7 Lagu Bulan Desember Ini Ingatkan Kisah Akhir Tahun

efek-rumah-kaca-band
Efek Rumah Kaca, salah satu yang menciptakan lagu bernuansa bulan Desember. Foto - instagram/sebelehmata_erk

Lagu bulan Desember sebenarnya tak jauh berbeda dengan lagu yang mengambil tema bulan lainnya. Namun banyak yang menganggap lagu-lagu Desember memiliki makna lebih dalam.

Hal ini karena Desember adalah bulan terakhir dari perjalanan selama setahun. Dengan demikian lagu bulan Desember mengingatkan banyak orang akan sebuah kisah.

Yang memiliki kisah bahagia akan menyambutnya dengan mendengarkan lagu sambil tersenyum. Lha yang kisahnya berantakan seperti dikibuli kekasih, ditinggal nikah pacar dan sebagainya..... nelangsa.

7 Lagu Bulan Besember

Berikut ini adalah lagu-lagu di Bulan Desember dengan lirik Indonesia. Beberapa pasti memiliki makna khusus di jiwa kalian.

Mengingat sejenak ke belakang, bulan Desember tak hanya dijadikan inspirasi para pencipta lagu.

Salah satunya ialah almarhum Sapardi Djoko Damono yang pada tahun 1961-an menulis "Sajak Desember".

Yuk kembali ka lagu dan inilah daftarnya:

1. Di Jenjang Desember - Mahameru

Lagu ini diupload ke Youtube oleh beberapa kanal, salah satunya SBP adventure pada 17 Januari 2019 lalu. Hingga hari ini sudah ditonton 22.197 netizen.

Dikutip dari Instagram @nanjak_indonesia, Mahameru di Jenjang Desember diciptakan oleh seorang Mapala UI, Djodi Wuryantoro untuk mengenang So Hok Gie yang meninggal di Gunung Semeru tahun 1969.

2. Desember Kelabu oleh Maharani Kahar

Lagu yang dirilis pada tahun 80-an ini dinyanyikan oleh Maharani Kahar. Ini adalah kali pertama Maharani menggunakan nama Kahar di belakangnya.

Pada album sebelumnya, ia masih menggunakan nama Lies Maharani. Desember Kelabu sendiri diciptakan oleh A Riyanto. 

Di album Desember Kelabu ini, Maharani Kahar juga menyanyikan ulang beberapa lagu milik penyanyi lain. Diantaranya Bukit Berbunga yang dipopulerkan Uci Bing Slamet.

Meski lagu Desember Kelabu sangat terkebnal, namun nama Maharani Kahar sendiri tidaklah sepopuler lagu tersebut.

3. Badai Bulan Desember oleh AKA Group

Lagu ini ada di album AKA Group berjudul Sky Rider yang diluncurkan ke publik pada tahun 1973.

Penciptanya adalah Andalas Datoe Oloan Harahap atau lebih dikenal Ucok Harahap yang merupakan vokalis sekaligus keyboard AKA. Ucok menciptakannya bersama Ucok bersama Peter Wass, Sonata Tanjung dan Syech Abidin.

4. Aer Mata Bulan Desember oleh Gunawan

Dilihat dari kanal YouTube gunawan NEW Chanel, video lagu Aer Mata di Bulan Desember ini diunggah pada 28 Agustus 2020 dan hingga hari ini sudah dilihat 26.942 kali.

Namun dalam dekripsinya dituliskan jika Aer Mata Bulan desember dibuat pada tahun 2001 dan diproduksi pada tahun 2002 oleh Revan Record. 

Ditambahkan oleh Gunawan, tak disangka lagu ini menempati posisi ke-2 terheboh di tahun 2002 - 2010 sesudah lagu Arang Tampurung.

5. Desember Parsirangan oleh Waren Sihotang

Ini merupakan lagu Batak yang diciptakan sendiri oleh Waren Sihotang. Diunggah di nama kala yang sama dengan nama penciptanya pada 27 Oktober 2019, sampai hari ini sudah dilihat 5.283 warganet.

6. Kenangan Desember oleh Tetty Kadi

Bagi pencinta lagu nostalgia lama agaknya sudah mengenal lagu ini. Tetty Kadi mulai dikenal di era 70-an. Wanita ini merupakan sepupu A Riyanto yang pada tahun 1960-an merekam lagu berjudul Sepanjang Jalan Kenangan.

7. Desember oleh Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca atau disingkat ERK mengunggah lagu Desember di kanalnya, Youtube pada 1 Agustus 2012. Hingga hari ini sudah disaksikan oleh 571.919 orang.

Dalam deksripnya, dituliskan seperti ini The concept of this song is about rain and the rainbow. This video is taken in various places and several country.

Nah, itulah lagu-lagu bulan Desember yang akan terasa sangat spesial khususnya bagi kalian yang memiliki memori di akhir tahun. ***

0 Response to "7 Lagu Bulan Desember Ini Ingatkan Kisah Akhir Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel