Buku Sekolah Digital, Memudahkan Belajar

buku-sekolah-digital
Dengan buku sekolah digital, pelajar di Indonesia bisa mendapatkan buku pelajaran gratis sesuai standar nasional. Foto - bsd.pendidikan.id

Buku sekolah digital (BSD) atau disebut juga buku sekolah elektronik merupakan cara pemerintah agar dunia pendidikan di Indonesia semakin maju.

Dengan buku sekolah digital, orang tua siswa nggak perlu lagi sibuk ke toko buku untuk anak-anak mereka. Baik yang bersekolah di SD, SMP, SMA maupun SMK.

Semua buku pelajaran yang dibutuhkan sudah ada di almari digital, di dunia maya. Syaratnya hanya memiliki akun, lalu silakan mengunduh buku yang dibutuhkan.

Semuanya gratis, membuat buku sekolah digital seharusnya menjadi sebuah terobosan yang membanggakan. Memang sempat muncul kekhawatiran bagaimana dengan daerah terpencil.

Di mana listrik saja belum ada, dari mana dan bagaimana siswanya mengunduh buku elektronik sementara jaringan internet adalah barang langka.

Kenyataannya pemerintah terus giat membangun jaringan listrik dan juga akses internet.

Ribuan Judul Buku Sekolah Digital

Buku sekolah digital merupakan representasi dari buku sekolah elektronik. Dibuat sebagai bentuk program Departemen Pendidikan Nasional Indonesia.

Tujuannya menyebarkan buku pembelajaran dalam bentuk digital untuk semua jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK.

Tahukah kalian jika aplikasi Buku Sekolah Digital memiliki lebih dari 2.500 buku. Enaknya, semuanya bisa diunduh dari tablet maupun smartphone secara gratis.

Megapa bisa gratis? Penjelasannya sebagai berikut, setiap buku yang dimasukkan dalam koleksi buku sekolah digital telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh pemerintah.

Hak cipta tersebut dibeli dari para penulis atau penerbit bukunya, selanjutnya dari buku fisik berupa lembaran kertas diubah menjadi buku digital (ebook).

Untuk mengunduhnya juga sangat gampang. Dari smartphone kalian, masuk saja ke Appstore, Google Play & Windows Store. 

Dengan mengunduh aplikasi ini dan menyimpannya di smartphone, tablet atau laptop; maka seluruh pelajar Indonesia dapat belajar dimana saja dan kapan saja. 

Oh, ya menyambung keterangan di atas, seandainya ada sekolah yang memang sangat terpencil, gurunya bisa mengunduhnya.

Mungkin bisa minta tolong sesama guru yang ada di kota untuk mengunduhnya. Lalu dicetak sehingga tetap memberikan pembelajaran yang dibutuhkan para siswanya.

Setiap buku yang ada dalam aplikasi ini disediakan secara lengkap sesuai kebutuhan dasar pendidikan dan pelajaran Indonesia, dan yang memenuhi standard nasional pendidikan.

Tentang Buku Sekolah Digital kalian bisa klik tautan berikut ini, dan untuk Buku Sekolah Elektronik klik saja tautan ini.

Mengenang Zaman Jadul

Saya membayangkan betapa senangnya anak-anak sekolah yang memang rajin bersekolah. Lihat saja komentar beberapa siswa yang mengunggah pengakuan mereka di buku sekolah elektronik.

Diah Trianingrum: Saya suka sekali dengan buku Bahasa Indonesia kelas 11 ini. Dengan Buku Sekolah Elektronik ini, saya dapat belajar dimana saja, kapan saja dengan mudah.

Laraswati: Buku ini sangat bagus, mudah dimengerti. Dengan buku elektronik ini saya dengan mudah untuk belajar dimana saja.

Azidni Taftazani Arif: Dengan membaca buku ini, membuat menambah ilmu saya bagaimana cara untuk beretika di Sekolah.

Alindo Sarif: Ini buku yang sangat bermanfaat untuk anak-anak untuk mengetahui bagaimana cara beretika makan dengan benar.

Lalu saya membayangkan saat saya sekolah dahulu. Kadang satu buku pelajaran yang sampulnya sudah usang dipakai satu bangku berdua.

Kadang harus membeli sendiri di kota agar bisa belajar lebih "khusuk" di rumah. Belum lagi kalau di tengah jalan hujan turun, sementara saya harus bersekolah jalan kaki.

Alhasil buku-buku pelajaran sekolah pun basah. Nggak pernah membayangkan suatu saat ada buku sekolah digital. 

Dan hampir setahun ini pandemi Covid-19 melanda bumi. Untuk urusan sekolah, hampir negara di dunia mencari cara agar pendidikan tetap bisa berlangsung.

Di Indonesia muncullah istilah sekolah daring atau dalam jaringan. Berkebalikan dengan zaman saya sekolah dahulu, luring atau luar jaringan.

Hehehe, bahkan zaman itu kalau bicara daring atau luring pasti membingungkan. Kecuali darling, bukan daring hihihi. Tetapi itulah perkembangan, dan saya bersyukur negeri ini bisa melakukannya.

Saya masih saja menatap layar laptop, membuka-buka penjelasan tentang buku sekolah digital. Ah, betapa menyenangkan seharusnya sekolah di zaman now.

Untuk bisa belajar dan membaca buku pelajaran sekolah sepuasnya cukup membawa benda bernama smartphone. Coba kalau dahulu sehari diminta membawa seluruh buku pelajaran, bisa-bisa butuh tas sekolah yang gede.

Buku sekolah digital menginspirasi saya: bahwa hidup itu terus berubah. Ke arah yang lebih baik, semoga. ***

0 Response to "Buku Sekolah Digital, Memudahkan Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel