Panduan Cek Bansos BST, BPNT dan PKH Kemensos

cek-bansos-2


Cek Bansos (bantuan sosial) yang berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebenarnya sangat mudah.

Aktivitas cek bansos pun menjadi hal yang lumrah pada zaman sekarang ini. Semuanya berawal dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4 belakangan ini.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerisn Sosial, mendistribusikan berbagai program bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. Untungnya, cara cek bansos Kemensos bisa dilakukan secara online. 

Cek Bansos BST, BPNT dan PKH Kemensos

Cek bansos yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tidak harus keluar rumah, cukup di depan laptop atau personel computer yang terhubung dengan jaringan internet.

Yang hanya punya ponsel atau smarthone juga bisa melakukan pengecekan. Syaratnya ya tadi, harus memiliki kuota internet atau paket data.

Baca Juga: Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Dengan cek bansos, maka akan diketahui apakah seseorang terdaftar sebagai salah satu penerima atau belum. Untuk melakukannya, cukup mengunjungi situs yang sudah disediakan.

Nama-nama yang sudah melewati seleksi sebagai daftar penerima bansos BST, BPNT, dan PKH dapat dilihat melalui satu website resmi milik pemerintah.

Catat ya, alamatnya https://cekbansos.kemensos.go.id/. Lantas bagaimana agar kalian bisa cek bansos? Ikuti ya langkah-lanhgkah berikut ini:

  • Silakan buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id.
  • Selanjutnya Isi Wilayah PM (Penerima Manfaat): Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa di mana Anda berdomisili.
  • Masukkan Nama PM (Penerima Manfaat).
  • Salin pada kolom dua kata yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode tidak jelas, klik pada kotak kode untuk merefresh kode baru, maka akan muncul huruf kode lain.
  • Kemudian klik pada tombol "Cari Data".
  • Sistem otomatis akan memproses nama penerima bansos berdasarkan wilayah domisili yang tertera dan dicocokkan dengan nama yang terdapat di sistem database Kemensos.

Bantuan Sosial Tunai

cek-bansos-1

Cek bansos akan menampilkan apakah kalian penerima Bantuan Sosial Tunai Rp300 ribu. Jika ada, tak serta merta bisa mencairkannya saat itu juga.

Kalian akan menerima surat undangan dari Ketua RT setempat. Nah di dalam surat itulah tertera barcode dan informasi dasar penerima bantuan yang wajib dibawa saat ke kantor pos terdekat sebagai bukti untuk proses pencairan bantuan.

Setelah cek bansos dan dinyatakan sebagai penerima manfaat, silakan bawa surat undangan dan datang mencairkan bansos ke kantor pos sesuai jadwal. 

Ingat, penerima Bansos Tunai juga wajib membawa KTP atau Kartu Keluarga. Kemudian datangi Kantor Pos dan tunjukkan kepada petugas.

Kalau antrean, ingat untuk tetap menjaga jarak dan mengenakan masker.

Setelah surat undangan ditunjukkan, petugas akan mengecek dan scan barcode yang terdapat pada surat undangan. Pencairan Rp 300 ribu sukses dilakukan dan tidak ada potongan sama sekali.

Perlu untuk kalian tahu, target penerima masing-masing bantuan sosial adalah: BST ditarget 10 juta penerima, BPNT menyasar 18,8 juta penerima, dan untuk PKH sebesar 10 juta penerima. 

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja 2021, Ikuti Caranya di Sini

Pengecekan Bansos juga dilakukan oleh pejabat terkait. Salah satu yang kerap melakukannya ialah Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang suka blusukan ke berbagai tempat untuk mengecek secara langsung.

Mantan Wali Kota Surabaya ini akan mewawancarai penerima manfaat apakah ada pemotongan bantuan atau masalah lain. Pemerintah memang menginginkan para penerima manfaat adalah benar-benar orang yang tepat untuk menerimanya.

Dari uraian tersebut di atas agaknya yang ribet tahapan cek bansos ya. Kalau tinggal ambil gampang prosesnya. Semoga bermanfaat. ***

Sumber foto: instagram Kementerian Sosial RI

0 Response to "Panduan Cek Bansos BST, BPNT dan PKH Kemensos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel