Menghilangkan Noda Permen Karet di Kain

menghilangkan-noda-permen-karet
Sumber foto : pixabay

Melihat anak-anak mengulum permen karet rasanya mengingatkan kembali zaman kita muda ya hehe. Sayangnya saat mereka teledor, menaruh sisanya sembarangan sehingga kita harus menghilangkan noda permen karet.

Meski terdengar sederhana, namun cara menghilangkan permen karet di kain ternyata susah juga. Apalagi kalau hanya dicuci atau diambil dengan tangan, sedikit demi sedikit.

Cara menghilangkan noda permen karet yang sembarang hanya akan merusak kain yang ditempelinya. Jika kalian mencari artikel tentang persoalan itu, di sinilah tempatnya.

Soal permen karet, sebenarnya sih bukan hanya anak-anak yang doyan mengunyahnya. Tidak sedikit orang tua yang melakukannya demi alasan kesehatan, salah satunya membantu menghilangkan stres.

Menghilangkan Noda Permen Karet di Kain

Bagaimana cara menghilangkan bekas permen karet yang benar dan efektif serta tidak merusak kain? Silakan kalian baca artikel ini sampai tamat ya.

Menggunakan Bensin

Kayak kendaraan bermotor saja ya sob, pakai bensin. Nyatanya salah satu jenis BBM ini juga manjur lho menghilangkan noda permen karet pada baju atau celana.

Tuangkan sedikit bensin ke dalam spons atau kain. Oleskan pelarut ke seluruh permen karet dan biarkan hingga larut dasar gusi.

Gunakan pisau tumpul untuk mengikis permen karet yang mudah lepas. Saat menggunakan cairan korek api, oleskan sebagian ke sisi belakang kain. Gunakan pisau tumpul untuk mengikis permen karet. Cuci dengan deterjen untuk menghilangkan residu dan bau yang tersisa.

Menggunakan Es Batu

Wah nggak nyangka ya, es batu yang biasa hanya digunakan sebagai campuran minuman agar dingin berguna untuk memberihkan noda permen karet.  

Caranya juga gampang, tinggal meletakkan es batu di atas permen karet yang menempel selama 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengeraskan permen karet sehingga bisa mengikisnya dari permukaan baju.

Untuk menghilangkan sisa permen karet yang tertinggal di serat kain, gunakan cairan pembersih khusus seperti dry cleaning solvent.

Menggunakan Seterika

Bagi yang sedang stres mikir cara ngilangin permen karet di baju, seterika juga ternyata ada gunanya di sini. Jika kalian tahu, permen karet itu bereaksi terhadap suhu yang panas.

Karenanya, gunakan panas dari setrika untuk melepaskannya dari baju. Sebelumnya oleskan balsem atau air panas pada sisi dalam kain baju yang berlawanan dengan sisi yang kotor karena permen karet.

Letakkan sisi baju yang kotor pada sehelai kertas tebal atau karton. Pastikan permen karet menempel pada karton tersebut. Atur seterika dengan pengaturan panas sedang, kemudian panaskan seluruh sisi dalamnya.

Panas akan melunakkan permen karet dan memindahkannya ke karton. Ulangi langkah di atas jika masih ada sisa permen karet yang tersisa. Sesudahnya, cuci baju dengan deterjen agar benar-benar bersih.

Menggunakan Cuka

Selanjutnya cara menghilangkan permen karet di celana, setelah sebelumnya di baju. Namun di baju cara ini juga bisa. Kali ini kita menggunakan cuka yang ada di dapur ibu.

Cairan asam seperti cuka dapat melembutkan permen karet dan melepaskannya dari baju. Tuangkan cuka ke dalam wadah kaca atau keramik kemudian panaskan di dalam microwave. 

Celupkan sikat gigi pada cuka yang telah dipanaskan dan gosokkan ke permen karet. Cara lain adalah tuangkan cuka di atas permen karet yang menempel pada kain baju, kemudian taburkan soda kue. Akan timbul busa bersoda yang dapat melunakkan permen karet.

Masukkan ke Freezer

Bukankah freezer itu gunanya untuk membuat es batu? Yup, benar sekali. Namun nggak ada salahnya kan meminjam fungsinya sebentar untuk menangani persoalan menempelnya bekas permen karet pada kain?

Permen karet mengandung polimer khusus yang beraksi terhadap perubahan suhu dengan cepat dan akan mengeras jika didinginkan. 

Untuk menghilangkan permen karet di baju, ambil baju dan tutup rapat di dalam kantong plastik, namun pastikan permen karet tidak menempel pada plastik pembungkusnya.

Kemudian simpanlah kantung plastik berisi baju tersebut di dalam freezer selama beberapa jam. Setelahnya, gunakan kuku untuk menarik permen karet dengan lembut agar tak merusak serat kain.

Gunakan Air Panas

Cara lain menghilangkan noda permen karet ialah dengan merendamnya di air panas. Caranya tuangkan air panas ke baskom berukuran sedang atau besar.

Kemudian celupkan baju yang terkena permen karet di dalamnya dan rendam hingga permen karet melunak. Sesudahnya, permen karet tersebut akan bisa dilepaskan dengan mudah.

Gunakan Minyak Kelapa

Ternyata nggak disangka ya sobat, banyak bahan-bahan di sekitar kita yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah noda permen karet.

Bahkan minyak kelapa pun bisa lho digunakan. Minyak akan membuat permen karet menjadi licin dan dapat dilepaskan dengan mudah. 

Cara ini juga bisa dicoba jika permen karet menempel di rambut dan sulit untuk dicopot.

Menggunakan Pengering Rambut

Menghilangkan permen karet di baju juga bisa dilakukan dengan bantuan pengering rambut atau hair dryer. Hal ini apabila sisa permen karet sudah menempel terlalu lama sehingga sulit untuk dilepaskan.

Namun caranya tidak langsung kalian arahkan moncong pengering rambut ke kain yang terkena sisa permen karet. Sebelumnya oleskan sisi dalam baju dengan balsam atau obat pereda nyeri yang panas.

Selanjutnya panaskan menggunakan hair dryer pada permen karet. Lepaskan permen karet dengan menggunakan kuku atau sikat gigi. Sebagai alternatif lain, gunakan uap air panas dari ketel atau alat penghasil uap kalau nggak ada hair dryer.

Gunakan Selai Kacang

Masih juga bingung urusan cara menghilangkan permen karet di baju? Punya selai kacang? Yuk kita makan beramai-ramai hehe. Bukan sob, kali ini selai kacangnya untuk persoalan darurat.

Lemak dan minyak dalam selai kacang dapat membantu melepaskan permen karet dari kain baju. Namun hal ini harus dilakukan dengan cepat agar tidak ada noda menempel pada kain. 

Caranya mudah, oleskan selai kacang pada permen karet yang menempel dan area sekitarnya. Biarkan selama satu menit, kemudian gunakan pisau pipih atau ujung kartu ATM untuk mengoles mentega untuk mengikis permen karet.

Menggunakan Lakban

Mumpung ada yang sedang membungkus paket pakai lakban, yuk kita minta sedikit untuk membersihkan bekas noda permen karet yang nempel di celana kita.

Untuk proses ini dibutuhkan sedikit teknik ya sobat. Jangan langsung tempelkan lakban ke permukaan kain yang ada noda permen karetnya.

Kalian harus memotongnya mengikuti bentuk noda permen karet. Lalu tempelkan di kain, tekan dan angkat. Biasanya sisa permen karet akan ikut terangkat.

Ulangi langkah ini beberapa kali sampai sisa permen karet di kain hilang sama sekali.

Menggunakan Sabun Cair

Cara menghilangkan bekas permen di baju juga oke jika menggunakan sabun cair. Caranya oleskan deterjen cair ke seluruh bagian permen karet dan area di sekitarnya.

Oleskan cairan ke dalam permen karet menggunakan sikat gigi, sehingga permen karet akan pecah menjadi remah-remah kecil.

Cuci pakaian seperti biasa setelah semua permen karet keluar.

Menggunakan Alkohol

Ingat ya sobat, yang kalian gunakan di sini ialah alkohol gosok. Yaitu pelarut yang melarutkan dasar gusi. Ini bekerja sangat baik dengan kain halus.

Caranya oleskan sedikit alkohol gosok ke seluruh permen karet menggunakan potongan spons. Gosok permen karet dengan lembut menggunakan spons dan tunggu beberapa menit hingga permen karet mulai bekerja.

Dengan menggunakan pisau tumpul, kikis permen karet yang akan terlepas dengan sedikit usaha. Cuci pakaian dengan deterjen biasa sampai selesai.

Demikianlah tadi beragam bahan yang bisa kalian gunakan jika bingung soal menghilangkan noda permen karet. Semoga bermanfaat. ***


0 Response to "Menghilangkan Noda Permen Karet di Kain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel