Mengintip Kata Kunci di Google dan Temukan Rahasianya

kata-kunci-di-google

Kata kunci di Google adalah sesuatu yang kalian ketikkan di kolom pencarian Google Search. Ketika kalian enter maka mesin pencari ini akan menghasilkan sebarapa banyak yang ditemukannya. Semuanya selaras dengan yang kalian cari.

Bagi orang awam, mungkin tidak melihat sesuatu yang sangat berguna saat menggunakan kata kunci di Google. Namun jika kalian adalah blogger yang mengelola blog atau bahkan wartawan yang akan menulis artikel, bisa melakukan survei lebih jauh.

Mengapa harus melakukan pendalaman kata kunci di Google, jawabannya semata-mata hanya untuk mendapatkan Search Engine Optimation (SEO) yang bagus untuk artikel kalian.

Rahasia Kata Kunci di Google

Berikut ini saya coba jelaskan bagaimana memaksimalkan menggunakan kata kunci di Google. Sebenarnya kalian juga sering melihatnya, bahkan setiap hari. 

Namun mungkin belum menyadari bahwa yang kalian lihat di dekstop komputer atau layar ponsel sebenarnya itulah yang kalian cari.

1. Perhatikan Google Autocomplete

kata-kunci-di-google-1

Coba perhatikan gambar di atas. Saat saya mengetikkan kata cara menanam cabai lalu saya spasi maka secara otomatis di bawahnya muncul banyak kalimat.

Ada yang berakhiran rawit, rawit di polybag, di pot, merah, dari biji dan sebagainya. Itulah yang disebut dengan Google autocomplete.

Jika kalian pusing mencari long taik keyword, sebenarnya fitus ini adalah kata kunci potensial yang bisa kamu ambil. Jika kalian mencari artikel tentang kata kunci pendek, klik tautan ini.

2. Featured Snippet

kata-kunci-di-google-2

Artinya adalah cuplikan unggulan. Jika kalian memiliki artikel dengan struktur yang bagus dan disukai Google, maka saat orang mengetikkan kata kunci maka cuplikan penting artikelmua diperlihatkan oleh Google.

Dari contoh di atas, dengan kata kunci cara menanam cabai maka pemilik artikel di lifestyle.kontan.co.id berhasil memikat Google.

Hanya dengan mengetikkan cara menanam cabai, sudah langsung memunculkan 4 langkah menanam cabai seperti kalian bisa lihat di foto di atas.

3. People Also Ask

kata-kunci-di-google-3

Jika kalian sedang mencari kata kunci dengan cara sederhana, kata kunci di Google sudah menunjukkan caranya.

Pernahkah kalian mendapati kalimat People Also Ask atau orang lain mungkin bertanya. Untuk lebih jelasnya lihatlah foto di atas.

Orang hanya mengetikkan kata cara menanam cabai, namun dalam firut People also ask ditemukan beberapa pertanyaan seperti bagaimana cara menanam cabe yang benar dan seterusnya.

4. Related Searches

kata-kunci-di-google-4

Keempat terkait rahasia kata kunci di Google ialah Related Searches. Bagian ini biasanya terletak di bagian bawah halaman.

Masih dengan contoh kata kunci cara menanam cabai, maka dapat dilihat fitur related searches menampilkan 8 kata kunci yang bisa kalian pakai untuk turunan dan pelengkap di artikel kalian.

Riset Kata Kunci di Google Manual

Dari angka 1 sampai 4 di atas merupakan riset kata kunci manual. Setiap orang bisa melakukannya, karena tidak perlu melakukan penguran apapun juga. Kecuali kalian mencari golden keyword, ada caranya khusus.

Apa yang dilakukan orang lain juga sama dengan apa yang dilihat yang lain. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi blogger pemula yang kesulitan menemukan kata kunci dengan menggunakan tools khusus.

Jika kalian menulis artikel dengan bagus, tidak copas asal dari blog atau portal tetangga, bukan tak mungkin riset manual tadi bisa menghasilkan page one.

Kata kunci yang bagus, dihasilkan dari tools kata kunci berbayar belum tentu juga hasilnya page one jika pembuatnya sama sekali nggak peduli dengan SEO.

Semoga penjelasan sederhana tentang kata kunci di Google ini bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Mengintip Kata Kunci di Google dan Temukan Rahasianya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel