Skip to main content

Posts

Showing posts from January 5, 2020

Membuat File Cutting Pelat Nomor Kendaraan di CorelDraw

cuttingstickerupdate - Selamat pagi, siang, malam sobat sticker. Topik terkait pelat nomor kendaraan rupanya masih menduduki trending di blog ini, yang saya lihat dari Google Serach Console. Hampir setiap hari ada yang memasukkan kata kunci pelat nomor kendaraan cutting.

Sebenarnya saya sudah pernah menguraikan bagaimana membuat master file untuk pelat nomor kendaraan yang siap dicutting dengan plotter. Namun kali ini saya akan berikan ulasan yang jauh lebih mudah dibandingkan teknik sebelumnya.


Kali ini saya perkenalkan perangkat yang akan sangat membantu sobat untuk mendesain angka dan huruf untuk pelat nomor kendaraan. Baik pelat nomor kendaraan untuk mobil atau motor.

Langkah-langkah Membuat File Pelat Nomor Kendaraan
Sobat harus memiliki lempeng bekas pelat nomor kendaraan secara lengkap. Lengkap maksudnya untuk motor ada angka 0 sampai 9, sedangkan huruf ada huruf A sampai Z. Usahakan lengkapi dahulu biar tidak bolak-balik dan capek sendiri. Sobat bisa mencarinya di tukang buat p…

Traffic Sings Films dan CE Certified Buatan Orafol

cuttingstickerupdate - Menyebut Orafol, sudah beberapa kali saya membuat artikel mengenai bahan sticker buatan Jerman ini. Kali ini saya akan mengulas produk Orafol yang dibuat khusus untuk rambu-rambu.

Dengan semakin banyak artikel yang saya buat, sobat bisa memilih kira-kira mana yang akan disodorkan kepada konsumen. Orafol membagi produknya untuk rambu-rambu ini menjadi dua kategori.

Pertama Traffic Sign Films, CE Certified yang terdiri dari 6 produk dan kedua Traffic Sign Films dengan jumlah 11 produk.


Ulasan saya kali ini hanya pada Traffic Sign Films, CE Certified, karena ada link-link yang saya arahkan ke halaman aslinya dan sobat butuh untuk membacanya secara teliti. Saya mohon maaf karena belum sempat mengartikannya ke dalam Bahasa Indonesia secara keseluruhan.

Traffic Sign Films, CE Certified Oralite 5510 Engineer GradeKode #010 warna PutihKode #020 warna KuningKode #035 warna OranyeKode #030 warna MerahKode #060 warna HijauKode #050 warna BiruKode #080 warna Cokelat Oralite…

Rhinotec Rilis Mesin Cutting Auto Contour

cuttingstickerupdate - Sobat sticker, salah satu jenis mesin cutting yang sekarang banyak dicari ialah berkemampuan contour cut. Rhitonec akhirnya merilis RC 60 Xa Series dengan mengandalkan kemampuan buat contour tadi.

Dengan mesin cutting sticker ini sobat bisa melakukan pemotongan hasil printing dengan pola potong mengikuti bentuk hasil cetakan tadi. Misalnya sobat mendapatkan pesanan konsumen sticker printing yang desainnya berbentuk lingkaran atau bulat, maka Rhinotex RC 60 Xa Series akan mengerjakan tugas tersebut.

Hasil sticker printing pindahkan ke mesin cutting sticker Rhinotec RC 60 Xa Series Auto Cuntour, atur fitur yang disediakan untuk proses ini. Jika setingan sobat benar maka pisau mesin cutting akan memotong berbentuk lingkaran sesuai dengan pola printingnya.


Fitur ini sangat membantu jika sobat juga membuka jasa sticker ptinting. Tanpa mesin cutting sticker dengan fitur contour cut, konsumen hanya akan mendapatkan sticker printing per lembar. Mereka harus memotongnya …

Bahan Sticker Kiwalite untuk Rambu-rambu

cuttingstickerupdate - Sobat sticker, selama menggeluti usaha cutting sticker pasti pernah menerima pesanan pembuatan rambu-rambu bukan? Dengan fungsinya sebagai penanda atau peringatan, rambu-rambu tidak boleh dibuat dari bahan seadanya.

Mengapa? Karena sobat berurusan dengan keselamatan. Memang benar, ajal dan nasib itu kehendak Tuhan Yang Maha Agung. Namun membuat rambau-rambu dengan bahan sticker yang memang dibuat untuk keperluan ini adalah sebuah kebaikan.

Bila mendapatkan pesanan rambu-rambu lagi, sobat bisa mereferensikan bahan sticker Kiwa. Baik Kiwalite maupun Kiwacal. Pasti banyak yang baru tahu ya jika Kiwa juga memproduksi Kiwacal, yang merupakan pelengkap agar sticker lebih sempurna dan maksimal.

Sebelumnya saya ingatkan, yang belum baca berita Kiwalite SG 9000 Series baca di sini.


Saya lansir dari laman resmi Kiwa, pabrikan Jepang ini memang membuat bahan sticker khusus untuk rambu-rambu (signage). Bahkan foto utamanya di halaman tersebut rambu-rambu bertuliskan kata St…

Mengenal Lebih Jauh Oracal 651 Intermediate Cal

cuttingstickerupdate - Oracal 651 menjadi salah satu merek bahan sticker yang paling banyak dikenal pelaku usaha cutting sticker di Indonesia. Sebagai bahan sticker buatan Jerman, kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Namun acapkali tukang sticker pun kurang memahami secara detil produk yang digunakanannya. Padahal oleh pabrikannya, Oracal 651 dan saya yakin merek lain juga, sudah melengkapinya dengan beragam hal pendukung. Misalnya data teknis bahan, cara pemasangan, katalog warna dan sebagainya.

Pabrik tak ingin produk yang mereka keluarkan cacat di mata konsumen. Dari data teknis serta dokumen lain, bisa dipelajari terlebih dahulu seperti apa sih bahan yang mau dipakai. Berapa ketahanannya, pemasangan yang benar seperti apa, ketebalannya berapa dan sebagainya.


Saya coba merujuk dari laman resminya yakni orafol.com. Oracal 651 Intermediate Cal memiliki deksripsi sebagai berikut:

Dibuat dari bahan film PVC khusus (70 mikron).Memiliki 59 warna Glossy + 56 warna Matt.Mudah dipotong meng…

Lengkapi Usaha Cutting Stickermu dengan Buket Bunga

cuttingstickerupdate - Buket bunga semakin digemari masyarakat. Tidak hanya yang ada di kota besar, kota kecil seperti Tanjungpinang, Kepri, permintaan gift ini tergolong bagus.

Adalah Nurul, sarjana sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta yang awalnya mencoba merangkai buket balon. Ia mengaku belajar dari YouTube dan belanja bahannya dari Jakarta. Biasa, awalnya tak terbentuk. Lalu terbentuk tapi kurang sempurna.

Sobat semua, buket bunga yang dibuat Nurul membutuhkan satu alat utama selain balon dan bunga hias plastik, yaitu plotter atau mesin cutting sticker. Plotter digunakan untuk memotong huruf-huruf yang kemudian ditempelkan pada balon.


Desainnya tidak seulit, karena hanya kata-kata berupa nama, ucapan serta bentuk ornamen lain yang mudah. Meski demikian, dikatakan oleh Nurul untuk membuatnya dengan tangan membutuhkan waktu sangat lama.

"Kalau mau membuat jasa buket bunga, seharusnya dilengkapi juga dengan mesin plotter," ujarnya kepada saya, beberapa hari lalu.

Dari has…