Minuman Merpati Saat Lomba Apa Sih? Rahasianya di Sini Bos

minuman-merpati-saat-lomba-1

Minuman merpati saat lomba harus diperhatikan kalian para pemilik burung merpati. Seperti layaknya manusia, merpati juga butuh badan yang sehat, apalagi saat berlaga.

Bukan omong kosong bro kalau kemampuan mabur merpati itu berkaitan erat dengan kondisi kesehatannya. Nah, nggak jauh beda kan dengan kita manusia?

Kalau malamnya kita begadang dan kurang tidur, paginya disuruh lomba marathon apa jadinya? Bukannya berlari melawan pesaing, malahan bobo di lapangan hehehe.

Nah, kondisi kesehatan merpati itu juga terkait erat dengan apa minuman merpati saat lomba. Lha kalau dikasih ait tawar sepanjang masa ya kurang afdol. Masa hanya pemiliknya yang sesekali menyeruput Redbull.

Oh, ya, sebelum bicara lebih jauh, minuman merpati saat lomba juga berarti makanan. Makanan yang dibutuhan merpati harus memenuhi kebutuhan protein dab karbohidratnya.

Namun biar lebih mudah dipahami, ada baiknya kita bagi saja pembahasannya per bagian. Setuju mas bro? Kalau nggak setuju ngangguk saja deh.

Minuman Merpati Saat Lomba

Air memang vital. Penting sekali. Nggak heran ya banyak ungkapan lebih baik nggak makan tiga hari daripada nggak minum sehari. Kalau saya sih lebih baik makan sehari tiga kali dan minum beberapa liter sehari.

Harus kalian pahami, air minum memegang peranan penting. Burung bisa saja tahan tidak makan beberapa hari. Dan tak terlihat tanda apapun padanya.

Namun kalau burung tidak minum dalam 24 jam boleh jadi ada organ tubuh yang rusak. Bayangkan bos, apakah kalian siap untuk membawanya ke dokter? Atau malah sama sekali nggak pernah bersentuhan dengan dokter hewan sementara kalian pencinta hewan?

Biar merpati kalian tetap ganteng dan macho, disarankan mengganti air minumnya dua kali sehari. Tujuannya sangat mulia, agar burung selalu mendapatkan air yang tidak tercemar.

Bagi penghobi merpati pasti menginginkan burung jagoan giring keket. Kalau lomba dan burung merpatinya susah dihiring, waduuuh nggak karuan deh rasanya.

Bukan rahasia lagi jika memberinya konsumsi minuman Pigeon-Vit. Pemberian yang tepat dan sesuai petunjuk akan membuat burung kalian (baca burung merpati kalian) lengket, keket dan kelebatannya mantap.

Minuman Pigeon-vit cocok untuk pasangan merpati untuk lomba balap sprint. 

"Kalau diberikan secara tepat merpati akan giring dan keket dalam waktu singkat," ujar Amin, penghobi burung asal Kota Tanjungpinang, Kepri, belum lama ini.

Ditambahkan Amin, hal tersebut memungkinkan karena Pigeon-Vit mengandung unsur-unsur vitamin dan mineral. Selain itu ada juga asam amino khusus untuk membangkitkan libido burung merpati.

Minuman Merpati Harian

Biar komlit, bagaimana kalau kita bahas minuman merpati untuk perawatan harian juga? Biar satu paket begitu lho gan.

Penting memberikan minuman mengandung vitamin dan mineral untuk memastikan merpati tidak mengalami avitaminosis.

Hayo, katanya penghobi burung masak istilah tersebut nggak paham sih? Itu lho penyakit karena kekurangan vitamin tertentu.

Juga agar merpati nggak malnutrisi yaitu penyakit karena kekurangan atau kesalahan pemberian mineral.

Salah satu multivitamin dan mineral yang bisa digunakan adalah BirdVit. BirdVit adalah multivitamin dan multimineral dalam bentuk tepung khusus untuk burung, termasuk merpati. Jangan asal ambil saja ya gan, mentang-mentang namanya tepung yang kebayang tempe goreng tepung hihihi.

Selain untuk pengobatan berbagai penyakit karena disefisiensi fungsi organ, BirdVirt dibuat untuk menjaga kesehatan burung merpati agar selalu sehat dan prima, bugar, seger waras isi tuku beras.

Mau ngintip apa saja sih yang ada dalam BirdVit itu?

  • Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
  • Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
  • Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Ada beberapa ukuran kemasan yang bisa kalian pilih, terkecil adalah 25 gram, Harganya murah kok sob, berkisar di angka Rp 25 ribuanlah.

Cara penggunaannya pun sangat sederhana, yakni cukup dilarutkan dalam air minum burung merpati. 

Khusus buat merpati yang kurang enak badan, nggak mempan kalau hanya diselimuti. Kalian kudu memberikan BirdVit dengan dosis 2 gram untuk setiap 1 liter air.

Sedangkan untuk penggunaan harian 2 gram untuk 1,5 sampai dengan 2 liter air.

Minuman Memasuki Masa Bertelur

minuman-merpati-saat-lomba-2

Jika kalian merawat merpati untuk indukan dan ndilalah sudah mau lahiran eh ngendhog, maka tambahkan minuman baginya.

Namanya BirdMature (BMR). BirdMature adalah multivitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai.

Juga dibenamkan bahan aktif yang bermanfaat untuk kebutuhan utama asupan makan merpati induk dan merpati anakan/piyikan. 

Sebagai informasi ya bro, fungsi utama BirdMature yang biasa disingkat BMR adalah meningkatkan fertilitas dan menormalkan fungsi reproduksi merpati.

Juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh piyikan, menormalkan sistem kekebalan tubuh piyikan serta menyempurnakan pertumbuhan bulu burung.

BirdMature sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh para penangkar sehingga mencapai produksi merpati yang optimal.

Selain itu dipercaya mampu menjaga kesehatan indukan dan menstabilkan fungsi reproduksi burung.

Lalu gimana cara menggunakannya Om? "Teteskan langsung le paruh burung-burung indukan atau calon indukan. Khususnya untuk burung pemakan biji-bijian," jelas Amin.

Untuk merpati, BirdMature bisa digunakan antara 4-7 tetes (untuk jantan dan betina). Pemberiannya sehari sekali selama merpati betina kalian siapkan untuk bertelur.

Makanan Merpati Harian

Habis minum kini makan. Apa terbalik, ya? Harusnya makan dahulu baru minum. Eh, tetapi harus disesuaikan dengan judulnya bro.

Masih ingat disinggung soal makanan harus memenuhi protein dan karbohidrat. Karbohidrat adalah persenyawaan karbon dan hidrogen, seperti pada gula, tepung kanji dan selulose. 

Sedangkan protein sendiri merupakan persenyawaan yang mengandung unsur nitrogen. Seperti yang ditemukan pada abumin, fibrin, dan caesin yang membentuk jaringan-jaringan pada burung. Seperti belajar lagi pelajaran Olahraga dan Kesehatan ya hehe.

Dengan mengetahui komposisinya, kalian akan mengetahui cara memberikan pakan berdasarkan mutunya. Bukan lagi berdasarkan kategori murah dan mahalnya harga. 

Jangan ikuti mereka yang mengorbankan mutu burung mereka dengan memberi pakan yang asal murah. Hadeeh kasihan banget deh elo merpati.

Kalau kalian jago, bisa juga mencampur makanan sendiri untuk merpati. Yang penting kalian memang tahu kebutuhan makanan pada setiap usianya.

Bahkan cara tersebut lebih baik, karena jelas kalian akan mencari bahan terbaik. Tidak khawatir terkontaminasi bahan kimia.

Burung yang diternakkan akan memerlukan protein yang tinggi. Burung yang dipertandingkan untuk terbang dalam jarak pendek akan memiliki kebutuhan protein yang berbeda dengan burung yang dipertandingkan dalam jarak jauh.

Demikian juga dengan campuran makananan di musim kemarau berbeda dengan keperluan campuran pakan pada musim penghujan. Ada juga orang yang memberikan pakan dengan cara berbeda, tergantung kebiasaan dan tujuan khusus pemberian pakan dengan cara yang berbeda tersebut.

Hal yang patut kalian perhatikan untuk memilih biji-bijian bagi merpati adalah benar-benar matang pohon dan kering. 

Bila merpatimu mencret itu bisa saja karena ia menyantap biji-bijian yang belum matang. Caranya mudah banget, gigit saja biji itu. Biji yang baik akan terasa keras di gigi dan bila pecah akan ada butiran yang keras juga.

Apapun makanan yang disiapkan untuk merpati, harus terbebas dari kotoran dan debu. Jangan pernah memberikan makanan yang kalian tahu sudah dimakan ngengat atau diacak-acak tikus.

Makanan Merpati Lomba

Selain biji-bijian, merpati juga memerlukan grit. Waduh istilah apa lagi ini Bang Jago?

Grit yaitu campuran mineral yang membantu keberhasilan burung merpati terbang memenangkan pertandingan. 

Keperluan mineral merpati sangat tinggi. Selain sebagai sumber mineral, grit juga membantu burung menghancurkan biji-bijian yang ditelannya dan diolah dalam pabrik alami di perutnya.

Dan ini ditempatkan di empedal yang merupakan bagian terpenting dari merpati. Makanan dihancurkan di empedal dan ditempat inilah grit berfungsi sebagai alat pembantu. 

dan kalian juga harus tahu, Grit juga membantu perkembangan burung-burung merpati muda. Bahkan mencegah keluarnya telur lunak pada merpati yang sedang ditangkarkan.

Campuran grit yang baik terdiri dari:

  • 45 persen kulit kerang yang dihancurkan dalam ukuran sedang
  • 35 persen berupa pecahan-pecahan kecil batu gamping/kapur atau batu granit
  • 10 persen pecahan kecil dari arang kayu (kayu-kayu yang keras)
  • 5 persen tepung tulang
  • 5 persen tepung kapur
  • 4 persen garam
  • 1 persen apa yang disebut venetian red

Memberikan pakan burung sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Jangan sampai kekenyangan dan membuat gemuk, sebab kegemukan akan menyebabkan banyak masalah. Seperti manusia, praktisi kesehatan selalu mengingatkan agar jangan obesitas.

Demikianlah penjelasan tentang minuman merpati saat lomba juga makanannya. Semoga bermanfaat. Eit burungnya dijaga ya gan hehe. ***


 

0 Response to "Minuman Merpati Saat Lomba Apa Sih? Rahasianya di Sini Bos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel