Nasi Kotak Harga 15 Ribu Rupiah untuk Sedekah

nasi-kotak-harga-15-ribu

Nasi kotak harga 15 ribu rupiah mungkin tidak termakan oleh kalian yang selama ini terbiasa makan enak. Namun tahukan kalian jika makanan seharga itu akan sangat berarti bagi warga yang tengah dihimpit kesulitan ekonomi karena pandemi Covid-19?

Di Kota Tanjungpinang ada lelaki bernama Usnedi Syahputra yang dijuluki makelar amal. Mungkin karena sangking banyaknya kegiatan sosial yang dilakukannya.

Ia tergabung sebagai Relawan di Masyarakat Relawa Indonesia - Aksi Cepat Tanggap. Ia juga mengawali kegiatan nasi jumat berkah.

"Awalnya saya sendiri yang menaruh beberapa bungkus nasi lengkap dengan sayur dan lauknya di sebuah masjid di Tanjungpinang. Alhamdulillah sekarang hampir semua masjid besar melakukan nasi jumat berkah," tuturnya kepada cuttingstickerupdate.com, pekan lalu.

Kini, Usnedi dipastikan sibuk setiap hari Jumat. Sebab gerakan Nasi Kotak Harga 15 Ribu untuk sedekah semakin membesar. Salah satu lokasi pembagian nasi jumat berkah ialah Majid Agung Alhikmah, Tanjungpinang.

Setiap Jumat, ada sedikitnya 300 warga yang menitipkan makanannya untuk dibagikan kepada jemaah salat Jumat. Ada yang mengirimkan minuman, nasi lemak, nasi padang dan kue-kue.

Semuanya dicatat dengan teliti oleh Usnedi untuk dibagikan melalui Grup WhatsApp yang anggotanya para dermawan dan donatur nasi jumat berkah.

Nasi kotak harga 15 ribu rupiah sudah diterima oleh banyak jemaah dari masjid-masjid yang ada di Kota Tanjungpinang. Usnedi membaginya menjadi tiga masjid per Jumat.

Jumat dua pekan lalu sudah menginjak masjid ke-100 yang menerima manfaat nasi jumat berkah.

Siapa saja, kata pengusaha jasa bersih rumah yang sukses ini, boleh bergabung sebagai donatur. Tidak ada batas miniman nasi kotak yang harus dibantu. Satu kotak hingga tak terhingga, akan diterimanya dengan senang hati.

Usnedi menyebutkan, makanan yang paling banyak disumbangkan ialah nasi kotak harga 15 ribu rupiah. Karena itu ia mencantumkan di standing banner dekat meja makanan untuk nasi kotak harga per porsinya Rp15 ribu.


"Di Tanjungpinang, nasi seharga Rp15 ribu sudah lengkap dengan sayur dan lauknya. Kalau minumannya kan ada yang selalu menyedikannya, itu di sana," tunjuknya kepada tiga tempat air yang berisi air beragam rasa.

Membagikan nasi jumat berkah hanya satu dari sekian kegiatan Usnedi. Setiap minggu ia mengajak warga yang nggak ada aktivitas untuk membersihkan masjid.

Masjidnya digilir sehingga nggak pernah habis yang mana akan dibersihkan. Semuanya dilakukan dengan sukarela dan ikhlas. Usnedi juga akan keliling sejumlah swalayan untuk mengambil belanjaan milik dermawan.

Untuk yang satu ini, ia memberinya program Belanja Satu Sedekah Satu. Artinya seseorang boleh belanja satu kilogram gula untuk dirinya dan satu kilogram gula lagi untuk disumbangkan.

"Alhamdulillah sejumlah swalayan sudah melakukannya dan responnnya bagus. Selanjutnya barang pemberian dermawan ini dikumpulkan di kantor ACT, Batu 9," ujar Usnedi.

Sembako itu akan dibagikan kepada warga yang membutuhkannya, khususnya yang masuk kategori tidak mampu. Warga boleh menginformasikan kepada ACT kalau ada yang ingin dibantu.

Dari nasi kotak harga 15 ribu rupiah, Usnedi mengatakan betapa bahagianya dirinya bisa senentiasa bersedekah.

Anda ingin bergabung? Datang saja ke Masjid Agung Alhikmah, depan GOR Kacaputi, Tanjungpinang setiap Jumat. ***

0 Response to "Nasi Kotak Harga 15 Ribu Rupiah untuk Sedekah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel