Tiga Bantuan Sosial yang Cair Mulai Januari

bantuan-sosial

Sejak pendemi Covid-19 terjadi, pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian memberikan bantuan sosial. Pada tahun 2020, masyarakat banyak menikmati bantuan tersebut.

Pada tahun 2021 ini, pemerintah melanjutkan sejumlah bantuan sosial. Hal ini karena hingga akhir tahun 2020 ternyata pandemi belum juga hilang.

Sementara itu tak dapat dielakkan, sangat banyak masyarakat yang terdampak. Mereka kehilangan pekerjaan karena nyaris semua sektor kena imbas corona.

Pemerintah juga mengeluarkan anggaran yang tidak kecil untuk mengatasi virus ini. Baik pemerintah pusat dan daerah diminta untuik refocussing anggarannya, diutamakan untuk penanganan Covid-19.

Bantuan Sosial Adalah

Lalu apakah yang dimaksud dengan bantuan sosial atau kerap disingkat bansos?

Dikutip dari sejumlah sumber, bantuan sosial adalah bantuan berupa uang, barang, atau jasa kepada seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap risiko sosial.

Bantuan sosial merupakan pemberian bantuan yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif dalam bentuk uang/barang kepada masyarakat yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Singkatan BPNT

Bicara tentang bantuan sosial maka akan muncul istilah BPNT. Sebenarnya apa yang dimaksud?

BPNT merupakan singkatan atau kependekan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Bisa dijabarkan sebagai bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) setiap bulannya.

Penyaluranya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerja sama dengan bank.

Bantuan Sosial PKH

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. 

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Baca: Tempat Cetak Stiker di Tanjungpinang

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan  pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi,perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. 

PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Jenis-jenis Bantuan Sosial

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021, Senin (04/01/2021), di Istana Negara, Jakarta. 

Terdapat tiga jenis bantuan yang diluncurkan yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Dari mana dana bantuan sosial? Menurut Presiden, dalam APBN 2021 Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. 

Harapannya dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi COVID-19. Selebihnya bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional, mengungkit ekonomi nasional, memperkuat daya beli masyarakat.

Ujungnya diharapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik.

Tiga Bantuan Sosial yang Cair Mulai Januari

Untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19, Kementerian Sosial mempercepat penyaluran Bansos pada tahun 2021.

Baca Juga: Cara Pembayaran dengan Gopay, Gampang Pasti Bisa

Awal tahun ini terdapat tiga bansos yang disalurkan serentak se-Indonesia mulau 4 Januari kemarin. Ketiganya adalah yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Disalurkan dalam empat tahap yaitu bulan januari, Aprill Juli dan Oktober melalui Himpunan Bank Negara yaitu BNI. BRI, Mandiri dan BTN.

Nilai bantuan yang diterima dalam 1 tahun ialah, ibu hamil Rp 3 juta, anak usia dini Rp3 juta, pelajar SD Rp900 ribu, SMP Rp 1,5 juta dan SMA Rp2 juta.

Kemudian penyandang disabilitas Rp 2,4 juta; penderita penyakit TBC Rp 3 juta dan lanjut usia Rp2,4 juta.

2. Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Nilai bantuan yang diterima Rp200.000 per bulan per keluarga. Disalurkan melalui Himpunan Bank Negara yaitu BNI. BRI, Mandiri dan BTN.

Penyaluran berlangsung dari Januari hingga Desember 2021. Proses pencairan bantuan dilakukan di e-waroeng terdekat.

3. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Nilai bantuan yang diterima Rp300.000 per bulan per keluarga yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan.

yaitu bulan Januari, Februari, Maret dan April 2021. Target penerimanya ialah 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Perbedaan Rapid Test Antigen dan Antibodi sebagai Syarat Perjalanan

Disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Sismaharini, PKH bagi 10 Juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran sebesar Rp7,17 Triliun. 

Program Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan total anggaran Rp3,76 triliun. 

Dana Bansos Tunai untuk 10 juta KPM disalurkan pada bulan Januari dengan anggaran Rp13,93 Triliun. 

Semoga artikel Tiga Bantuan Sosial yang Cair Mulai Januari ini bermanfaat. ***


0 Response to "Tiga Bantuan Sosial yang Cair Mulai Januari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel