Gunakan Google Bisnis untuk Promosi Berbuah Manis

bintan-wrapping-stciker-variasi-google-bisnis

Google bisnis? Sebenarnya nama yang benar Google Bisnisku atau kalau dalam bahasa Inggris lazim disebut Google My Business.

Dikutip dari website resminya, Google Bisnis adalah fitur gratis yang memungkinkan kalian mempromosikan profil bisnis di Google. Dengan begitu, usaha kalian akan tampil di Google Penelusuran dan Google Maps. 

Dengan akun Google Bisnis, kalian tak akan kesulitan lagi menjangkau pelanggan, memposting pembaruan. Bahkan kalian bisa berinteraksi dengan pengunjung yang mungkin belum pernah bertatap muka.

Jika kalian membuka kebetulan mengetikkan kata Bintan Wrapping, baik menggunakan awalan kata huruf besar atau kecil atau besar semua maka informasi apapun yang tampil itulah potensi Google Bisnis.

Mendaftar Google Bisnis

Lantas apakah sulit untuk mendaftarkan usaha kalian ke Google Bisnis? Tidak, bahkan sangat mudah. Tentu saja kita mengesampingkan soal memiliki email di Gmail, karena dianggap semuanya sudah memiliki email.

Untuk menampilkan hotel Anda di Google Penelusuran dan Maps, Anda perlu mendaftar untuk akun Google Bisnisku.

Untuk mendaftar untuk akun Google Bisnisku, ikuti langkah di bawah. Sebagai catatan, panduan ini diambil dari halaman resmi Google yang dijadikan contoh adalah mendaftar untuk hotel.

Pada intinya, untuk tempat usaha lainnya juga nggak jauh berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Buka halaman Google Bisnisku. 
  • Di sudut kanan atas, klik Kelola sekarang.
  • Login ke Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki Akun Google, buat akun.
  • Masukkan nama hotel Anda, dan klik Berikutnya.
  • Catatan: Jika hotel Anda muncul di Maps, maka akan muncul di drop-down selama pendaftaran. Selanjutnya, Anda dapat memilih hotel Anda dari saran yang muncul saat Anda mengetik. Pastikan untuk hanya memilih saran jika semua informasi cocok.
  • Masukkan alamat hotel Anda, dan klik Berikutnya. Jika alamat Anda tidak dapat ditemukan dengan geolokasi, Anda mungkin juga diminta untuk memosisikan penanda di lokasi hotel Anda di peta.
  • Di bagian "Kategori bisnis", pilih kategori bisnis. Kemudian, klik Berikutnya.
  • Catatan: Anda juga dapat membuat kategori yang lebih spesifik jika sesuai (mis. hostel atau motel).
  • Masukkan nomor telepon atau URL situs untuk hotel Anda. Kemudian, klik Berikutnya.
  • Catatan: Jika tidak memiliki situs, Anda dapat membuatnya menggunakan Google Bisnisku setelah menyiapkan akun Anda.
  • Untuk memverifikasi hubungan Anda dengan hotel tersebut, klik Lanjutkan.
  • Pilih opsi verifikasi.

Verifikasi Via Kartu Pos

Sebagai contoh, Google Bisnis untuk Bintan WRapping didaftarkan dengan meminta verifikasi via kantor pos. Butuh waktu beberapa hari bagi Google mengirimkan kode verifikasi ke alamat yang kalian gunakan sebagai alamat saat mendaftarkan lokasi usaha.

Ketika kartu pos berisi kode verifikasi datang, kalian bisa langsung masuk ke halaman Google Bisnis dan ikuti panduannya. Hanya memasukkan kode yang ada di dalam kartu pos lalu jika sesuai, maka Google Bisnis kalian sudah terverifikasi.

Manfaat Google Bisnis

bintan-wrapping-sticker-variasi-08jhs

Tentu saja sangat banyak, apalagi jika kalian termasuk pelaku usaha yang aktif di dunia maya. Maka fasilitas gratis ini akan sangat membantu kalian mengetahui banyak hal.

Berikut ini adalah beberaoa manfaat menggunakan Google Bisnis:

1. Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal

Dengan update dan keseriusan mengelola akun Google Bisnis, maka usaha kalian akan semakin terdongkrak di kotak pencarian. Apalagi saat ini Google juga mengedepenkan bisnis lokal, maka ketika orang mengetik kata kunci yang sesuai dengan usaha kalian, maka akan muncul di halaman pertama.

2. Nggak Perlu Bayar

Yealah nggak percaya kalau Google Bisnis itu gratis. Yang nggak gratis hanya membeli kuota internetmu bro. Tetapi kalau kalian rajin ngopi di kedai, maka internetnya bisa gratis karena zaman sekarang tempat ngopi wajib ada wifi-nya.

3. Mempermudah Menemukan Lokasi

Di Google Bisnis kalian diminta untuk memberi tanda yang pas soal lokasi usaha. Lokasi inilah yanga akan ditampilkan di Google Maps. Tidak perlu diragukan, saat ini orang sudah sangat terbiasa menggunakan peta Google ini.

4. Informasinya Komplit

Jika seseorang membuka informasi melalui Google Bisnis, maka ia akan tertarik dan berpikir kalian adalah profesional.

Sebagai contoh Bintan Wrapping, saat diketikkan maka di halaman kanan ada website, medsos seperti Facebook, Twitter, Instagram atau tentang tempat stiker ini.

Di kolom kanan akan muncul nama usaha lengkap, dalam hal ini Bintan Wrapping Sticker Variasi. Di atasnya ada foto produk, peta serta tampilan Google View.

Di bawahnya ada alamat lengkap, termasuk jam buka dan nomor telepon. Lalu ada ulasan dari pelangan. Jika kalian juga rajin membuat postingan, maka akan tampil juga.

5. Selalu Update

Unggah saja foto hasil kerja, produk, anggota tim atau logo, maka dalam sekejap foto tersebut dapat disaksikan oleh para pengguna internet.

6. Promosi Ganda

Promosi pertama dapat kalian lakukan di toko secara langsung dengan berinteraksi. Sementara itu, tanpa harus kalian perintah Google Bisnis juga menjalankan fungsinya menyebarluaskan informasi tentang usaha yang kalian daftarkan.

Bisa dikatakan Google Bisnis merupakan marketing lapis kedua. Ini akan memperkuat branding usahama secara nyata maupun maya.

7. Laporan Bulanan

Jangan takut, Google Bisnis akan mengirimkan laporan kondisi usahamu melalui email. Jangan takut ini bukan spam, melainkan informasi yang sangat berguna untuk mengembangkan usahamu.

Kalian akan diberitahu foto atau postingan mana yang mendapatkan paling banyak kunjungan.

8. Pelanggan Bisa Mengulas

Jika seorang pelanggan stiker merasa puas dengan pelayanan di Bintan Wrapping, maka tanpa harus kalian minta bisa saja ia ketika pulang mencari lokasinya di Google Maps dan memberikan ulasan.

Ulasan akan sangat bermanfaat bagi kepopuleran usahamua yang didaftarkan menggunakan Google Bisnis.

9. Mengamati di Mana Saja

Google Bisnis bisa kalian akses melalui ponsel atau smartphone. Bahkan kalian juga bisa melakukan postingan dan unggahan terbaru.

Itulah tadi penjelasan tentang Google Bisnis semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Gunakan Google Bisnis untuk Promosi Berbuah Manis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel