Cara Mengurus Ijazah yang Hilang

mengurus-ijazah-yang-hilang

Ijazah adalah dokumen yang sangat penting, karenanya kalian harus berhati-hati kala menyimpannya. Kalau perlu jadikan satu dengan ijazah lain karena mengurus ijazah hilang bisa biking pusing.

Berikut ini adalah pengalaman mengurus ijazah hilang yang saya jalani sendiri sobat. Kejadian ini sekitar dua bulan lewat.

Ceritanya anak saudara saya menyelesaikan SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara saya tinggal di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Sewaktu SMP memang anak saudara saya bersekolah di sebuah SMP di Tanjungpinang. Selepas itu ia melanjutkan sekolahnya di Yogyakarta di sebuah SMK yang memang sesuai dengan bakat yang dimiliki si anak.

Persoalan muncul ketika pihak SMK meminta ijazah SMP-nya untuk bisa mengeluarkan ijazah SMK-nya. Ternyata entah lupa menyimpan atau bagaimana, anak saudara saya tidak menemukan ijazah maupun fotokopinya.

Cara Mengurus Kehilangan Ijazah

Buat kalian yang memiliki kejadian seperti ini dan ingin mengurusnya, mungkin tulisan ini bisa membantu.

Mendapatkan kabar tersebut saya kemudian mendatangi SMP tempat anak saudara dahulu bersekolah. Saya dijumpai salah satu pegawai Tata Usaha di sekolah tersebut.

Salah syarat mengurus ijazah yang hilang ialah bersiap-siap saja kena teguran pihak sekolah. Dan saya merasa hal tersebut wajar karena ijazah tidak seharusnya hilang.

Lantaran saya memang sedang membutuhkan urus ijazah hilang, maka saya meminta maaf. Mengakui jika anak saudara saya sudah teledor.

Pihak sekolah juga menanyakan mengapa si anak yang tidak mengurusnya sendiri. Kala itu masih pandemi dan sulit mendapatkan penerbangan menggunakan pesawat.

Alasan yang memang tidak saya buat buat saat ngurus ijazah yang hilang dan diterima. Setelah mendapatkan "ceramah" dari TU, saya kemudian diminta datang esok harinya karena membutuhkan tanda tangan kepala sekolah yang hari itu sedang keluar karena ada rapat.

Keesokan paginya saya datang pagi-pagi, karena saya butuh lebih baik datang terlebih dahulu ketimbang terlambat. Saya kemudian kembali menjumpai TU yang kemarin mengingatkan saya agar ijazah dijaga.

Tak lama kemudian kepala sekolahnya datang. Saya diminta masuk ke ruangan beliau lalu berbincang banyak soal mengurus ijazah yang hilang.

Ketika saya sampaikan apakah memungkinkan untuk membuat ijazah yang hilang dijawab tidak. Instansi terkait tidak akan mengeluarkan ijazah baru.

Satu-satunya cara ialah mengurus surat kehilangan ijazah di Polres setempat. Nah, salah satu syarat mengurus ijazah yang hilang ialah sekolah harus memiliki fotokopi ijazah yang bersangkutan.

Ini catatan penting buat kalian ya sobat. Jangan sampai saudara, anak, keponakan tidak melakukan cap jempol ijazah di sekolahnya. 

Sebab sebelum dicap jempol maka sekolah tidak akan memotokopi sebagai arsip. Kejadian ini kata kepala sekolah SMP yang saya jumpai, pernah ada sehingga sekolah sama sekali tidak memiliki berkasnya.

Rupanya begitu lulus, ada siswa yang langsung pindah kota sementara ia belum cap jempol. Hanya orang tuanya yang meminta ijazah anaknya dikirim ke kota lain, jika sudah dicap akan dikirim kembali ke sekolah untuk difotokpi sebagai arsip.

Namun ternyata hal itu tak pernah dilakukan sehingga sekolah tidak memiliki arsip sama sekali. Nah, ribet kan cara mengurus ijazah yang hilang tanpa fotocopy ijazah?

Kita lanjutkan ya sob, saya kemudian mendapatkan surat pengantar dari SMP yang ditandatangi kepala sekolahnya. Selain pengantar, juga disertakan fotokopi ijazah sebagai pelengkap ke Polres Tanjungpinang. Cara mengurus ijazah yang rusak juga seperti ini.

Saya mendatangi Polres Tanjungpinang untuk meminta surat keterangan hilang. Selanjutnya surat inilah yang harus ditunjukkan kepada pihak pihak yang meminta menunjukkan fotokopi atau salinannya yang rusak atau hilang.

Semoga artikel mengurus ijazah yang hilang ini bermanfaat buat kalian. ***

0 Response to "Cara Mengurus Ijazah yang Hilang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel