Insya Allah ada pihak lain yang membuka tangan.

3. Pasarkan secara Optimal

Meski usahanya sewa genset, namuan kalian juga harus memiliki operator yang andal. Namanya juga mesin atau alat elektronik buatan manusia, kadang membutuhkan perawatan secara tiba-tiba.

Sebagai jasa rental genset, tentu kalian yang memenuhi kebutuhan soal ini. Bukan diserahkan kepada penyewa, bisa ditinggal orang nanti usaha kalian.

Zaman sekarang promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa menggunakan media sosial juga tenaga manusia. Lakukan keduanya sebagai perpaduan yang menarik sehingg membuat calon penyewa percaya akan bisnis yang kalian geluti.

4. Kenalkan Nama Usaha Sewa Genset

Ini mungkin kalian anggap sepele, namun bisa memberikan momen menguntungkan. Tempeli setiap genset yang kalian sewakan dengan stiker bertuliskan nama usaha sewa genset dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika kalian mengantarkan genset yang disewa warga ke suatu lokasi, pasti akan ditinggal. Apalagi kalau itu untuk rumahan, gensetnya juga nggak terlalu besar dan mudah dioperasikan.

Kebetulan genset itu untuk acara yasinan atau atisan ibu-ibu. Di antara mereka yang datang mungkin akan membutuhkan genset sewa. Saat ia melihat genset kalian, ia akan memotonya atau mencatat nomor yang kalian cantumkan di genset.

4. Perawatan Genset

Genset yang dipakai terus menerus membutuhkan perawatan yang serius. Jangan abaikan kerusakan kecil yang muncul belakangan. Lantas kalian berpikir yang dibeli kan genset merek bagus, pasti aman dihantam terus menerus dengan jam sewa.

Jika kerusakan kecil dianggap bukan masalah, maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar. Jika sudah rusak patah maka biaya perawatan akan semakin mahal.

Bisa saja kerusakan itu harus mengganti suku cadang. Tentu operator yang kalian miliki tidak membuat atau memproduksi suku cadang itu. Kalian mau nggak mau pasti membelinya dai toko genset.

Perawatan ini mutlak meski kalian menggunakan mesin genset 2 tak, 4 tak maupun mesin genset engine diesel. Salah satu jenis perawatan yang penting ialah memastikan olinya aman, cukup dan tidak sampai kedaluwarsa.

Tambahkan jika oli kurang dan ganti jika sudah cukup lama kalian gunakan atau dapat dilihat dari kekentalan oli mesin. Pastikan oli yang digunakan adalah oli dengan kualitas yang baik.

Selain itu, pemanasan mesin dibutuhkan bagi genset atau generator dengan jangka waktu tertentu. Jenis generator dengan starter elektik membutuhkan pemanasan mesin paling tidak satu minggu sekali. 

Ini dikarenakan generator menggunakan aki yang membutuhkan pengisian aki yang konsisten. Terlalu lama tidak menghidupkan generator akan menyebabkan aki kosong. Saat kalian membutuhkannya ia nggak akan menyala sehingga haris dinyalakan dengan tarikan tuas atau sistem recoil.

Generator non elektrik starter pemanasannya nggak sesering yang elektrik starter. Namun jangan cueki, tetap saja harus dipanasi. Untuk memperpanjang umur generator, gunakan generator dalam kapasitas continous bukan kapasitas maksimumnya. 

5. Gandeng Mitra

Mitra di sini bisa diartikan sebagai orang atau instansi yang menjadi penyewa tetap. Ia akan membayar per bulan, tiga bulan atau bahkan per tahun. 

Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha rental genset. Untuk pelanggan atau konsumen seperti ini berilah pelayanan yang ekstra memuaskan.

Bukan berarti yang menyewa harian atau mingguan diperlakukan buruk, bukan itu. Yang langganan tetap setidaknya menerima pelayanan lebih prima.

6. Ada Harta Orang Lain

Jika kalian adalah muslim, pasti ingat bahwa di dalam setiap rezeki kita ada bagian orang lain. Entah itu anak yatim, orang tua jompo, orang miskin dan sebagainya.

Ini memang tidak ada hubungannya dengan mesin genset, namun apa yang kalian berikan secara ikhlas akan membuat jiwa lebih tenang.

Coba kalian cari di internet, berapa banyak konglomerat yang sukses karena memang gemar bersedekah.

Semoga artikel Tips Sukses Bisnis Penyewaan Genset ini bermanfaat. ***

0 Response to "Tips Sukses Bisnis Penyewaan Genset"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel