Masking Tape Edisi Covid-19, Panjangnya 50 Meter

masking-tape
Eko tengah memotong stiker pesanan pelanggan. Saat pandemi seperti ini ia mengaku harus lebih hemat menggunakan masking tape. Foto - istimewa

Masking tape atau kadang disebut juga transfer tape adalah lapisan plastik bening yang digunakan untuk membantu mempermudah pemindahan stiker cutting menuju media yang akan dipasangi stiker.

Dengan pengertian tersebut di atas, maka peranan masking tape sangat penting dalam bisnis stiker cutting. Hampir sama sebenarnya dengan laminasi pada stiker printing, hanya beda fungsi.

Pada stiker printing lapisan laminasinya (pilihannya ada yang glossy atau matt/dof) sebagai pengawet stiker agar lebih tahan lama. Ketika stikernya sudah dipasang maka laminasinya dibiarkan menempel.

Sementara masking tape fungsinya ialah mentransfer stiker cutting dari backing paper atau release paper ke media yang ditempeli. Ketika stiker cuttingnya sudah melekat di media, maka masking tape akan dilepaskan. Tinggal stiker cuttingnya tersisa.

Masking Tape Edisi Paket Hemat

Semua usaha rata-rata terkena imbas pandemi Covid-19. Demikian juga dengan para pemain usaha stiker. Hal ini tidak ditampik oleh Eko, pengelola Artistik Stiker yang saat ini masih kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Tanjungpinang.

Ia lantas menunjukkan kepada saya nota pembelian bahan stiker serta peralatan lainnya dari Jakarta.

"Yang ini masking tapenya beli dua rol sekalian, karena panjangnya lebih sedikit," tuturnya.

Pada kondisi normal, Eko bisa menghabiskan satu sampai dua rol masking tape dengan ukuran 60 cm x 90 meter. Namun pada saat belanja terakhir beberapa hari lalu ia dikabari distributor di Jakarta yang ada masking tape selebar 60 cm x 50 meter.

Meski secara fungsi nggak ada bedanya, namun Eko harus mengeluarkan ongkos kirim yang lebih mahal. Hal ini terjadi karena setiap satu rol masking tape dilengkapi pipa kertas di tengahnya.

Pada masking tape ukuran 60 cm x 90 meter, hanya ada satu pipa kertas di tengahnya. Sementara gulungan masking tapenya menebal. Ketika membeli dua atau tiga atau empat, ya sebanyak itu juga pipa kertasnya di tengah gulungan. Mau mengetahui cara memilih masking tape, klik saja.

Lebih ringan bobot satu rol masking tape ukuran 60 cm x 90 meter ketimbang dua rol masking tape ukuran 60 x 50 meter. Karena ada dua pipa dari kertas.

Menyikapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, termasuk di Tanjungpinang, Eko mengaku tidak memiliki persiapan atau strategi khusus.

Yang dilakukan hanya memberikan peringatan kepada pelanggan untuk tidak duduk di kursi sampingnya mendesain atau membuat stiker. Kalau harus mendekat, jarak kursinya dengan kursi pelanggan diberi jarak.

"Saya harus mengatur posisi layar komputer menyerong agar konsumen juga melihat apa yang ada di layar sebelum dicetak di mesin cutting stiker," ujar Eko.

Selain itu toko yang dikelolanya juga menyediakan hand sanitizer yang bisa digunakan oleh konsumen. 

Setiap calon pembeli datang, Eko akan menyodorkan kertas dan pena untuk menuliskan apa yang akan dipesan. Ini terutama untuk mereka yang memesan tulisan untuk gerobak jualan mereka.

Sementara kalau ada yang memiliki desain sendiri, langsung diminta untuk mengirimkannya melalui WhatsApp. Untuk mempermudah pekerjaan, Eko akan menyambungkan WhatsApp di ponselnya dengan komputer.

Terlihat beberapa lapis potongan masking tape di kaca belakang etalase pajangan stiker cutting. Menurut Eko, itu adalah masking tape habis dipakai untuk memasang stiker cutting yang dilakukan di toko.

"Ini masih bisa digunakan, jadi salah satu keuntungan kita memasang stiker di toko ialah masking tapenya bisa disimpan kembali. Kalau hanya untuk memindahkan stiker cutting, bisa dipakai berkali-kali," tuturnya.

Syaratnya, masking tape itu tak basah oleh air. Baca masking tape dan kegunaannya jika kalian ingin tahu. ***

0 Response to "Masking Tape Edisi Covid-19, Panjangnya 50 Meter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel