Pinjaman Online, Jenis, Syarat, Cara dan Statusnya

pinjaman-online-26921

Pinjaman online menjadi salah satu cara yang paling banyak dipakai oleh orang yang membutuhkan uang dengan cepat. Dan pada zaman seperti ini, teknologi menjadi penjembatan yang sangat gampang diterima.

Jika kita membuka kata kunci pinjaman online di mesin pencarian, pasti akan bingung sendiri karena nyatanya sangat banyak. Justri di sini ada dua hal yang harus diwaspadai.

Pertama, masyarakat dibuat dan diberikan banyak pilihan akan tempat meminjam uang. Bisa membaca penyedia utang A, kalau nggak cocok ke B dan seterusnya hanya dengan ponsel.

Kedua, masyarakat juga harus waspada sebab dari sekian banyak itu apakah semuanya resmi. Bisa dibayangkan jika salah pilih, uang memang diperoleh, namun saat pembayaran dan belakangnya yang biasanya bikin ribet.

Berikut ini adalah beberapa hal penting terkait dengan pinjaman online. Silakan kalian baca dengan teliti karena soal pinjaman bukan hal yang bisa kalian anggap remeh.

1. Pinjam Uang Aman

Pinjam uang aman di sini menyangkut tatacara mendapatkan pinjaman online berupa uang yang tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Jangan sampai karena terburu-buru maka akan mendapatkan kisah yang menyedihkan.

Berbagai contoh penipuan harus menjadi pelajaran bagi kalian yang ingin berutang. Dengan menanyakan segara syarat sebuah penyedia jasa utang, maka bisa mengurangi risiko tertipu.

2. Pinjaman 4 Juta

Sudah jelas di sini yang dimaksud. Kalian atau seseorang hanya membutuhkan uang Rp4 juta untuk sebuah kepentingan yang sangat mendesak. Jangan samaratakan anggapan kalian tentang jumlah uangnya.

Uang Rp4 juta bagi kalian mungkin sangat kecil, bahkan bisa jadi nggak berarti. Namun bagi orang lain bisa sangat berharga dan dibutuhkan. Pinjaman sebesar ini biasanya bisa kalian dapatkan di banyak penyedia pinjaman online.

3. Pinjaman 5 Juta 12 Bulan

Yang dimaksud di sini ialah kalian meminjam uang sebesar Rp5 juta dengan masa pengembalian selama 12 bulan. Kalau melihat jumlah yang dipinjam, seharusnya pengembaliannya bisa dilakukan dengan aman.

Namun adakalanya seseorang terjenak pada penipuan, sehingga pembayaran cicilan selama 12 bulan akan menjadi penderitaan. Karenanya sangat bijak untuk menentukan apakah kalian benar-benar akan meminjam uang atau nggak.

4. Pinjaman Online 40 Juta

Kalian butuh Rp40 juta dan harus menggunakan pinjaman online untuk mendapatkannya? BUkan hal yang sulit. Namun tetap waspada, karena ini bukan uang yang kecil, usahakan mendapatkan informasi tempat meminjam uangnya dengan benar.

Banyak penyedia jasa utang online yang memberikan pinjaman cukup besar. Toh besar atau kecil kalian akan tetap menjalani sebuah proses yang sama yakni mencicil setiap bulan. Karenanya harus berpikir tenang saat mencari di mana untuk meminjamnya.

5. Pinjaman yang Aman dan Terpercaya

Ini adalah salah satu hal terpenting yang ingin didapatkan oleh semua orang yang mengajukan pinjaman online. Tanpa pengetahuan yang benar, kalian bisa masuk ke tempat yang menyesatkan.

Aman dan terpercaya menjadi dua kata yang sudah cukup untuk mewakili apakah sebuah tawaran pemberi utang itu bisa dipakai atau nggak.

6. Pinjaman Online yang Langsung Di-ACC

Nah ini kayanya sangat menggiurkan bagi kalian yang sedang membutuhkan dana segar. Biasanya, saat kondisi kepepet seseorang nggak bisa lagi berpikir dengan jernih dan sehat.

Justru saat kalian mendapatkan kesempatan meminjam duit langsung ACC tanpa syarat apapun, hendaknya kalian curiga. Lha ini berhubungan dengan uang kok nggak pakai syarat apa-apa.

7. Pinjaman Online Langsung ACC

Keterangannya sama dengan yang nomor 6 di atas. Jangan hanya ingin mendapatkan utangan secepatnya lalu melupakan kondisi yang ada pada kalian.

Cobalah bertanya ke dalam hati, bagaimana dengan kemampuan yang kalian miliki untuk mengembalikannya? Dan apakah nggak ada rasa khawatir pinjam uang kok langsung cair seperti membeli kerupuk saja.

8. Pinjaman Mendesak Langsung Cair

Siapa saja kalau kondisinya mendesak akan mencari banyak cara untuk keluar dari lingkaran itu. Dan saat desakan itu karena kebutuhan akan uang, maka pinjaman online sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Meski mendesak seperti apapun, kalian harus tetap berpikir waras dan bisa menghitung kali-kalinya. Tanyakan secara detil seperti apa pembayaran dan sanksinya.

9. Daftar Blacklist Pinjol

Kalau kalian memiliki pinjol mana yang saja diblacklist tentu sebuah awal yang benar jika harus berurusan dengan utang piutang. Pemerintah juga sudah membentuk namanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa kalian jadikan acuan.

Cek saja di OJK apakah nama tempat peminjaman duit yang akan kalian gunakan resmi terdaftar atau abal-abal.

10. Pinjol yang Masuk OJK

Secara garis besar keterangannya nggak jauh berbeda dari nomor 9 di atas. Untuk menghubungi OJK kalian juga diberikan banyak cara.

Sedikitnya ada 3 cara bisa dilakukan untuk ngecek apakah sebuah fintek sudah terdaftar di OJK atau belu, yaitu website, WhatsApp dan Email OJK.

Untuk penjelasannya akan dibahan secara lengkap dalam sebuah artikel tersendiri.

11. Pinjol yang Bisa Dicicil Bulanan

Jika kalian adalah pekerja yang menerima gaji bulanan, saat membutuhkan uang dan harus menggunakan jasa pinjaman online gunakan pembayaran per bulan.

Jika tidak, maka manajemen keuangan keluarga kalian dipastikan akan berantakan. Apalagi jika sama sekali nggak memiliki sumber pendapatan dari luar, hanya mengandalkan gaji.

12. Pinjaman Online yang Bayarnya Bulanan

Sama seperti sebelumnya, kalian yang memiliki usaha mungkin bisa memilih tempat utang uang online yang bayarnya nggak harus per bulan.

Jika usaha kalian masih menghasilkan secara stabil, sementara meminjam uang hanya untuk memenuhi kebutuhan mendadak, maka pikirkan. Apakah akan tetap mencicil akhir bulan atau per minggu dan sebagainya.

13. Pinjaman Dana Tokopedia

Dana Instan adalah pinjaman tunai yang hadir sebagai alternatif sumber dana darurat bagi pengguna Tokopedia untuk memenuhi kebutuhannya dengan beberapa Mitra yang prosesnya dijamin aman karena didukung oleh mitra yang resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

14. Pinjaman Online Cair ke Gopay

Gopay Paylater adalah fitur pinjaman online “Beli Sekarang, Bayar Nanti” dari Gojek. Fitur ini merupakan hasil kerjasama Gojek dengan Findaya (PT Mapan Global Reksa), perusahaan fintek legal yang sudah resmi terdaftar dan diawasi OJK.

Namun harus kalian ingat, tidak semua pengguna Gojek dapat menggunakan fitur Gopay Paylater. Hanya sebagian pengguna terpilih saja yang menerima undangan dari Gojek.

15. Pinjaman Online Pakai Gopay

Dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya, Gopay Paylater menerapkan bunga yang jauh lebih rendah, antara 2,5% – 5% per bulan.

Upgrade akun ke Gopay Plus serta perbanyak melakukan transaksi di aplikasi Gojek untuk meningkatkan peluang kalian bisa menggunakan fitur ini.

16. Cara Cepat Pinjaman Online

Nah, kan, yang dicari pasti soal cepat dan cepat. Ketika berhubungan dengan pinjaman online, kalian tidak seharusnya menggesa sesuatunya sampai di luar batas kewajaran.

Tetap saja ada proises sdministrasi, verifikasi dan sebagainya. Karena utang juga soal iutng-itungan yang nggak boleh sembarangan melakukannya. Meski sejak di awal pengurusan.

17. Cara Mendaftar Pinjaman Online

Salah satu syarat yang kudu kalian lengkapi ialah data-data dan dokumen sebagai syarat pinjaman online, sebagai dasar cairnya suatu pinjaman. 

Tanpa adanya identitas, tentunya sulit untuk mengidentifikasi siapa dan dimana alamat dari calon nasabah. Selain identitas lengkap yang menyangkut data diri (KTP/SIM/paspor) ataupun data sebagai wajib pajak (NPWP) tentunya data-data yang diserahkan tersebut ada dalam bentuk aslinya. 

Karena tanpa data yang asli tentunya identitas tersebut bisa dikatakan tidak terbukti kebenarannya atau tidak valid. Selanjutnya cara pendaftarannya akan dipandu oleh pihak fintek.

18. Cara Pinjam Uang Pakai KTP

Setiap warga negara Indonesia wajib memiliki sebuah kartu itdntitas yang disebut dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Nah, dokumen ini banyak dipakai untuk proses pencarian utang.

Namun jangan hanya menggunakan syarat mengirimkan apalagi foto KTP kalian langsung ingin mencairkan pinjaman. Kalau ada yang seperti itu, seharusnya dicek terlebih dahulu apakah yang mau dijadikan tempat meminjam benar-benar resmi atau odong-odong.

19. Pinjaman Online buat Mahasiswa

Walaupun ada mahasiswa yang sudah berpenghasilan karena kerja paruh waktu, mungkin penghasilannya juga belum maksimal karena waktu dan konsentrasinya harus terbagi antara kuliah dan bekerja.

Kebutuhan mendesak yang paling sering dialami mahasiswa adalah untuk membayar uang kas ataupun untuk biaya hidup pada saat uang kiriman belum datang, atau mungkin belum gajian bagi yang sudah bekerja.

Ada banyak tempat utang bagi mahasiswa yang akan dibahas secara lengkap pada artikel tersendiri secara terpisah.

20. Pinjaman Online Mudah Cepat dan Terpercaya

Biasanya iming-iming fintek ialah memberikan pinjaman tanpa aset. Ia juga memberikan kemudahan pencairan dana untuk kebutuhan apa saja tanpa jaminan.

Selain itu syaratnya mudah dan dana cepat cair. Kalian hanya perlu melengkapi identitas diri dan dana cair dalam waktu 1-2 hari kerja.

Dan satu lagi, mereka pasti mencantumkan dijamin aman karena terdaftar di OJK. Segala transaksi aman dan kerahasiaan data pribadi debitur tidak akan bocor.

Tetapi sekali lagi kalian harus cek dan ricek agar mendapatkan tempat yang benar ya sobat.

21. Pinjaman Online dari Website

Website juga menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengajuan utang. Penawaran yang dilaksanakan harus menjadi dasar pertimbangan dengan akal sehat.

Telusurilah segala informasi di website penyedia jasa pemberi utang. Kalau kalian merasa janggal cobalah carilah referensi terkait hal tersebut.

22. Pinjaman Online di Website

Dunia maya menjadi etalase sejumlah produk digital, salah satunya penyedia pinjaman online. Nggak salah jika di website kalian akan dengan mudah menemukannya.

Pemerintah sudah mengeluarkan beragam kebijakan agar fintek senantiasa mengikuti aturan yang diberlakukan. Meski kalian menemukan informasi tentang pemberi utang di internet, kalau dijalani dengan waspada dan cara yang benar akan sesuai dengan harapan.

23. Pinjaman Dana Terpercaya

Untuk mendapatkan pinjaman dana terpercaya maka kalian hanya membutuhkan kejelian. Selain itu pengetahuan tentang tatacara pinjam meminjam juga harus dipahami meski nggak sepenuhnya.

Pinjaman dana terpercaya sejatinya banyak di Indonesia, juga di belahan bumi lainnya. Hanya nama dan tatacaranya saja yang berbeda. 

24. Daftar Pinjaman Online Terpercaya

Daftar siapa saja penyedia jasa peminjaman uang bisa kalian temukan di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Informasi yang disampaikan oleh OJK bisa kalian jadikan pedoman.

25. Cara Melihat Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Caranya cukup mudah, bisa kalian lakukan baik melalui laptop, komputer rumahan atau ponsel pintar. Alamat OJK di website juga gampang dicari, tinggal ketik OJK maka akan muncul url address-nya.

Kalian juga bisa menggunakan layanan WhatsApp yang sudah disediakan oleh OJK serta email. Semuanya bisa dilakukan sebagai cara melihat siapa saja pemberi pinjaman yang resmi dan ilegal.

26. Pinjam Dana Langsung Cair

Dengan kemajuan teknologi, kalian nggak harus menunggu berhari-hari hanya untuk mendapatkan pencairan uang. Semuanya bisa dilakukan secara online, meski beberapa bagian harus menggunakan cara konvensional.

Karena kemudahan dan kecepatanya maka masyarakat banyak memanfaatkan penawaran yang diajukan fintek.

26. Pinjaman Online Hanya KTP Langsung Cair

Adakah yang menerapkan memudahan sampai seperti ini? Ingat semakin mudah prosesnya maka semakin tingkatkan kewaspadaan kalian. Jangan sampai terbuao janji muluk dan indah.

Siapa sih yang nggak tertarik jika ada penawaran hanya menggunakan KTP bisa langsung cair pinjaman dananya?

27. Pinjaman Online Bunga Rendah Langsung Cair

Kalau kalian menginginkan pinjaman uang dengan bunga rendah, tentu sebuah pemikiran yang benar. Sebab bunga rendah berarti kalian nggak akan terbebani saat masa pembayaran secara rutin.

28. Pinjaman Online dengan Cicilan Bunga Rendah

Saat membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan darurat, kalian kerap dipusingkan dengan produk mana yang mampu memberikan suku bunga terbaik dan tenor terpanjang. 

Padahal kalian butuh dana tersebut dengan segera. Tenang, kalian bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Catilah yang memberikan cicilan bunga rendah. Karena ini akan membuat kalian lebih nyaman saat membayar cicilannya.

29. Pinjaman Online Pakai NPWP

Di dalam pasal 1 Nomor 6 Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 dijelaskan, NPWP adalah identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

NPWP terdiri atas 15 digit angka yang merupakan kode unik. Dengan kode unik tersebut, maka dijamin data perpajakan seorang wajib pajak tidak akan tertukar dengan wajib pajak lain.

Dokumen ini ada yang diminta menjadi syarat bagi pinjaman online, selain tentu saja KTP

30. Pinjaman Uang Tanpa Ribet

Sebenarnya prinsipnya sama dengan bekerja kalau menurut saya, kalau ada perjuangan maka hasilnya juga sepadan. Demikian juga dengan pinjaman uang secara digital, kalau hanya membutuhkan yang cepat dan kilat, harus diwaspadai.

Kecuali pinjam uang sama sudara atau teman, nggak perlu dokumen sebanyak kalau mengajukannya ke lembaga resmi yang terdaftar di OJK.

31. Pinjaman Online Dana Mudah

Danamudah merupakan salah satu produk pinjaman dengan pembayaran sekaligus ditujukan kepada pelanggan berusia 18 Tahun ke atas , dengan batas nilai pinjaman hingga Rp 20.000.000.

Jika credit score kalian bagus maka akan mendapatan jangka waktu pelunasan sampai dengan 3 bulan, tersedia berbagai produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.

32. Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online

Pada umumnya pinjaman online menetapkan beberapa biaya diantaranya biaya provisi, biaya administrasi, biaya layanan, dan biaya keterlambatan.

Penetapan persentase di masing-masing pinjaman online berbeda-beda, namun pada umumnya berada di kisaran tertentu. Untuk detilnya akan saya buatkan artikel khusus tentang hal ini.

33. Cara Mengajukan Pinjaman Online agar Disetujui

Secara garis besar mendaftar pinjol diawali dengan masuk ke aplikasinya dengan user id dan password. Kalau belum punya silakan mendaftar.

Berikutnya akan masuk menu pinjaman, lalu baca semuanya sehingga pada tombol setuju, silakan klik. Layar ponsel akan menampilkan jumlah minimal dan maksimal dana pinjaman, durasi pinjaman, dan rincian dana yang akan diterima peminjam.  

Isikan identitas pribadi sesuai KTP, rekening bank, informasi pekerjaan dan nomor kontak pribadi. Setelah data masuk, pengajuan pinjaman kalian akan diproses.

Tim bersangkutan akan menghubungi kalian biasanya paling lama 2 hari. Bila diterima uang akan dikirimkan dalam waktu (biasanya) 1x24 jam.

34. Cari Pinjaman Uang Cepat

Cari pinjaman uang cepat di zaman sekarang kebanyakan menggunakan jasa pinjaman online. Mengenai syarat dan berbagai hal tentangnya bisa kalian baca di artikel yang lebih spesifik.

35. Pinjaman Bunga Rendah Online

Pinjaman bunga rendah ialah besarnya suku bunga yang ditetapkan pemberi utang kepada kalian yang mengajukan pinjaman. Besaran suku bunga ini berbeda antar fintek, karenanya kalian harus mencari perbandingan.

36. Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Kartu Kredit

Pinjaman seperti ini mulai banyak dilakukan. Fintek mencoba untuk membuat persyaratan semudah mungkin namun tetap pada aturan yang sudah ditetapkan.

Karena tidak semua orang memiliki kartu kredir sehingga tidak semua orang juga bisa mengajukan pinjaman tersebut. 

37. Pinjaman Online Tidak Resmi

Adalah fintek yang seyogyanya kalian hindari karena hanya akan membuat kesulitan pada diri teman-teman. 

Semoga artikel tentang Pinjaman Online, Jenis, Syarat, Cara dan Statusnya ini bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Pinjaman Online, Jenis, Syarat, Cara dan Statusnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel