Cara Meracik Kopi Hitam yang Enak

cara-meracik-kopi-hitam-yang-enak-1
Sumber foto - pexels/cottonbro

Ngopi semakin hari menjadi semacam kebutuhan bagi sebagian orang. Apalagi sekarang banyak dijumpai beraneka kopi yang bisa dibeli dengan mudah. Bagi pencinta kopi hitam, tahukah Anda bagaimana cara meracik kopi hitam yang enak?

Semuanya ada ilmu atau tekniknya. Demikian juga dengan cara meracik kopi hitam yang enak, tidak asal dibuat sembarangan. Karena dengan cara yang benar maka akan menghasilkan cita rasa yang sesuai selera.

Tidak sedikit orang yang menyediakan kopi hitam di pagi hari. Dengan mengopi, kelompok ini merasa mendapatkan semangat untuk mengawali hari dengan penuh optimis. Mereka menyebutnya energy booster.

Mengonsumsi kopi secara benar bisa membuat badan terasa lebih segar dan lebih bersemangat. Karena zat yang terkandung dalam kopi meningkatkan metabolisme tubuh yang melahirkan efek positif bagi kesehatan.

 Jika kalian ingin merasakan kepuasan sempurna dari cita-rasa kopi hitam, sebaiknya tahu cara meracik kopi hitam yang enak.

Persiapan Meracik Kopi Hitam

Bagi yang ingin praktik meraciknya, maka ada beberapa hal yang harus kalian siapkan.

1. Memilih Biji Kopi

memilih-biji-kopi-bagus
Sumber foto : pixabay/pexels

Belilah biji kopi utuh yang masih bagus, kalau baru saja mendapatkan kiriman teman, boleh dicoba. Garis bawahi, kopi terbaik dan cita rasa sempurna hanya didapatkan dari biji kopi yang disimpan dan digiling dengan cara yang benar.

Kebanyakan dari kita sering membeli kopi yang sudah diolah dalam bentuk bubuk. Bubuk merupajan hasil penggilingan. Namun tidak selamanya bubuk ini memberikan aroma yang segar.

Bahkan kalau kalian tidak pandai memilih, aromanya tercium bukan kopi baru. Bagi yang terbiasa dengan cara ini jangan lupa melihat dengan teliti tanggal kedaluwarsanya.

Berkurangnya cita rasa kopi yang sudah diolah menjadi bubuk bisa juga karena faktor lain. Seperti pengaruh oksigen dan cahaya. keduanya adalah musuh kopi.

2. Memilih Jenis Kopi

memilih-biji-kopi
Sumber foto: pixabay/gedsarts

Indonesia memiliki banyak kopi. Contohnya, kopi arabika yang murni 100 % tentu saja akan memiliki cita rasa yang luar biasa. Namun, jika kalian menginginkan alternatif yang lebih murah, pilihlah biji kopi robusta namun dengan rasa yang lebih keras dan kandungan kafein yang lebih tinggi.

Menurut tamandelta.com ada beberapa cara untuk  memilih biji kopi yang baik.

Periksa Tanggal Roasting, Jika Melakukan Pembelian Biji Kopi Sangrai 

Cara memilih biji kopi yang baik pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memastikan bila Kamu harus mengetahui kapan biji kopi tersebut diroasting atau disangrai. 

Hal ini sangat penting sekali untuk memastikan Kamu bisa mendapatkan biji kopi yang masih segar atau fresh. Jika Kamu mendapatkan biji kopi yang masih fresh, tentunya kualitas kopi tersebut biasanya juga sangat baik.

Mencium Aroma Biji Kopi

Cara memilih biji kopi yang baik selanjutnya bisa Kamu lakukan dengan mencium aroma biji kopi yang akan Kamu beli dari penjual kopi. Dengan menggunakan cara ini, tentunya Kamu bisa mengetahui apakah biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik atau biasa-biasa saja.

Jika biji kopi tersebut memiliki aroma yang tebal, maka kualitasnya pun bisa dipastikan baik. Namun sebaliknya, bila biji kopi tidak tercium wanginya, maka Kamu perlu meragukan kualitas biji kopi tersebut.

Melakukan Pembelian Dengan Jumlah Kecil

Cara memilih biji kopi yang baik berikut ini tentunya berlaku juga untuk mengukur anggaranmu. Jika Kamu menemukan jenis kopi yang baru pertama kali Kamu temui, sebaiknya beli dalam kemasan 2,5kg. 

Jika Kamu sudah merasa cocok dengan bji kopi tersebut, maka Kamu dapat membeli dalam jumlah banyak atau sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Cari Referensi Mengenai Jenis-Jenis Biji Kopi di Supplier Biji Kopi Terkenal

Untuk mendapatkan biji kopi berkualitas tentunya Kamu harus memperhatikan cara memilih biji kopi dengan baik yang satu ini. Dimana Kamu mencari informasi mengenai jenis-jenis biji kopi melalui internet atau ahlinya.

Bandingkan Dengan Biji Kopi Lain

Meskipun anda telah mencoba dan merasa cocok dengan salah satu jenis kopi nusantara tertentu, ada baiknya dan sangat disarankan untuk tetap bereksperimen dengan cara mencoba biji kopi dengan jenis yang berbeda. Mengapa? Selain dapat menambah pengetahuan anda, hal ini juga akan membuat anda lebih peka untuk dapat membedakan mana kopi yang memiliki kualitas baik dan mana biji kopi yang memiliki kualitas biasa saja. Untuk dapat mengetahui biji kopi berkualitas bagus yang anda beli dari agen kopi, maka seduhlah kopi tersebut tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya.

3. Menyimpan Biji Kopi

cara-meracik-kopi-hitam-yang-enak-2
Simber foto: pixabay/couleur

Agar sukses belajar cara meracik kopi hitam yang enak, maka perhatikan hal-hal yang dilansir dari infokopi berikut saat menyimpan biji kopi.

Pertama, simpanlah di tempat yang benar. Sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup dan memiliki sedikit lubang saja. Kemudian, letakkan wadah tersebut di sudut ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. 

Usahakan bahwa wadah tersebut tak terkena sinar matahari secara langsung dan hindari menyimpan green coffee beans atau biji kopi mentah dalam ruangan yang lembab.

Kedua, masukkan ke karung gini. Tahukah kalian jika orang zaman dahulu menggunakan teknik ini untuk menyimpan biji kopi. Gunakan karung goni baru bukan bekas.

Jika kalian menggunakan karung goni bekas menyimpan cengkih, gula atau beras, dikhawatirkan aroma biji kopinya akan berubah. Rasanya bisa terkontaminasi.

Ketiga, simpanlah pada ruangan yang baik, artinya tidak terlalu lembab. Jangan taruh di ruangan terlalu kering. Atau gunakan hydrometer untuk mengetahui berapa suku ruangan.

Pastikan bahwa ruangan penyimpanan tersebut memiliki suhu kelembabab udara atau kelembabab ruangan berkisar antara 50% – 75%. Untuk suhu udara, idealnya adalah antara 20 – 28 derajat celcius. 

Itulah tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyimpan biji kopi nusantara mentah agar tetap terjaga kualitasnya. 

4. Menggiling Sendiri

cara-meracik-kopi-hitam-yang-enak-4
Sumber foto: pexels/maria orlova

Agar cita rasanya mantap, sebaiknya biji kopi digiling tidak terlalu lama sebelum diseduh. Saat ini, sudah ada banyak mesin penggiling kopi yang bisa kita manfaatkan. 

Jadi tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual. Semakin halus kamu menggiling kopi, maka rasanya akan semakin pahit. Demikian juga sebaliknya.

Dari cofeeland, dituliskan cara menggiling biji kopi dengan hand grinder.

  • Masukkan biji kopi sesuai kebutuhan ke bagian atas Grinder. Sebaiknya menggilingnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Atur knob pengatur tingkat kehalusannya yang biasanya ada di bawah. Sebaiknya atur knob sampai yang paling halus terlebih dahulu, supaya kita bisa hitung berapa ‘Klik’ yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat kehalusan tertentu
  • Setelah itu pasang tuas di bagian tutup Grindernya, kemudian putar searah hingga biji kopi yang di masukkan habis.
  • Setelah sudah mencapai tingkat kehalusan yang di inginkan, tuangkan kopi yang sudah di giling ke dalam cangkir atau alat seduh yang akan digunakan.

Cara Meracik Kopi Hitam yang Enak

cara-meracik-kopi-hitam-yang-enak-3
Sumber foto: pixabay/planet_fox

Tibalah saatnya kita masuk ke pembahasan pokok dalam artikel ini. Silakan kalian ikuti langkah demi langkahnya yang dilansir dari coffindo.id sebagai berikut:

  • Sediakan kopi hitam yang sudah digiling. Dan gelas atau mug yang bersih dan bebas bau yang kira-kira bisa mempertahankan suhu atau panas lebih lama.
  • Kemudian pilihlah air mineral untuk direbus. Sebisa mungkin hindarilah air sulingan atau air keran, karena sering kali dapat menyebabkan cita rasa kopi rusak.
  • Semakin banyak kandungan mineral di dalam air tersebut, maka akan semakin baik.
  • Kemudian rebuslah air tersebut hingga mencapai 90 atau 96 derajat celcius. Ini adalah suhu paling ideal untuk menyeduh kopi. Suhu yang mendekati 96 derajat celcius adalah suhu paling sempurna. Sebaliknya, apabila kurang dari 91 derajat celcius, biasanya air mendidih tersebut tidak akan mampu mengekstrak kopi dengan baik.
  • Selanjutnya masukkan kopi ke dalam gelas dengan perbandingan, 1 gram kopi diseduh dengan 15 ml air. Perhitungan tersebut berlaku untuk kelipatannya. Atau 1:20. 7,5 gram kopi 150 ml air. Namun beberapa orang juga biasanya menggunakan perbandingan 1:14 atau 1:30. Pilihlah sesuai selera.
  • Kemudian seduh kopi tersebut selama kurang lebih 2 hingga 4 menit. Ini adalah lama waktu paling ideal sebelum kopi dinikmati. Menyeruputnya terlalu cepat, atau terlalu lama akan menyebabkan cita rasa kopi berubah. Pastikan kamu menerapkan resep membuat kopi hitam nikmat tersebut jika ingin merasakan cita rasa kopi sesungguhnya. ***

0 Response to "Cara Meracik Kopi Hitam yang Enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel