Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus yang Mengganggu

cara-menghilangkan-bau-bangkai-tikus

Cara menghilangkan bau tikus yang mati adalah pekerjaan yang sederhana kedengarannya. Namun pada praktiknya hal ini membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Artikel ini ditulis untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Bicara tentang cara menghilangkan bau bangkai tikus, sebenarnya bukan hanya pada persoalan baunya. Melainkan juga harus dipikirkan bagaimana carana membuang bangkai tikusnya. Sebab bisa saja ketika bangkainya sudah dibuang, bau menyengatnta tetap ada. Hal ini karena daging tikus sudah membusuk meninggalkan noda yang baunya aduuuh.

Bagi kalian pemilik rumah, mendapati tikus berkeliaran atau bersembunyi pasti membuat tidak nyaman. Apalagi harus mencari sumber bau yang berasal dari bangkai tikus mati. Kalau letaknya gampang terjangkau its okey.

Tidak menutup kemungkinan cara menghilangkan bau bangkai tikus dibutuhkan kerja keras. Mungkin bangkainya ada di sudut rumah yang sangat sulit dijangkau. Racun yang kalian berikan untuk tikus tidak langsung bereaksi saat itu juga. 

Alhasil, tikus masih memiliki kesempatan untuk lari dan sialnya mati di sudut yang sulit dijangkau. 

Sebelum bisa menghilangkan bau bangkai tikus yang harus dilakukan ialah menemukan sumber baunya.

Mendeteksi Sumber Bau Bangkai Tikus

1. Di Lokasi yang Terlihat

Jika bangkai tikus mati terlihat dengan jelas, maka tinggal membuangnya dan membersihkan cairan busuk yang menets di lantai. Membuang bangkai tikus juga sebaiknya dikubur. Jangan asal dilempar begitu saja ke kebun tetangga. 

2. Di Lokasi Misterius

Nah ini yang sulit, harus menemukan bangkai yang tak diketahui pasti di mana posisinya. Lebih mudah menemukan lokasi sebuah tempat di Google Maps ya.

Namun ada beberapa hal yang bisa membantu kalian menemukan bangkai tikus mati yang menyebarkan bau busuk. Tanda-tanda atau cara tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut.

  • Gunakan kemampuan mengendus kalian layaknya detektif. Diamlah ketika menemukan wilayah yang baunya paling menyengat. Jangan pingsan dahulu ya. Lihat dan periksa setiap sudut di lokasi tersebut.
  • Bisa juga dengan mengikuti arah terbang lalat-lalat. Serangga pengurai ini akan menunjukkan arah menuju lokasi bangkai tikus.
  • Perhatikan sumber belatung. Setelah sekian lama menyerbu daging bangkai tikus mati, belatung akan menyebar menjauh dari korban pembantian mereka. Ikuti saja sebaran belatung tadi.
  • Perhatikan plafon di atas. Cairan yang dikeluarkan bangkai tikus membentuk noda, sehingga plafon berdaya resap akan menampakkan bekas nosa tersebut. Di situlah bangkai berada, Anda pun siap menghilangkan bau tikus mati tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Anggap saja sumber bau tikus yang mati sudah terdeteksi. Kini langkah berikutnya ialah bicara cara menghilangkan bau bangkai tikus.

  • Siram lokasi bangkai dengan menggunakan cairan karbol wangi, untuk menetralkan bau bangkai sekaligus membasmi belatung dan telur-telur lalat. Biarkan selama 10 menit.
  • Gosok lantai dengan sikat lantai, lalu seka dengan lap. Langsung buang lap setelah dipakai.
  • Ulangi langkah tersebut beberapa kali jika kalian masih merasakan dan mencium bau busuknya. Langsung buang sikat lantai dan sarung tangan karet, jangan pakai lagi.
  • Selanjutnya bersihkan (pel) lantai dengan cairan pembersih lantai atau karbol yang dilarutkan dalam air.
  • Jika ternyata bau bangkai tikusnya masih ada, buka lebar-lebar jendela. Kemudian letakkan cawan berisi cuka putih atau beberapa bongkah arang di lokasi bangkai untuk menyerap bau yang tersisa.
  • Jika lokasi bangkai di atas plafon, gunakan botol semprot untuk menyemprotkan karbol. Sementara jika nosa bangkai yang biki bau sudah membekas di plafon, cara paling tepat ialah mengganti plafon yang kena noda tersebut.

Membiarkan Bau Bangkai Tikus Hilang Sendiri

Hal ini bisa saja menjadi pilihan kalian ketika lokasi bangkai tikus yang mati benar-benar sulit untuk dijamah. Mau nggak mau kalian harus membiarkan bau tsk sedapnya hilang dengan sendirinya.

Pasti menyiksa sakali, namun harus bagaimana lagi? Untuk menyamarkan baunya, gunakan produk pewangi ruangan yang sering kalian gunakan. 

bintan-wrapping-hitam

Yang perlu kalian ketahui, waktu yang diperlukan bangkai tikus untuk terurai sempurna tergantung pada banyak faktor. Diantaranya besar kecilnya tikus, suhu, kelembapan udara, dan seberapa mudah hewan pengurai seperti lalat menjangkau lokasi tersebut. 

Semakin kecil ukuran tikus, semakin tinggi suhu, dan semakin rendah kelembapan udara, maka semakin cepat pula bangkai menyusut dan cairannya mengering, ibarat proses mumifikasi. Jika sebaliknya, cairan bangkai akan bertahan lebih lama sehingga menyebarkan bau lebih lama pula.

Dalam kondisi normal, rata-rata bangkai tikus terurai sempurna setelah tiga minggu.

Bahan untuk Menghilangkan Bau Bangkai

Berikut ada beberapa barang yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau bangkai tikus;

1. Cuka

Kalian bisa menggunakan cuka sebagai salah satu bahan untuk menghilangkan bau bangkai tikus. Gunakanlah beberapa cangkir cuka dan letakkan cangkir cuka di sekitar area yang sudah terkontaminasi bangkai tikus.

Cuka sendiri akan menyerap bau bangkai tikus dan membuat baunya berkurang. Meski demikian, perlu diketahui bahwa cuka akan meninggalkan bau yang lain di sekitar rumah.

Meski demikian, bau yang dihasilkan akan menghilang dan bisa ditoleransi. Bau dari cuka tersebut pun akan hilang perlahan jika Moms membuka pintu dan juga jendela

2, Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang ada di dapur dan bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan bau bangkai tikus secara alami.

Selain bisa dimanfaatkan untuk membersihkan alat-alat dapur, baking soda juga memiliki fungsi untuk membuat bau tak sedap hilang.

Kalian bisa memanfaatkan baking soda dengan mencampurkannya dengan air dan menuangkannya di botol semprot. Setelah itu, lakukanlah semprotan di area yang sudah terkontaminasi.

3. Ampas Kopi

Dilansir dari 99.co, kopi adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau bangkai tikus yang membandel.

Nggak perlu menggunakan kopi yang baru, kalian bisa memanfaatkan ampas dari kopi tubruk untuk menghilangkan bau bangkai tikus di rumah.

Hanya perlu meletakan ampas kopi tersebut di mangkuk lalu letakkan di sekeliling area yang terkontaminasi.

4. Disinfektan

Cara menghilangkan bau bangkai tikus yang lain adalah dengan menggunakan disinfektan khusus untuk area yang akan Moms bersihkan. Jika kalian membersihkan area yang terbuat dari kayu, gunakanlah disinfektan yang khusus untuk membersihkan kayu.

Sebelum menggunakan produk disinfektan, bacalah dengan hati-hati instruksi yang ada pada label untuk menghindari masalah atau kecelakaan yang tidak diinginkan.

Cara Membuang Bangkai Tikus yang Benar

Memang sih, tikus yang sudah mati nggak bikin takut sebagian orang. Namun tetap saja harus waspada terhadap seumber penyakit yang bisa ditularkannya. Membuang bangkai tikus dengan benar sangat membantu untuk mengeliminasi bau yang datang dari bangkai dan membantu untuk mencegah masalah lainnya.

Dilansir dari Positive Pest, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuang bangkai tikus dengan benar:

  • Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan dan masker. Gunanya untuk mencegah kontaminasi dari bakteri yang berbahaya dan juga terkena penyakit karena bangkai tikus.
  • Kemudian semprot bangkai tikus dengan disinfektan untuk membuat bakteri di sekitarnya mati.
  • Jangan langsung pegang dan lempar keluar jendela. Lebih bagus masukkan bangkai tikus ke dalam kantong plastik.
  • Nah, kalau ada kotorannya sekalian, masukkan ke kantong plastik.
  • Cara menutup kantong plastiknya juga harus benar. Upayakan jangan sampai ada udara yang keluar dari plastik. Kaarena bisa menyebarkan virus ke uadara dan menyebabkan masalah kesehatan.
  • Kantong plastik untuk menampung bangkai silakan dirangkap lalu tutup dengan erat.
  • Langkah selanjutnya ialah membuat lobang di belakang rumah dan memendam bangkainya. Atau bisa juga masukkan ke dalam tempat sampah atau tong sampah.
  • Kalian jangan lupa untuk mencuci sarung tangan dengan sabun dan air dan kemudian buang sarung tangan dengan benar.
  • Setelah itu, cuci tangan dengan sabun dan air lagi. Jika sudah, jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan pada telapak tangan.

Semoga penjelasan mengenai Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus yang Mengganggu ini bermanfaat bagi kalian. ***

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus yang Mengganggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel