Ini Cara Biar Kuota Tidak Cepat Habis

cara-biar-kuota-tidak-cepat-habis

Pasti ngeselin ya kalau sedang ngebetnya ngerjain sesuatu dengan internet tiba-tiba kuota habis. Ada yang tahu nggak sih cara biar kuota tidak cepat habis?

Sebenarnya, kalau dinalar dengan mendalam kalian juga bisa mengerjakan sendiri melakukan praktik cara biar kuota tidak cepat habis.

Bukan berarti beli ponsel bagus, lalau paket datanya dibeli tetapi nggak digunakan berhai-hari. Gimana mau berhari-hari nggak megang internet, satu jam saja rasanya seperti seabad.

Bisa dikatakan kuota sudah menjadi kebutuhan manusia pada zaman ini. Karenanya, cara biar kuota tidak cepat habis akan sangat penting untuk mengontrol penggunaan paket data.

Cara Mengatasi Kuota Boros

Begitu pentingnya kuota data sehingga kalian pasti kelabakan kalau nggak memilikinya. Bukan hanya untuk nonton video di YouTube, tetapi dengan paket data bisa juga untuk banyak hal.

Berbekal smartphone dan kuota, kita sudah sanggup menikmati banyak sekali saluran internet, mulai dari Chat, voice call, video call dan streaming.

Ikuti langkah di bawah ini untuk menghemat kuota internet. Ingat sobat, sekarang masa pandemi, sulit mencari uang. Jangan gunakan kuota untuk ngebut tanpa memedulikan bagaimana sudahnya mendapatkan uang untuk membelinya.

Dengan mengikuti cara mengatasi kuota cepat habis ini, kalian tidak akan bingung karena sedikit sedikit kuotamu habis.

Mematikan Fitur Unduh Otomatis

Ada beberapa aplikasi yang bisa menjalankan fitur undur otomatis seperti e-mail atau foto dan video dari beberapa chat messenger. 

Jika kalian ingin menghemat kuota, maka sebaiknya matikan fitur itu. Memang, kalian akan lebih sering membuka aplikasi tersebut untuk melakukan refresh agar mendapatkan kabar terbaru. 

Namun setidaknya kalian sudah mematikan fitur tersebut. Jadi pengaturan penggunaan kuota internet berada di tangan Kalian.

Gunakan YouTube-Go

Nah, siapa yang sehari-hari nonton video di YouTube? Pasti kuota kalian seperti kesedot, bukan? Nah, untuk ngakalinya kalian bisa memanfaatkan fitur YouTube Go.

Dengaan aplikasi ini kita sanggup menikmati video secara offline dengan cara mengunduhnya. Saat melakukannya, kalian diberi pilihan kualitas video yang ingin ditampilkan atau diunduh.

Uninstal Aplikasi Penyedot Kuota

Coba cek di ponsel kalian, apakah ada aplikasi yang dalam pengoperasiannya membutuhkan banyak kuota internet? Jangan asal pasang aplikasi tanpa membaca reviewnya terlebih dahulu.

Kalau paket da kalian terbatas, mendingan kalian pintar memilih aplikasi yang nggak terlalu rakus makan kuota internet. Kan banyak aplikasi serupa dengan perilaku yang berbeda, pilih yang lebih irit memakan kuota.

Ceklis Pilihan Autostart Aplikasi

Cara agar kuota internet tidak cepat habis lainnya ialah mematikan autostart pada aplikasi di ponsel kalian. Dengan demikian kalian nggak akan mendapatkan notifikasi kalau ada sesuatu terkait aplikasi tadi masuk.

Dengan tidak menggunakan autostart aplikasi maka aplikasi tersebut tidak akan berjalan pada latar belakang. Itulah mengapa cara ini bisa digunakan untuk menghemat penggunaan kuota data.

Hindari Nyalakan Lokasi Terus-menerus

Banyak orang yang secara tidak sadar terus menyalakan fitur Location di dalam smartphone. Biasanya ini terjadi karena mereka baru saja membuka aplikasi yang harus menyalakan Location.

Ketika sudah tidak digunakan, malah lupa mematikan fitur tersebut.

Kesadaran untuk mematikan fitur ini memang tidak bisa selamanya muncul. Kadang-kadang masih lupa dimatikan juga. Oleh karena itu kalian harus menanamkan di aktivitas sehari-hari saat membuka smartphone untuk melihat apakah fitur Location sudah dimatikan atau belum.

Pilih Browser yang Ngirit

Kita bicara main internet di ponsel ya sob, bukan main inernet di laptop. Coba dicek, apakah kalian sudah menggunakan browser yang memang digunakan untuk ponsel?

Contohnya Opera, kalian pasti tahu kan browser yang satu ini. Nah, developernya ternyata membuatnya dalam versi mini dan bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya di ponsel.

Mematikan Autosinkronasi

Aplikasi yang secara otomatis meningkronisasi data niscaya menyedot kuota lebih, oleh hasilnya sangat dianjurkan untuk mematikan fitur sinkronisasi. 

Caranya masuk pada sajian setting, pilih Accoun, kemudian pilih akun yang tidak ingin disinkronisasi.

Mematikan Data Seluler 

Jika kalian sedang istirahat, tidur siang misalnya, cobakah untuk mematikan akses ke paket data. Memangnya kalau kalian tidur bisa ngecek apakah ada chat yang masuk atau nggak?

Kebiasaan manusia mungkin, saat tidur atau tidak sedang internetan membiarkan paket data terus aktif. Sementara ada banyak aplikasi yang sedang berjalan meski nggak dipakai langsung.

Batasi Penggunaan Data

Cara agar irit kuota lain yang bisa kalian praktikkan ialah membatasi penggunaan data paket. Kalau ada yang belum tahu caranya, silakan masuk ke pengaturan atau seting, lalu data usage, pilih cellular data, selanjutnya set data cellular data limit.

Tap untuk mengaktifkannya. Cara yang sangat mudah sebenarnya, tetap entaj mengapa banyak diantara kalian yang nggak melakukannya.

Gunakan Kuota Unlimited 

Menggunakan kuota unlimited menjadi cara biar kuota tidak cepat habis yang paling efektif. Kan saat ini ada banyak paket unlimited data.

Setiap operator juga sudah menyediakan pilihan yang bisa kalian pilih agar nggak boros menggunakan internet. Hati-hati, jika keasyikan main internet jangan buang sisa permen karet sembarang, kasihan kalau ada anggota keluarga yang kena jeratnya.

Tetapi jangan khawatir, kalau hanya menghilangkan bekas permen karet di kain, klik saja tautan ini.

Menggunakan Wifi 

Cara biar kuota tidak cepat habis terakhir ialah menggunakan Wifi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, sudah seharusnya kalian memiliki internet dengan router Wifi di rumah. 

Biasanya internet tersebut terhitung unlimited jadi bisa bebas berselancar di dunia maya. 

Untuk melakukan penghematan kuota internet smartphone, sebaiknya manfaatkan penggunaan Wifi secara terus menerus. Dengan cara ini sudah pasti kuota internet kalian tetap terjaga sepanjang waktu. 

Lucunya, kalau di rumah ada WiFi biasanya kalian malah nggak beli kuota lagi. Begitu pas keluar, motor mogok di tengah jalan yang sepi, kalian nggak bisa minta tolong siapapun karena kehabisan paket telepon dan paket data. 

Demikianlah cara biar kuota tidak cepat habis yang bisa kalian praktikkan, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Ini Cara Biar Kuota Tidak Cepat Habis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel