Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya

prakerja-gelombang-18

Prakerja Gelombang 18 pasti sudah kalian tunggu-tunggu, bukan? Kabar baiknya, program pelatihan semi bantuan sosial yang digulirkan sejak tahun lalu ini akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat.

Banyaknya peserta yang melamar pada gelombang sebelumnya juga diprediksi akan terjadi juga pada Prakerja Gelombang 18 ini.

Untuk mendaftarkan diri kalian sebagai peserta Prakerja Gelombang 18, kalian harus mengakses situs web prakerja.go.id. 

Hingga hari ini memang belum disebutkan tanggal pasti pembukaan pendaftaran Prakerja Gelombang 18. Namun berdasarkan keterangan Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, pembukaannya dalam waktu dekat.

Kapan wakyu pastinya masih menunggu kebijakan dari Komite Cipta Kerja. Denni pun meminta sobat Prakerja mohon sabar demi tertib administrasi dan prosedur.

Yang membedakan di semester II dengan sebelumnya ialah, peserta dapat langsung berinteraksi dan konsultasi dengan para instruktur.

Untuk mendaftar sebagai peserta, kalian boleh melakukannya dari sekarang. Sebab nanti yang lolos akan dipilih secara acak.

Kriteria Penerima Kartu Prakerja Gelombang 18

Sementara itu, terdapat kriteria penerima manfaat Kartu Prakerja sebagaimana dilansir dari laman prakerja.go.id, di antaranya adalah:

  • Pencari kerja
  • Pekerja/buruh yang terkena PHK
  • Pekerja yang membutuhkan peningkatan keterampilan kerja
  • WNI minimal 18 tahun dan tidak mengikuti pendidikan formal
  • Bukan ASN, anggota/pimpinan DPRD, TNI, Polri, Kades atau perangkat desa, pekerja BUMN atau BUMD

Jika Anda memenuhi kriteria di atas, segera daftar akun di laman prakerja.go.id sembari menunggu pembukaan resmi Kartu Prakerja Gelombang 18.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 18

Berikut ini adalah langkah-langlah bagaimana mendaftar Karu Prakerja.

  • Registrasi atau daftar akun di laman prakerja.go.id
  • Setelah berhasil, kalian bisa login menggunakan email dan password yang digunakan saat mendaftar
  • Isi data diri yang diminta dan upload foto KTP
  • Mengikuti tes online yang terdiri dari Tes Kemampuan Dasar dan Tes Motivasi
  • Update data diri dengan cara upload foto KTP kembali (hanya bisa menggunakan HP
  • Selanjutnya, kalian bisa memilih gelombang yang sedang dibuka. Jika saat ini belum tertera Prakerja Gelombang 18, memang belum diumumkan secara resmi. Namun kalian sudah memiliki akun, tinggal menunggu.

Dengan begitu, kalian bisa logout akun dan login kembali apabila Prakerja telah mengumumkan tanggal pembukaan.

Sekilas Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja merupakan bantuan bagi mereka yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan atau usahanya terdampak karena pandemi Covid-19. Dalam program ini setiap peserta yang lolos akan mendapatkan dana sebesar Rp3,55 juta.

Dana sebesar Rp 1 juta akan diberikan untuk membeli paket pelatihan online. Paket pelatihan pertama harus dibeli paling lambat 30 hari setelah SMS atau notifikasi yang menyatakan seseorang lolos sebagai peserta Prakerja atau kepesertaan akan hangus.

Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. 

Dana ini disalurkan selama empat bulan. Selain itu peserta akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

Kartu Prakerja Gelombang 1 pertama kali dibuka tanggal 11 April 2020, di mana saat ini telah mencapai Gelombang 17.

Jaminan Pekerjaan

Sempat nggak terbersit dalam benak kalian, kalau sudah mengikuti pelatihan Prakerja Gelombang 18 apakah ada jaminan langsung bekerja?

Kalau kalian membuka wbsite resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id, di sana dijelaskan jika mendapatkan pekerjaan ditentukan oleh banyak hal selain mengikuti pelatihan di Kartu Prakerja. 

Kartu Prakerja hanya membantu kalian untuk mendorong kebekerjaan melalui akses untuk skilling, reskilling dan upskilling.

Artinya, peserta Prakerja Gelombang 18 tidak serta-merta mendapatkan pekerjaan. Namun demikian, kalian setidaknya sudah mendapatkan keterampilan lewat pelatihan yang kalian pilih.

Dengan keterampilan itulah kalian bisa berkarya, baik bekerja dengan dengan orang lain atau bahkan membuka usaha sendiri. 

Ketika melamar pekerjaan, perusahaan pasti melihat keterampilan kalian sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk menerima.

Semoga penjelasan mengenai Prakerja Gelombang 18 bisa memberikan pemahaman bagi kalian. ***

0 Response to "Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel