Subsidi Gaji Karyawan Tahap 2 Cair, Begini Cara Ngeceknya

subsidi-gaji-karyawan-09jsd

Subsidi gaji karyawan atau bantuan subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tahap 2 mulai disalurkan pemerintah kepada mereka berhak menerimanya.

Pada tahap 2 ini, ada 1,25 juta penerima subsidi gaji karyawan yang sudah diterima Kemanaker dan memasuki tahapan skrining. Hari ini, Jumat (20/8/2021) akan mulai diproses penyalurannya.

Jumlah subsidi haji karyawan yang diserahkan angkanya Rp1 juta per orang. Penerima tidak perlu datang ke bank atau tempat lain untuk menerimanya, karena oleh pemerintah langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

Apa Itu Subdisi Gaji Karyawan?

Subsidi gahi karyawan atau Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) merupakan kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan atau mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi Covid-19 yang mulai melanda Indonesia Maret 2020 silam.

Bisa dikatakan bantuan atau sibsidi ini bagian dari stimulus pemerintah yang telah dikoordinasikan dan dibahas bersama Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Juga lintas kementerian diantaranya Kementerian BUMN, Kemnaker, Kemenkeu dan BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek.

Landasan Hukum

Kebijakan subsidi gaji karyawan diterapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) Dan/Atau Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional.

Selain itu landasan hukumnya yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) Dan/Atau Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional.

Selanjutnya payung hukumnya diterbitkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 tahun 2020 (Permenaker No.14/2020)  tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bagaimana Cara Ngeceknya?

Subsidi gaji karyawan dapat dicek melalui dua cara. Berikut ini panduannya agar dapat mengecek apakah namanya ada sebagai penerima atau tidak.

1. Halaman BPJS Ketenagakerjaan

Langkah-langkahnya adalah:

  • Masuk ke laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/#halaman-cek-bsu
  • Setelah itu silakan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Keluarga (KK), nama lengkap serta tanggal kelahiran.
  • Beri tanda centang pada verifikasi captcha lalu klik lanjutkan.
  • Jika sukses, maka akan terpampang status verifikasi dan valodasi oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah.

2. Aplikasi BPJSTKU

Selain dengan cara pertama, untuk mengecek subsidi gaji karyawan juga bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU, caranya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu unduhlah aplikasi BPJSTKU lalu instal ke ponsel atau smartphone.
  • Lakukan registrasi melalui email dengan mencantumkan nomor KPJ, NIK, e-KTP, nama dan tanggal kelahiran.
  • Jika semuanya oke, silakan login atau masuk, pilih kartu digital dengan cara klik kartu digital tersebut.
  • Untuk melihat apakah kepesertaan seseorang aktif atau tidak, gulung layar dan lihat di bagian bawah halaman.
  • Selain status kepesertaan, sistem secara otomatis akan menampilkan nomor rekening bank yang terdaftar.

Kriteria Penerima Subsidi Gaji Karyawan

Tidak semua pekerja atau karyawan mendapatkan BSU. Pemerintah sudah melakukan kajian dan menetapkan beberapa syarat sebagai calon penerima bantuan.

Kriteria ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021. 

Syarat-syarat penerima subsidi gaji adalah sebagai berikut: 

  • Pekerja/buruh merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan. 
  • Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2021.
  • Pekerja/buruh mempunyai gaji atau upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan.
  • Bekerja di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan level 4 yang ditetapkan oleh pemerintah. 
  • Diutamakan yang bekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian penjelasan mengenai subsidi gaji karyawan, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Subsidi Gaji Karyawan Tahap 2 Cair, Begini Cara Ngeceknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel