Cara Ampuh Atasi PIN Google Adsense Nggak Kunjung Datang

pin-google-adsense

PIN Google Adsense adalah sebuah benda berupa 6 angka yang dikirimkan oleh pihak Google untuk memverifikasi jika akun adsense yang didaftarkan benar-benar milik kalian.

Tanpa memasukkan 6 digit angka yang sudah dikirimkan, kalian nggak akan bisa mencairkan pembayaran.

Sebelumnya Google melakukan ujicoba pengiriman uang dengan nilai tertentu untuk memastikan transfer sampai ke rekening bank yang kalian daftarkan untuk pembayaran.

PIN Google Adsense adalah langkah terakhir bagi blogger untuk siap-siap menerima pembayaran, Tentu saja jika konten kalian memang pantas untuk dibayar oleh pemasang iklan.

Tulisan ini adalah pengalaman pribadi yang menimpa saya. Judulnya kurang teliti dan menganggap semuanya baik-baik saja. Mungkin karena PIN Google Adsense untuk beberapa blog saya lancar-lancar saja.

Nah, suatu ketika saya membuat blog baru namun akun adsense-nya tidak saya kaitkan dengan akun sebelumnya yang sudah diapproved.

PIN Google Adsense Nggak Datang

Saya kurang tahu persis, tiga atau empat bulan Google akan menghentikan tayangan iklan di blog kita jika tidak melakukan verifikasi PIN.

Sebenarnya waktunya cukup lama sih bagi pihak Google mengirimkan PIN Google Adsese para publisher seperti saya. 

Rupanya Google menyadari kadang ada permasalah saat pengiriman. Saya sendiri awalnya berpikiran apa karena pandemi Covid-19, sehingga PIN Google Adsense saya kok nggak datang-datang, padahal hampir 3 bulan sejak iklan ditayangkan.

Saya ingat-ingat, cara request PIN Adsense sudah benar, cara mendapatkannya juga benar. Kalau nggak benar buat apa ya Google dan saya berulang kali berkomunikasi lewat email.

Dua kali sudah saya mengirimkan permintaan pengiriman PIN Google Adsense saya. Hingga pada batas waktunya nggak juga datang, saya masih berpikir ah gara-gara corona ini.

Ketika waktu semakin mendesak dan Google memberikan notifikasi di dashboard akun adsense, saya mulai berubah pikiran.

Google mengatakan, jika dalam waktu sebulan tidak melakukan verifikasi PIN Google Adsense maka semua iklan yang sudah tayang akan dihentikan.

Mengapa ya PIN Google Adsense tidak sampai. Saya buka penjelasan cara meminta PIN Adsense, sudah sesuai kok.

Suatu malam saya browsing banyak hal, entah itu cara melacak pin google adsense, mengetahui pin adsense sudah dikirim atau belum, request ulang pin adsense, sampai cara cek pin adsense di kantor pos.

Saya punya teman pegawai PT Pos Indonesia di Tanjungpinang, lalu saya minta tolong. Setelah dicek ternyata memang nggak ada. 

"Mungkin karena pandemi mas, jadi agak lama. Biasanya saya juga antar PIN Google Adsese yang datang," ujarnya.

Waduh, masa iya ya selama itu? Padahal kan ngirimnya dari Malaysia (setidaknya begitulah dengan PIN Google Adsense saya yang lain, dikirim dari Malaysia).

Naik kapal dari Tanjungpinang ke Malaysia saja dipakai buat tidur belum nyenyak betul. 

Cek and Ricek Penulisan Alamat

Lalu saya fokuskan pada topik cara mengajukan PIN Google Adsense yang ketiga kalinya. Saya buka dashboard adsense, saya buka menu yang menampilkan alamat rumah lengkap yang saya kirimkan.

Dan di sini saya baru sadar, ada satu angka yang kurang. Alamat saya adalah di Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur dan bla bla lengkap dengan RT dan RW berapa.

Ternyata di dua permintaan pengiriman PIN Google Adsense saya sebelumnya tertulis Kelurahan Batu X, seharusnya Batu IX. Padahal hanya beda satu angka ya, dari sebilan ke sepuluh.

Waktu itu saya masih belum yakin itu penyebabnya. Lalu saya revisi alamatnya, dan saya kirimkan.

Setelah itu saya masih aktif update blog saya setiap hari. Bayangkan, blog yang belum terverifikasi PIN Google Adsense-nya pun masih saya update setiap hari.

Mengapa? Karena saya memang suka menulis. Apakah kalau kalian yang nggak hobi menulis nggak bisa melakukannya?

Bisa banget! Apalagi kalau sudah gajian dari adsense setiap bulan, pasti pinginnya menjaga agar kiriman bulanan itu tetap lancar, bahkan bertambah jumlahnya bukan?

Begitulah teman-teman, kira-kira dua minggu kemudian saya dikabari teman saya yang pegawai PT Pos Indonesia. Ia fotokan barang yang saya tunggu berlama-lama.

Saya sujud syukur, bersyukur kepada Allah yang memberi saya hidup dan mati. Saya harus syukuri, karena banyak yang ditolak Google Adsensenya, butuh langkah demi langkah yang panjang untuk menerima PIN.

Jadi iseng-iseng saya lalu ngobrol sama teman sesama blogger yang tinggal di Pulau Jawa. 

"Ngapain ya Google nggak ngasih tahu alamatmu kurang satu huruf I?" tanyanya sambil tertawa.

Hehe... memangnya yang diurusi Google cuma saya? Saya adalah butiran debu jika dibandingkan urusan Google.

Demikian penjelasan tentang PIN Google Adsense, semoga bermanfaat bagi banyak orang. ***

0 Response to "Cara Ampuh Atasi PIN Google Adsense Nggak Kunjung Datang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel