Doa Rezeki Lancar Tiap Hari, Pendek dan Mudah Dihafal

doa-rezeki-lancar-tiap-hari

Doa rezeki lancar tiap hari akan diucapkan kebanyakan orang pada saat beribadah. Baik usai salat wajib, sunat. Bisa juga dibaca dengan khusuk malam atau pagi hari.

Salah satu waktu yang bagus untuk mengucapkan doa rezeki lancar tiap hari ialah kala sepertiga malam. Selain itu pagi hari seusai subuh juga kesempatan yang tak seharusnya disia-siakan hanya dengan tidur.

Saat itu adalah masa di mana waktu yang paling nikmat digunakan untuk istirahat. Hanya orang-orang pilihan yang ikhlas bangun malam untuk menjalankan salat tahajud. Usai salat ini tak ada salahnya juga membaca doa rezeki lancar dan barokah.

Menurut riwayat Abu Hurairah RA, dikutip dari nu.or.id, Nabi Muhammad SAW terbiasa membaca beberapa doa.

Doa-dia tersebut diucapkan pada saat hari masih pagi. 

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63.

Doa itu antara lain :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya sebagai berikut:

Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. 

Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Sobat semua, doa tersebut diucapkan Nabi Muhammad saat pagi. Ini mengingatkan kepada kita yang muslim untuk menghindari tidur selepas salat subuh.

Memang, usai subuh pasti menyenangkan jika digunakan untuk tidur. Tetapi akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk berdoa serta aktivitas lain.

Berolahraga atau berzikir sebentar adalah perbuatan yang sangat baik. Dengan olahraga maka manusia melakukan pemanasan sebelum berangkat bekerja.

Sementara doa memberikan kenyamanan hati. Baik bagi sobat yang memiliki usaha sendiri. Doa lancar rezeki dan terbebas dari hutang pas juga diucapkan pagi hari.

Biar tetap semangat sesampai di tempau usaha. Melayani pelanggan juga dengan perasaan senang sehingga pelanggan merasa senang.

Sementara dari Hidayatullah, Nabi Muhammad S.A.W, setiap pagi memanjatkan doa pendek sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya : “Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Tirmidzi).

Adalah sebuah kerugian jika sobat tidur setelah subuh. Seperti disampaikan Ibnul Qayyim Rahimahullah, pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.

Rasulullah juga menjelaskan kepada siapa saja yang tidak bangun di pagi hari,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ : { يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ ثَلَاثَ عُقَدٍ إِذَا نَامَ بِكُلِّ عُقْدَةٍ يَضْرِبُ عَلَيْكَ لَيْلًا طَوِيلًا فَإِذَا اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عَنْهُ عُقْدَتَانِ فَإِذَا صَلَّى انْحَلَّتْ الْعُقَدُ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَ إِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ}.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda:

Setan akan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur dengan tiga ikatan ia akan membisikkan kepadamu bahwa malam masih panjang, jika ia terbangun lalu berdzikir pada Allah lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah dua ikatan, dan jika ia melanjutkan dengan sholat, maka lepaslah seluruh ikatan itu, sehingga pada pagi harinya ia mulai dengan penuh kesemangatan dan jiwanya pun sehat, namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang keji dan penuh kemalasan.” [HR Bukhari]

Doa Rezeki Lancar Tiap Hari dan Ibadah Lain

Doa doa melancarkan rezeki dan usaha bisa dilakukan pagi hari sebelum berangkat bekerja. Bukan hanya bagi pemilik usaha, karyawan yang bekerja dengan orang lain juga boleh membacanya.

Bagi karyawan, ayat-ayat yang disampaikan di atas bisa sebagai doa mendapatkan rezeki tak terduga. Rezeki semata hak Allah sobat.

Meski kalian pekerja rendahan, jika memang doanya didengar lalu dikabulkan Allah tak ada yang tak mungkin.

Mungkin sobat sering membaca berapa banyak tukang cuci kantor yang jadi orang sukses. Tak sedikit jongos yang kemudian menjadi bos.

Berikut ini beberapa ibadah yang bisa dilakukan menyertai doa lancar usaha tiap hari:

1. Memperbanyak Berzikir

doa-lancar-rezeki-dan-terbebas-dari-hutang

Zikir pagi dilakukan setelah masuk Subuh hingga matahari terbit. Ini bermanfaat untuk memudahkan segala urusan oleh Allah S.W.T

Masalah zikir pagi ini, Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا * وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [QS. Al-Ahzaab : 41-42].

Nah doa-doa untuk meminta kelancaran rezeki, kemudahan usaha dan sebagainya bisa menjadi rangkaiannya.

2. Membaca Al Quran

doa-rezeki-lancar-dan-barokah

Membaca Al Quran dapat membantu fokus otak dan hati. Tidak usah memaksakan diri membaca ayatnya hingga berlembar-lembar kalau tak bisa rutin.

Lebih baik satu adau dua lembar tetapi rutin setiap hari. Karena hal ini akan menambah keimanan dan nutrisi otak.

Bahkan, para penghafal Al Quran, memanfaatkan waktu emas ini sebagai momentum untuk muroja’ah (mengulang-ulang hafalannya).

3. Lakukan Olahraga

Melakukan aktivitas pada pagi hari seperti olahraga ringan, memasak, mencuci maupun membersihkan rumah menyebabkan tubuh bugar dan sehat.

Seperti yang Allah firmankan;

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya : “Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imron [3]: 121).

Doa lancar rezeki setiap hari sudah sobat ucapkan, lebih pas jika dibarengi upaya menyehatkan badan. Kalau doanya rajin tetapi badan sakit karena tak pernah berolahraga ya kurang sip jadinya.

Dengan sehat tadi, sobat bisa bekerja sebagai bentuk upaya. Berdoa sudah, berusaha sudah, hasilnya tinggal diserahkan saja ke tangan Allah SWT.

4. Mandi Pagi

Mandi pagi dapat menyehatkan tubuh dan melancarkan peredaran darah menurut medis.

Mandi pagi bisa dilakukan setelah melakukan aktivitas pagi. Namun usahakan keringatnya sudah kering dari badan. Jangan masih berkeringat banyak lalu tiba-tiba mengguyur tubuh dengan air.

5. Beramal/Bersedekah

Melakukan sedekah di pagi hari merupakan salah satu kebaikan dan ibadah bagi umat muslim.

Diriwayatkan sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

Ayat di atas mengandung arti sebagai berikut:

Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). 

Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu berterusan . 

Lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” [HR. Bukhari no. 39]

Pernahkah sobat baru membuka toko tiba-tiba ada seorang pengemis datang? Bagi orang-orang yang memang belum dibukakan hatinya, bisa saja sumpah serapah dialamatkan ke pengemis tadi. Namun bagi yang lain, bisa jadi itu menjadi pintu rezeki baginya karena sudah berbagi.

6. Salat Dhuha

doa-mendapatkan-rezeki-tak-terduga

Salat Dhuha adalah salat sunat dua rakaat dan bisa dilakukan dengan jumlah genap. Dari dua, empat, emam, delapan rakaat dan seterusnya.

Salat Dhuha dilakukan ketika matahari terbit sampai sebelum adzan Zuhur. Namun pada umumnya dilakukan saat masih bisa disebut pagi.

Shalat Dhuha merupakan sunnah mu’akkadah, terbukti telah dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, sebagaimana diriwayatkan Muslim, dari hadits Aisyah radhiallahu anha, dia berkata;

( كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ )

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.”

Bagi pegawai kantoran, tak sedikit di sela waktu luangnya di pagi menjalankan salat dhuha dua rakaat di musala kantornya.

Masih bisa juga diselipkan doa rezeki lancar tiap hari. Semoga bermanfaat dan doanya dikabulkan Allah ya sobat. ***

0 Response to "Doa Rezeki Lancar Tiap Hari, Pendek dan Mudah Dihafal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel