Keuntungan Membuat Blog di Google untuk Bisnis

keuntungan-membuat-blog-di-google

Keuntungan membuat blog di Google zaman sekarang adalah sesuatu yang seharusnya dilakukan para pebisnis. Seharusnya tentu bukan mutlak. 

Pasti masih banyak diantara kalian yang merasa belum perlu membuat blog. Karena usaha yang kalian jalani dirasa sudah cukup menghasilkan. 

Padahal keuntungan membuat blog di Google bukan hanya soal berapa banyak produk yang laku. Ada banyak manfaat yang sangat berguna. membuat blog di Google menandakan jika kalian termasuk orang yang tidak gagap teknologi.

Keuntungan Membuat Blog di Google

Kalian tentu tahu Google, rajanya mesin pencari di internet. Bahkan kini Google mengembangkan banyak cara pencarian, tak hanya lewat tulisan namun juga ucapan.

Berikut ini adalah keuntungan membuat blog di Google yang patut diketahui:

1. Tidak Memerlukan Biaya

Sebenarnya membuat blog bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Biaya yang dikeluarkan paling hanya untuk membeli kuota internet. Kalau di rumah ada WiFi atau Hotspot lebih bagus lagi.

Kalau mau benar-benar gratis ya datang saka ke kedai kopi atau tempat makan langganan. Nebeng WiFi pemilik tempat yang memang dipasang untuk pelanggan. Paling juga hanya mengeluarkan uang untuk secangkir kopi.

Sementara untuk blognya sendiri gratis dengan menggunakan Blogspot yang masih satu atap dengan Google. Blog yang kalian baca ini juga menggunakan Blogspot, hanya saja dibelikan domain.

2. Lebih Meyakinkan Konsumen

Saya memiliki produk stiker yang saya jual melalui blog ini. Yaitu stiker cutting siluet wajah. Konsumen saya biasa membelinya untuk seserahan pernikahan, kado ulang tahu untuk kekasih atau orangtua, kado pernikahan, hiasan dinding hingga dipasang di kendaraan.

Jika sekarang kontennya tak hanya soal stiker, itu karena keinginan untuk memberikan informasi yang lebih luas. Kebetulan saya memang suka menulis. Kalau nggak nulis seminggu saja rasanya jari tangan kesemutan hehe.

Ketika saya menjualnya di Instagram, Pinterest, Twitter, Facebook, sebenarnya sudah bagus respon masyarakat. Namun tak saya sangka, ketika saya rajin mengupdate konten blog terkait stiker cutting, semakin banyak pelanggan stiker cutting siluet saya.

Kini pelanggan saya bukan hanya perorangan atau individu, melainkan beberapa pemilik wedding organizer yang ada di luar provinsi tempat saya tinggal.

Konsumen merasa lebih yakin dengan produk saya karena berpikir saya pasti tak akan suka-suka mempermainkan calon pembeli. Lha saya sudah menulis konten yang lumayan banyak. Kadang begadang sampai pagi untuk menulis, masa iya saya hancurkan hanya gara-gara sesuatu yang nggak benar?

3. Jangkauan Lebih Luas

Bayangkan kalau kalian harus jalan kaki untuk mempromosikan usaha kalian jalan kaki. Seharian penuh mungkin baru berapa puluh rumah. Malah bisa kurang kalau banyak yang nanya ini itu dan sebagainya kepada kalian.

Capek jalan, oke naik motor. Pas hujan apa kalian akan terus melaju sambil menyebarkan brosur tentang usaha baru itu? Bisa-bisa berteduh dahulu di kedai kopi dan ngantuk.

Pakai mobil, tentu tidak kehujanan. Namun seefektif apa kendaraan roda empat ini untuk kegiatan promosi misalnya menyebar brosur? Kalau hanya disebar di jalan siapa akan ambil dan baca?

Kalau mau nempel di tiang-tiang listrik nggak lucu lagi. Mau ngasih rumah ke rumah yang nyetir tangannya pasti linu dan pegal.

Beda dengan membuat blog di Google. Foto saja produknya, kalau saya sticker siluet wajah, saya posting di medsos lalu saya buat penjelasan lengkapnya di blog ini. Ada kan kalian menemukan menu cara memesan sticker siluet wajah di halaman ini?

Begitu sudah diupdate, otomatis mesin perayap Google akan melakukan kerjanya. Kalau artikel saya bagus bisa nangring di halaman depan pencarian Google. Pelanggan saya pun tak terbatas hanya satu kota, provinsi bahkan negara.

4. Promosi Sepanjang Masa

Pernah promosi usaha di media elektronik seperti televisi atau radio? Kalau jatahnya habis nggak bisa diputar lagi, kecuali bayar lagi maka akan diperpanjang.

Demikian juga dengan promosi di media cetak. Koran misalnya, kalau terbit iklan usaha kalian hari Senin, terus korannya hilang hari Rabu karena dipakai bungkus sesuatu oleh seseorang. Wassalam kan?

Nah, keuntungan membuat blog di Google ialah abadi selama internet masih ada. Apalagi kalau artikel tentang produk yang dijual menjadi artikel terpoluler, maka akan tetap muncul di halaman depan.

5. Belajar Menulis Panjang

Ngaku sajalah hehe, pasti banyak diantara kalian yang merasa menulis adalah pekerjaan yang paling dihindari. Padahal banyak manfaatnya dengan bisa menulis. 

Ngeblog seperti yang saya lakukan termasuk salah satu belajar merangkai kata sehingga menjadi kalimat yang panjang. Panjang namun tidak membosankan. Kalau membosankan pasti kalian bacanya hanya sampai kalimat ini, kan? Nyatanya sampai rampung hehehe.

6. Menambah Teman

Saya memiliki teman dari berbagai negara berkat blog yang sedang kalian baca ini. Beruntung ada Google Translate jadi ketika ada yang chat, saya terjemahkan dahulu biar mengerti artinya.

Mereka menemukan saya melalui blog. Blog cuttingstickerupdate ini hanya satu dari sekian blog yang saya kelola. Dan dari blog-blog tersebut saya menyimpan banyak nomor teman baru dari berbagai negara.

Enaknya banyak teman ialah bisa saling diskusi. Bahkan komentar berupa kritikan dari mereka untuk saya adalah bumbu penyedap. Saya harus mempertimbangkannya, kalau untuk membuat msakan lebih lezat nggak ada alasan untuk tidak mendengarkannya.

7. Untung Lebih Banyak

Sebagai pembuat sticker siluet, mendapatkan banyak order dari beberapa pemilik wedding organizer di Indonesia tentu berpengaruh kepada penghasilan saya.

Harus saya akui, dunia marketing saat ini adalah eranya digital. Informasi teknologi mutlak diperlukan dan harus kalian kuasai. Berkat teknologi orang bisa langsung memesan siluet wajah kepada saya meski jaraknya ratusan kilometer.

Saya bersyukur menjadi salah satu dari pemilik usaha yang tidak gagap teknologi. Dan saya memang menyukainya sejak lama. 

Tentu saja keuntungan membuat blog di Google di atas baru beberapa, masih banyak lagi. Beda orang bisa saja beda manfaatnya.

Apakah Buat Blog Dapat Uang?

Jawabannya iya kalau diseriusi. Kalau blog ini hanya dibuat untuk mendukung stiker siluet, sebenarnya ada banyak cara mendapatkan uang dari blog.

Diantaranya menjadi penulis konten, yaitu menerima pesanan pemilik blog atau website berupa artikel. Hitungannya per artikel lho guys. Semakin banyak jumlah kata yang dipesan, harganya juga semakin mahal.

Juga bisa sebagai pubslisher melalui Google Adsense. Di mana website atau blog kalian menayangkan iklan dari Google dan perusahaan ini membayar Anda atas hal tersebut.

Ada juga yang menjual e-book atau buku elektronik. Kalau kalian ingin tahu, coba buka website ratakan, di sana ada banyak sekali pembuat e-book yang materinya sangat beragam. Kalian juga bisa menjadi salah satu penulisnya.

Tak sedikit juga yang mereview produk. Misalnya blog kalian pengunjungnya sudah banyak, nanti akan ada permintaan dari orang lain untuk menerbitkan artikel usahanya di blog kalian. Dan hal semacam ini (content placement) akan mendapatkan bayaran.

Dan sebagainya, dan lain-lain.

Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

Khusus yang ini saya hanya membicarakan mereka yang menghasilkan uang lumayan menggiurkan dari menulis blog. Karena untuk informasi ini lebih banyak dibagikan.

Dikutip dari kompasiana, beberapa blogger dengan jumlah penghasilannya yang dicek pada tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  • Androbuntu.com perkiraan penghasilan iklan Google Adsense per hari Rp 307.035.
  • Igniel.com perkiraan penghasilan iklan Google Adsense per hari Rp 100 ribuan.
  • Nesabamedia.com mendapatkan penghasilan iklan rata-rata Rp 475.695 per hari.
  • Pemasukan blog Teknosaurus.com dari iklan per harinya dapat mencapai Rp 215. 415.
  • Bosstutorial.com, pendapatan blog ini tidak jauh berbeda dengan igniel.com, per harinya rata-rata adalah Rp 111.456.

Kalau blog mereka semakin eksis pasti pada tahun 2020 ini penghasilan mereka bisa lebih besar.

Cara Membuat Blog di HP

Hehehe, akhirnya tertarik ya membuat blog. Keuntungan Membuat Blog di Google akan kalian rasakan jika memang sungguh-sungguh. Langsung saja berikut caranya:

  1. Buka aplikasi peramban atau browser dan kunjungi situs web Blogger di alamat https://www.blogger.com/,
  2. Di landing page, pilih menu create your blog yang artinya buat blog kamu.
  3. Berikutnya, login menggunakan akun Google yang dimiliki. Jika belum, bisa mendaftar saat itu juga. Tetapi sudah punya smartphone Android masa sih nggak punya email bos?
  4. Tulis Nama Tampilan di kolom yang disediakan, jika sudah tap Lanjutkan ke Blogger.
  5. Di laman berikutnya, pilih menu buat blog baru.
  6. Akan muncul jendela yang meminta kalian mengisi judul atau nama blog, alamat blog, dan memilih template blog. Jika semua sudah dilakukan, pilih menu Buat Blog!
  7. Berikutnya, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Blogger.
  8. Jika ingin mulai posting, pilih menu Entri Baru.
  9. Selamat postingan pertama kalian sudah muncul. Duh senang banget deh pastianya.

Semoga artikel Keuntungan membuat blog di Google ini bisa membantu usaha kalian lebih mendunia. Amiin. ***

0 Response to "Keuntungan Membuat Blog di Google untuk Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel