Cara Membuat Artikel di Wordpress, Kalian Pasti Bisa

cara-membuat-artikel-di-wordpress

Kalian baru memiliki blog dengan CMS berupa Wordpress? Masih termangu-mangu untuk memelajarinya? Artikel ini adalah tentang cara membuat artikel di Wordpress.

Karena pembahasan kita kali ini khusus membatasi cara menulis artikel di Wordpress, maka berbeda dengan penulisan di Blogspot. Blogspot dan Wordpress memang banyak dipakai para blogger karena kemudahan, kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Blogspot juga bisa kalian jadikan nama domain atau TLD sehingga akhiran blogspotnya nggak ada, contohnya cuttingstickerupdate.com ini. 

Sementara Wordpress juga bisa kalian blog gratisan, contohnya milik saya di metrosticker.wordpress.com. Kalau yang berbayar contohnya sangat banyak, kebanyakan portal sekarang menggunakan CMS Wordpress.

Cara Membuat Artikel di Wordpress

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian lakukan agar bisa memiliki blog Wordpress. Wordpress gratisan maupun berbayar pada intinya sama cara mengisinya.

  • Pertama sekali kalian harus login ke dashboard admin blogmu di Wordpress. Caranya pasti kalian sudah paham, bukan?
  • Berikutnya akan dibawa ke dashboard blog kalian, pilih menu di sebelah kiri Post lalu pilih Add New Post.
  • Maka post editor pun terbuka, akan ada banyak fitur di sini yang semuanya berguna untuk menulis di Wordpress.
  • Pada kolom Add New Title, tuliskan judul artikel yang ingin kalian buat. Secara otomatis sistem Wordpress akan membuat permalink atau link artikel otomatis. Link ini bisa kalian ganti kapan saja.
  • Pada kolom Text Editor di sinilah ruang kerja kalian yang ingin terjun sebagai blogger. Kalian bisa menulis artikel sesuai judul yang sudah kalian cantumkan. Ada banyak ikon yang membantu kalian menulis artikel di Wordpress.
  • Untuk menambahkan gambar klik saja ikon foto. Kalian juga bisa memasukkan video ke dalam postinganmu. Ikon yang dibuat akan memudahkan pemula untuk bisa menggunakan Wordpress. Arahkan saja pointer mouse ke atas icon tadi, maka akan muncul rulisan yang menjelaskan nama atau fungsi ikon tersebut.
  • Jika sudah cukup, kalian bisa melihat pratinjau atau bentuk postingan sebelum dipublish. Apa yang kalian lihat di pratinjau maka seperti itu juga yang akan terlihat kala kalian publish.
  • Kalian juga bisa mengedit tanggal dipublish, jadi bisa dijadwalkan. Misalnya hari ini 19 September, kalian ingin artikel kalian terpublish otomatis pada tanggal 20 September pukul 07.00 WIB, atur saja di menu sebelah kanan.
  • Sudah yakin nggak ada yang diubah, klik publish (ada kalanya dua kali publish) untuk mengunggah artikel kalian.
  • Selesai, begitulah cara menulis atau membuat artikel di Wordpress.

Editor Klasik dan Pembaruan

Cara menulis artikel di Wordpress dengan klasik editor akan berbeda dengan edisi pembaruan. Ciri utama yang membedakannya, pada editor klasik maka halaman penulisan seperti pada lembaran kertas kosong.

Kalian bisa membuat alinea baru hanya dengan menekan tombol enter di keyboard laptop. Maka kursor secara otomatis akan membentuk satu baris kosong.

Sementara jika kalian menggunakan cara membuat artikel di Wordpress di halaman text editor terbaru, akan terbagi menjadi kotak kotak atau Wordpress mengistilahkannya dengan block.

Untuk memilih block apa, ada tanda plus yang bisa kalian klik. Jika baru awal-awal menggunakannya biasanya kalian akan sedikit bingung. Namun jika sudah terbiasa nggak ada bedanya mau pakai yang lama atau baru.

Di Wordpress, kalian bisa menambahkan plugin baru sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak sekali plugin yang bisa kalian peroleh secara gratis maupun berbayar.

Demikianlah sobat artikel tentang cara membuat artikel di Wordpress. Semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Cara Membuat Artikel di Wordpress, Kalian Pasti Bisa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel