Toyota Rilis C+pod, Mobil Listrik 2 Penumpang, Ini Faktanya

mobil-listrik-toyota

Toyota dan mobil listrik sebenarnya bukan hal yang baru. Beberapa tahun warga dunia pasti pernah mendengar bagiamana pabrikan mobil asaj Jepang ini serius mengembangkannya.

Namun pada Hari Natal 25 Desember 2020 lalu, Toyota mengumumkan launching C+pod. Ini merupakan mobil listrik yang hanya dibuat untuk memuat dua penumpang.

Toyota menciptakan mobil listrik seperti ini untuk pangsa pasar karyawan instansi atau kantor yang mobiltasnya tinggi.

Fakta Mobil Listrik Toyota C+pod

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian ketahui dari mobil listrik yang bentuknya mungil ini.

1. Harganya Rp220 Jutaan

Mobil listrik Toyota C+pod tersedia dalam dua pilihan. Yang pertama tipe X dengan banderol 1.650.000 yen (sekitar Rp 226,1 juta) dan 1.716.000 yen (sekitar (Rp 235,1 juga).

Harga tersebut dengan asumsi satu yen senilai Rp 136,22. Dan harga itu sudah termasuk insentif pajak di Jepang. 

2. Berfungsi sebagai Genset

Keren sobat, meski Toyota mobil listrik C+pod juga dasarnya adalah kendaraan roda empat, namun ia bisa difungsikan sebagai genset. Ia, genset sebagai penyedia sumber tenaga untuk lampu.

Mobil ini bisa digunakan sebagai genset darurat saat terjadi pemadaman listrik atau bencana alam.

Sebagai genset, kendaraan ini mampu memasok listrik hingga 10 jam (dihitung dari konsumsi daya harian 10 kWh untuk rata-rata rumah tangga yang mengkonsumsi 400 W listrik per jam.)

3. Full Listrik Kompak

Toyota C+pod sebagai mobil listrik yang mendapatkan sambutan hangat ini dikategorikan sebagai mobil full listrik kompak (ultra-compact battery electric vehicle). 

Dengan demikian semua panel dan kinerjanya diupayakan menggunakan daya listrik. Seperti kita ketahui ya sobat, warga dunia memang sedang mencoba menghindari penggunaan kendaraan berbahan bakar selain listrik.

Karena po;ulasi sudah sangat tinggi. Kalau tidak dimulai maka dikhawatirkan populasi itu akan mengancam kesehatan kita semua. Jepang sendiri merencanakan menghilangkan mobil non listrik pada 2030.

4. Rajanya Jalan Sempit

C+pod sebagai mobil listrik dibuat dengan ukuran 2.490 x 1.290 x 1.550 mm (panjang x lebar x tinggi) serta memiliki radius belok 3,9 meter. Dengan ukurannya yang cekli tadi, mobil ini cocok untuk warga harus melewati jalan sempit dan tidak membutuhkan banyak tempat untuk parkir.

5. Menempuh Jarak 150 Km

Mobil listrik ini dibenamkan baterai lithium 9kWh diletakkan di dasar mobil pada bawah jok. Sementara mesinnya, yang memiliki spesifikasi output maksimal 9,2 kWh dan torsi 56 N·m, berada di bagian belakang.

Saat baterai terisi penuh, maka mobil ini mampu menempuh perjalanan dengan jarak 150 kilometer. Benar, C+pod merupakan mobil jarak dekat, untuk mobilitas pegawai kantor, pemerintahan dan pemerintah daerah.

6. Kemudahan Pengisian Baterei

Toyota sudah menyiapkan fasilitas pendukung sebelum meluncurkan mobil listrik C+pod. Salah satunya yang sangat penting ialah tersedianya stasiun pengisian betereinya.

Agaknya pemilik mobil ini tak perlu khawatir karena didukung oleh penggunaan pengisian daya standar, mobil ini mudah diisi ulang dayanya di rumah maupun di stasiun-stasiun pengisian daya mobil listrik.

7. Keamanan Tinggi

Bentuknya yang mungil tidak membuat mobil ini tidak aman saat dikendarai. Ia dilengkapi Pre-collision Safety System, Intelligent Clearance Sonar, juga sistem untuk menghindari tabrakan atau meminimalisir kerusakan saat berbenturan dengan benda lain dalam kecepatan rendah.

Itulah tadi beberapa fakta menarik tentang Mobil Listrik Toyota C+pod, semoga bermanfaat sobat semua. *** 

0 Response to "Toyota Rilis C+pod, Mobil Listrik 2 Penumpang, Ini Faktanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel