Cara Pembayaran dengan Gopay, Gampang Pasti Bisa

cara-membayar-dengan-gopay

Cara Pembayaran dengan Gopay sudah menjadi kebiasaan di zaman now. Jika dahulu setiap pembayaran dianggap sah jika mengeluarkan uang, sekarang dibuat sangat praktis.

Bukan sesuatu yang mengherankan lagi jika ada teman satu meja menggunakan cara pembayaran menggunakan gopay. Misalnya sedang ngopi di sebuah kafe, ia hanya tiggal scan barkode yang ada.

Selanjutnya jangan harap ia mengeluarkan uang kertas, receh atau apapun dari sakunya. Alih-alih merogoh tangannya ke saku celana atau kemeja, jemari tangannya justru asyik di ponsel. Begitulah, cara membayar via gopay bisa dilakukan dengan ponsel tanpa pindah tempat.

Bagi yang belum pernah melakukan pembayaran dengan cara ini, pasti ada rasa was-was. Yah, namanya juga uang, takutnya pasti gimana gitu kan? Sama sobat, siapa yang nggak deg-degan saat pertama melakukannya.

Apalagi zaman sistem pembayaran seperti ini baru pertama kali diperkenalkan. Cara bayar dengan gopay? Terlalu sering pertanyaan itu dilontarkan karena memang belum pada ngeh.

Cara Pembayaran dengan Gopay

Bagi kalian yang ingin mencoba sensasi membayar belanjaan atau jasa yang sudah menggunakan gopay bisa mengikuti langkah-langkahnya.

Sebelum membahas cara-caranya, yang sudah harus kalian lakukan ialah sudah menginstal aplikasi gojek di mana gopay ada di dalamnya. Untuk menginstaknya di smartphone bukanlah sesuatu yang sulit.

Kalau kalian tidak mencobanya sendiri, hal itu akan berpengaruh kepada keberanian menggunakan sesuatu yang baru. Kalau pas bareng teman-teman, ada saatnya kalian merasa malu.

1. Tanyakan ke kasir

Untuk meyakinkan apakah di tempat kalan belanja bisa memanfaatkan gopay, silakan tanyakan dahulu kepada kasir. Kalau jelas-jelas terpampang prmberitahuan bisa menggunakan gopay langsung saja. Kecuali ingin kenalan sama mba kasirnya qiqiqiqi.

2. Buka Aplikasi Gojek

Setelah mendapatkan struk belanja yang menyertakan QR Code, langkah berikutnya ialah menyalakan smartphone kalian. Jangan sampai kehabisan kuota internet ya.

Buka aplikasi Gojek, lalu pilihlah menu bayar. Atau kalau sudah tersedia QR Code untuk harga barangnya, silakan arahkan kamera belakang ponsel kalian ke arah QR Code tadi.

Nggak usah pakai baca-baca sesuatu. Bukan sulap juga bukan sihir, kecanggihan teknologi akan mampu membaca tanda unik itu. 

Baca: Perbedaan Rapid Test Antigen dan Antibodi sebagai Syarat Perjalanan

3. Muncul Jumlah Tagihan

Secara otomatis juga di layar ponsel kalian keluar angka yang menunjukkan jumlah yang harus dibayar. Nggak usah ngotot atau minta diskon ya, kalau ada promo juga akan otomatis terpotong jumlah pembayaran seharusnya.

Namun, sebagai orang yang teliti ada baiknya yang tadi scan QR Code di struk belanjaan melakukan validasi. Yakni mencocokkan jumlah tagihan di struk dengan hasil scan QR Code. 

4. Silakan Bayar

Jika sudah mengetahui tagihan dan cocok, tunggu apa lagi bro? Tekan saja tombol bayar. Pada jendela Gopay, jangan lupa masukkan 6 digit PIN Gopay.

Di mana kalian mendapatkan PIN  tersebut? Hmmm, kalian pasti membutuhkan dan diminta membuat PIN saat instal Gopay. Kecuali kalian dibuatkan orang lain. Makanya sudah saatnya kalian mencoba sendiri cara membayar menggunakan Gopay.

5. Selamat Pembayaran Berhasil

Jika pebayaran berhasil dan dilakukan dengan benar maka muncul notifikasi bahwa pembayaran dengan Gopay sukses.

Pada dasarnya pembayaran yang bisa dilakukan via Gopay sama saja. Caranya tak jauh berbeda. Karena itu jangan pernah berpikir jika teknologi semacam ini adalah hal yang sulit.

Baca: Jasa Layout Buku Murah, Berkualitas dan Profesional

Bisa Bayar Banyak

Dilansir dari laman resmi Gojek, Gopay bisa digunakan untuk pembayaran banyak hal. Sedikitnya ada enam tempat belanja online yang menerima cara pembayaran dengan Gopay.

Kategori Food & Beverage

Daftarnya: Brambang, Breadtalk Delivery, Chatime, Domino, Fore Coffee, Freshbox, Harla + Holden, JCO Delivery, Jumpstart Coffee, Kopi Kenangan (Apps), Kulina, McDelivery (Apps), PT. RITRA MEDIA DISTRIBUSI, Roppan Delivery, Rumah Sayur, Sayurbox, Tanihub, Upnormal dan masih banyak lagi.

Kategori Marketplace

Daftarnya: Adidas, AEON Indonesia, Akulaku, Alfacart.comm, blibli.com, Decathlon, Eigerindo, Evermos, Eyelovin, Funsoft, Geulis.id, Gotix, Gramedia Digital, Gramedia.com, HIJUP, iLOTTE, JD.id, Lemonilo, Novelme, Periplus, RedDoorz, RupaRupa.com, SociaBuzz, Sociolla, Sophie Paris, Indoneisa, The Body Shop Indonesia, Tiket.com, Tiketux, Watson, Zalora, Zilingo dan masih banyak lagi.

Baca: Toyota Rilis C+pod, Mobil Listrik 2 Penumpang, Ini Faktanya

Kategori Charity

Daftarnya: Aksi Cepat Tanggap, Baznas, Kitabisa.com, Peduli Sehat, SharingHappines, Unicef Indonesia, WeCare dan masih banyak banget.

Lain-lainnya

Daftarnya: AirAsia, Alfagift, Alodokter.com, Doogother, Eduka System, Halodoc, Help, K24, Kalbe, Loket, MyRepublic, Olle Indonesia, Pahamify, Parkee, Picklon, ReCharge, Redbus Indonesia, Ruangguru, Skill Academy, Try Out Online STAN, Try Out Online UTBK SBMPTN dan masih banyak lagi.

Selamat mencoba cara bayar dengan gopay, semoga bermanfaat. ***

0 Response to "Cara Pembayaran dengan Gopay, Gampang Pasti Bisa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel