Perbedaan Antara Tumor dan Kanker, Kalian Wajib Tahu

perbedaan-antara-tumor-dan-kanker

Tahukah kalian jika ada Hari Kanker Sedunia? Momen ini diperingati setiao 4 Februari, namun masih banyak di antara kita yang belum tahu perbedaan antara tumor dan kanker.

Memang, keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama bentuk dari sel yang tumbuh tidak normal. Perbedaan antara tumor dan kanker terletak pada tingkat kemampuannya menyerang.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital BSD, dr Yusuf SpOG(K)Onk, pernah mengeluarkan rilis tertulis pada Februari 2021 lalu.

Disebutkannya jika tumor bisa saja  bersifat jinak seperti mioma uteri di rahim dan lipoma di lemak, Ketika perilakunya kemudian menjadi ganas, maka sebutannya menjadi kanker.

Jenis kanker adalah kanker indung telur, kanker payudara, kanker rahim dan sebagainya. Perbedaan tumor dan kanker lainnya ialah, sel abnormal yang menjadi tumor umumnya tidak menyebar, mereka berkumpul jadi satu. 

Sedangkan pada sel abnormal yang menjadi kanker, tidak menutup kemungkinan menyebar dan terbawa oleh darah ke berbagai organ lainnya.

Beda tumor dengan kanker selebihnya ialah, tumor jinak umumnya berkembang dengan sangat lambat, dan hanya pada bagian tertentu saja.

Namun pada kanker atau tumor ganas, berpotensi menyebar ke bagian tubuh lain, bertumbuh secara cepat, dan merusak sel sehat lainnya.

Beda kanker dan tumor itulah yang membuat penanganan medis untuk keduanya juga tidak sama.

Menurut Buku Stop Kanker: Kanker Bukan Lagi Vonis Mati (2010)

Beda kanker dan tumor juga disebutkan di dalam Buku Stop Kanker: Kanker Bukan Lagi Vonis Mati (2010). Dilansir dari kompas.com, kanker dan tumor adalah dua hal yang saling berhubungan, namun berbeda. 

Dalam buku yang disusun Tim CancerHelps dituliskan, setiap benjolan yang terdapat di dalam atau di luar tubuh bisa diidentifikasi sebagai tumor. 

Nah sama seperti yang disampaikan dr Yusuf di atas, tumor ini dapat dibagi menjadi dua macam, yakni tumor jinak dan tumor ganas. 

Tumor jinak kebanyakan tidak berbahaya karena tidak tumbuh membesar dan tidak menyebar ke luar jaringan. Namun sebaliknya, tumor ganas merupakan kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali dengan kemampuan merusak jaringan lain. 

Menurut Yale Journal of Biology and Medicine (2006)

Sebuah karya ilmiah di dalam Yale Journal of Biology and Medicine pada 2006 mengupas beda tumor dan kanker. Salah satu yang penting dalam jurnal ini ialah tahapan sel normal dapat berubah menjadi sel ganas atau kanker. 

Ada tiga tahapan yang dimaksud dalam penjelasan tersebut, meliputi:

  1. Tahap prakarsa (initiation phase), memiliki ciri-ciri terjadinya perubahan gen dari sel normal menjadi sel kanker. 
  2. Tahap promosi (promotion phase), dapat dimaknasi sebagai tahapan perkembangan tumor yang biasanya dipicu oleh sel-sel abnormal yang berhasil hidup atau survive dan terus membelah diri. 
  3. Tahap progresi (progression phase), terjadi pertumbuhan tak terkendali sel-sel abnormal tersebut sehingga ukuran tumor menjadi sangat besar dan atau sel-sel kanker mulai menyebar ke jaringan atau organ lain. 

Menurut dr Handrawan Nadesul

Dokter kondang ini juga turut memberikan pemahaman kepada kita tentang Perbedaan antara tumor dan kanker. Penjelasannya dituangkan dalam buku berujudul Dari Balik Kamar Praktik Dokter (2009).

Ia menjelaskan bahwa tumor dan kanker adalah sesuatu yang berbeda. Ada banyak sel tubuh dalam diri manusia. Saat kondisinya nomal, ia akan tumbuh mengikuti pola tertentu.

Ketika muncul sesuatu yang mengakibatkan tumbuhnya sel tubuh tak mengikuti pola, bisa dikatakan terjadi keadaan abnormal. 

Pertumbuhan abnormal inilah yang kemudian disebut tumor, menandakan bakal muncul benjolan. Di sini, sel membelah diri secara berlebihan sehingga jaringan yang dibentuk ukurannya tidak normal atau melebihi normal. 

Handrawan menyoroti perbedaan kanker sama tumor pada tempatnya. Tumor jinak biasanya terbatas hanya pada pertumbuhanya yang membesar. Ia tetap pada tempatnya dan tidak mengganggu jaringan sekitar dan tidak membahayakan. 

Sementara, tumor ganas bisa mengganggu jaringan di sekitarnya. Celakanya lagi, ia bisa menyebar ke bagian tubuh lain hingga mengancam jiwa. 

Tumor ganas inilah yang kemudian dikenal dengan istilah kanker atau “cancer” karena sifatnya yang menggeroti tubuh mirip tabiat kepiting. 

Menurut alodokter.com

Perbedaan tumor sama kanker menurut alodokter.com ialah, tumor adalah benjolan atau jaringan yang tumbuh secara tidak normal, yang dapat bersifat jinak maupun ganas. 

Sedangkan kanker adalah tumor yang bersifat ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain secara cepat dan merusak sel sehat di sekitarnya. 

Terjadinya penyakit ini diduga berkaitan dengan banyak hal, salah satunya adalah paparan zat karsinogenik.

Lebih jauh dijelaskan perbedaan tumor dengan kanker, secara umum, tumor muncul ketika ada pertumbuhan sel secara berlebihan dalam suatu jaringan dan membentuk benjolan. 

Bila sel-sel tersebut bersifat ganas dan pertumbuhannya tak terkendali, tumor yang terbentuk disebut tumor ganas atau kanker. 

Tumor bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, misalnya kulit, otot, saraf, jaringan lemak, organ tubuh tertentu, dan tulang, termasuk tulang belakang.

Tumor yang bersifat jinak tidak merusak sel dan jaringan sehat yang ada di sekitarnya, perkembangannya juga umumnya lambat, dan tidak berisiko untuk menyebar ke jaringan atau bagian tubuh lain. Inilah alasan tumor jinak dianggap tidak berbahaya.

Berbeda dengan tumor ganas atau kanker. Tumor ganas dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan bisa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Kanker akan tumbuh secara cepat, mendesak sel yang sehat, dan mengambil nutrisi dari sel yang sehat.

Selain itu, kanker akan menyebar ke bagian tubuh lain dan membentuk tumor-tumor baru yang sifatnya juga merusak. Karena perkembangannya yang cepat dan sangat merusak, keberadaan kanker perlu dideteksi sejak dini agar dapat segera dilakukan pengobatan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangannya.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara tumor dan kanker, semoga kita terhindar dari penyakit ya sobat. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Perbedaan Antara Tumor dan Kanker, Kalian Wajib Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel