Mengapa Harga RX-King Bekas Masih Begitu Mahal?

harga-rx-king-bekas
Foto - tangkapan layar youtube fantastic kings

Kalau mau tahu hal yang unik soal harga kendaraan bermotor, mungkin menyimak harga RX-King bisa menjadi contoh. Meski yang beredar sekarang semuanya bekas, namun harganya justru semakin mahal.

Tidak ada patokan yang pasti soal harga rx king bekas ini. Di satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya. Namun tidak ada yang protes soal ini.

Cobalah kalian intip harga yang ditawarkan di berbagai toko online, pasti ada yang membuat kalian geleng-geleng kepala. Motor bekas kok dijual sampai puluhan juta. Bahkan ada yang hampir menyentuh Rp100 juta.

Mengapa Harga RX-King Masih Tinggi?

Jika kita bicara RX-King, sebenarnya kita membicarakan barang bekas. Entah itu harga RX-King Kobra, RX Spesial atau New RX-King sekalipun, semuanya bekas. Karena produksi terakhir dilakukan tahun 2002 lalu karena aturan emisi.

Berikut ini adalah alasan mengapa harga jual sebuah Motor RX-King bekas masih mahal dibandingkan yang dua tak lainnya?

1. Tingkat Orisinalitas Komponen

Ssaty unit Motor King bisa dihargai tinggi karena tingkat orisinalitas komponen yang digunakan, hingga odometer yang masih rendah. 

Harga motor RX-King bekas bisa dibanderol hingga puluhan juta jika memiliki hal tersebut di atas. Di pasaran, RX-King memang ditawarkan dengan harga bervariasi. Namun, umumnya dijual di rentang harga Rp10 jutaan hingga Rp20 jutaan.

Sementara untuk model dengan kondisi hampir baru atau new old stock (NOS), bisa ditawarkan Rp50 juta bahkan hingga Rp100 juta di beberapa situs jual beli online.

2. Semakin Susah Dicari

Antonius Widiantoro, Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pernah mengatakan harga motor King bekas adalah fenomena.

Kalau semakin susah dicari, maka harganya akan semakin tinggi dan itulah yang dialami RX King bekas. Itu sudah menjadi hukum pasar dan nggak ada yang bisa mengontrolnya.

3. Persebarannya Masih Banyak

Meski nggak lagi diproduksi dan dimiliki kolektor atau penggemar, namun RX-King tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Hampir semua provinsi ada yang memiliki motor yang sempat dijuluki motor jambret ini.

Dilansir dari kompas, RX King menjadi salah satu produk Yamaha dengan pencapaian penjualan terbaik. GM Aftersales & Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, pernah mengatakan bahwa sejak diproduksi pertama kali di Indonesia sekitar tahun 1985 silam, motor sport 135cc ini terjual sebanyak 1.026.600 unit.

4. Banyak Klub di Daerah

Coba tanyak di sebuah daerah di Indonesia, adakah klub Motor King? Seandainya yang ditanya nggak tahu, setidaknya ia tahu ada pemilik motor dengan suara khas ini.

Keuntungannya ialah, saat para bikers penggemar Motor King mengadakan turing keluar daerah, maka sambutan akan meriah. 

Harus diakui, konunitas penggemar motor ini begitu solid dari ujung timur sampai barat negeri ini. Mereka menjaga benar apa makna brotherhood itu.

5. Didongkrak Harga Fantastis

Bagi kalian penggemar RX-King pasti pernah dengar ada sebuah motor yang dibeli oleh seorang pengusaha asal Madura, Jawa Timur seharga Rp150 juta.

Meski yang dibelinya adalah Yamaha RX King gold edition, namun untuk harga setinggi itu agaknya dianggap harga yang gila.

Kenyataan ini membuat harga motor RX King ikut terdongkrak naik. Bahkan warga biasa yang awalnya membeli motor ini memang untuk moda transportasi sekarang nggak akan melepas motornya dengan harga murah.

6. Penggemarnya Semakin Banyak

Jumlah penggemar RX-King semakin banyak dari tahun ke tahun. Bukan hanya orang tua, namun anak-anak muda zaman sekarang mulai banyak yang melirik tunggangan ini.

Persoalannya, jumlah sepeda motornya tidak ikut bertambah karena memang sudah tidak diproduksi lagi. Akibatnya pemilik sepeda motor King berani gila-gilaan membanderol kendaraannya.

Beberapa waktu lalu ada RX-King yang dibanderol Rp300 juta oleh pemiliknya. Motor itu adalah RX-King tahun 1997 yang masih mempertahankan originalitasnya sejak pertama kali dirakit. 

Apalagi, motor RX-King itu tak pernah dipakai sejak pertama kali dirakit. Istilahnya adalah new old stock. Karena itulah pemiliknya berani membanderol sampai Rp300 juta. Motor itu juga sempat ditawar orang Rp 175 juta tapi yang punya tidak mau lepas.

Begitulah teman, fenomena harga motor RX King bekas di Indonesia. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Mengapa Harga RX-King Bekas Masih Begitu Mahal?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel