Tempat Menulis Novel Online Dapat Bayaran

menulis-novel-online

Menulis novel online pada dasarnya sama dengan menulis karya serupa dalam bentuk buku. Zaman sekarang segala sesuatu sudah dikemas dalam bentuk digital, termasuk novel.

Sebelum membahas cara menulis novel online, kita pahami dahulu apa itu novel.

Novel adalah bentuk karya sastra yang paling terkenal di dunia. Jenis sastra ini paling banyak beredar, hal ini karena daya komunikasinya yang luas pada masyarakat. 

Sebagai bahan bacaan, novel dapat dibagi menjadi dua kategori atau jenis, yaitu karya serius dan karya hiburan. Namun harus ada keterangan tembahan, sebelum kalian menulis novel online.

Tidak semua yang dapat memberikan hiburan bisa disebut sebagai karya sastra serius. Sebuah novel serius tidak hanya dituntut agar indah atau menarik.

Lebih dari itu ia harus mampu memberikan hiburan bagi pembacanya. Kalau tidak mampu memenuhi unsur tersebut, maka menulis online gratis bisa saja pekerjaan yang kurang membosankan.

Apalagi kalau merasa novel kalian tak banyak dibaca hanya karena asal-asalan menuliskannya.

Tempat Menulis Novel Online Dapat Bayaran

Berikut ini sejumlah platform yang bisa kalian gunakan menulis novel online. Karena menulis bukan keahlian yang dimiliki semua orang, kalian bisa mendapatkan keuntungan.

Wattpad

Nah yang pertama ini favorit kebanyakan orang yang ingin menulis novel online sekaligus dapat penghasilan. Namanya Wattpad, kalau kalian termasuk anak zaman now dan suka membaca, aplikasi ini wajib ada, ya.

Salah satu yang menyebabkan Wattpad begitu populer karena memiliki banyak konten kisah yang romantis. Bukan rokok makan gratis ya sob hehehe.

Jika kalian bisa menceritakan tentang girlband atau boyband, silakan mencoba menulis novel online di sini. Namun jika karya kalian kontennya anak-anak, mungkin platform ini kurang pas.

Yang turut mendukung kepopuleran Wattpad ialah sejumlah novel yang diterbitkan bakkan sudah diangkat ke layar lebar.

Kalian bisa mengaksesnya di www.wattpad.com

Gramedia Writing Project

Gramedia Writing Project dibuat awalnya untuk menyaring penulis agar bisa masuk ke penerbit mayor dan bukunya bisa diterbitkan oleh pihak Gramedia. 

Bicara Gramedia, kalian layak untuk tahu. Apalagi toko bukunya bertebaran di banyak kota.

Gramedia menjadi kebanggan setiap penulis yang karyanya bisa tembus dan diterbitkan. Hal ini novel yang diterima Gramedia sudah pasti memiliki kualitas yang bagus.

Sekarang kalian bisa menulis novel online di Gramedia secara online. 

Silakan kalian masuk melalui pintu www.gwp.id

Cabaca

Namanya mengingatkan pada produk bernama Sangpisang hehehe, seperti pengulangan gitu. Tetapi Cabaca nggak ada hubungannya sama sekali dengan pisangnya Mas Kaesang.

Selain dibaca langsung di ponsel setelah, tentu saja, menginstalnya Cabaca juga bisa dibaca melalui website.

Jangan kecewa ya kalian jika tertarik dengan sebuah novel namun hanya bisa membaca 3 bab awal.

Setelah itu kalian harus membayar. Menurut saya ini plastform yang bagus karena menghargai sebuah skill, yakni menulis.

Aar enak dibaca, menulis novel online di sini tak bisa langsung tayang. Harus dicek oleh editor. Ini juga bagus karena membuat tulisan jadi lebih enak dibaca.

Ketuk pintu cabaca.id kalau ingin masuk

Storial

Platform menulis novel online lainnya ialah Storial. Uniknya, aplikasi ini memungkinkan kalian berkolaborasi dengan penulis lain.

Kalau di aplikasi lagu seperti We Sing atau Smule, satu lagu bisa dikeroyok dengan orang lain. Cuma kalau Storial dikeroyok menulisnya ya, bukan digebuki beneran hehe.

Dengan begitu, menulis novel online di Storial juga akan menambah banyak teman. Saya ingat kalimat orang bijak, banyak kepala banyak hal yang bisa dikerjakan.

Kadang seseorang kehabisan ide untuk melanjutkan alur cerita sebuah novel yang sebenarnya bagus banget. Nah, di Storial kalian bisa berbagi dengan penulis lain.

Storial juga menggandeng nulisbuku.com untuk menerbitkan karya-karya penulis yang ada di dalam platform ini. 

Menariknya, Storial akan membayar royalti ke penilis pada bab 6 dan seterusnya jika pembacanya mencapai 500 orang. Wah mau dooooonk kakak!

Jangan malu-malu kalau mau masuk lewat sini www.storial.co

Novelme

Ini juga platfrom bagi kalian yang ingin menulis novel online dan mendapatkan bayaran atas keahlianmu itu.

Pengelolanya tidak eman-eman memberikan hadiah yang menarik asalkan karya kalian bisa masuk ranking.

Namun ini bukan pekerjaan mudah, karena harus mengupdate secara rutin dan membagikannya di medsos agar banyak mendapatkan bintang.

Langsung saja masuk ke rumahnya di www.novelme.id

Joylada

Joylada merupakan aplikasi novel chat pionir di Indonesia. Yang menarik, novel yang dibuat bentuknya chat.

Untuk mendapat penghasilan dari menulis, kalian tinggal mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Selanjutnya silakan kalian login dengan Facebook ataupun membuat akun baru. Lalu, mengikuti petunjuk dalam pembuatan akun, dan setelah mengisi semua data, maka kamu bisa langsung memuat cerita kamu.

Kalian bisa mengaksesnya di www.id.joylada.com

Dreame

Platform webnovel yang populer lainnya adalah Dreame. Sekilas aplikasi webnovel ini mirip dengan Wattpad.

Selain novel berbayar, ada banyak yang gratis. Bisa buat kalian belajar menulis novel online sebagai pengukur kemampuan diri.

Ada bebarap cara menjadi penulis novel di sini. Pertama, jika kamu memiliki viewers Wattpad minimal 100 ribu, bisa langsung kontrak dengan Dreame.

Cara lainnya, dengan seleksi naskah. Ini bisa kamu lakukan jika kamu belum mempunyai viewers. Proses ini berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan.

Atau kalian juga bisa memanfaatkan cara promosi karya untuk mengumpulkan Love atau Like.

Silakan mengaksesnya melalui pintu www.dreame.com

Semua platform di atas bisa kalian gunakan untuk menulis novel online dengan menerima penghasilan atau bayaran. ***

0 Response to "Tempat Menulis Novel Online Dapat Bayaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel