Skip to main content

Posts

Showing posts from December 29, 2019

Bahan Sticker Max Decal, Katalog Warna dan Harganya

cuttingstickerupdate - Max Decal, jika sobat mencarinya lima tahun lalu pasti tak akan menemukannya di toko-toko sticker di Indonesia. Namun beberapa bulan terakhir, namanya mulai diperhitungkan para pemasang bahan sticker tanah air.

Kabarnya (belum terkonfirmasi) Max Decal adalah produk Amerika. Jika hal ini benar, setidaknya sobat bisa membandingkannya dengan produk bahan sticker lain yang dibuat di negeri Paman Sam ini. Diantaranya 3M dan Avery Dennison.

Max Decal juga terkesan tidak tanggung-tanggung merilis produknya di Indonesia. Buktinya banyak jenis yang bisa dipilih. Hal ini tentu memudahkan bagi sobat untuk memilih bahan sticker mana yang ingin diaplikasikan ke kendaraan konsumen.


Di jagat media sosial milik para tukang sticker di Indonesia, Max Decal juga ramai diperbincangkan. Saya menghubungi Priyo Utomo, spesialis pemasangan sticker truk yang membuka tokonya di Jalan Raya Pati Kudus, Jawa Tengah.

Pemilik Zahara Sticker ini mengakui jika Maz Decal memiliki kelebihan diban…

Mengenal Kiwalite SG 9000 Series dan Harganya

cuttingstickerupdate - Salah satu mertek bahan sticker yang bisa sobat andalkan untuk pembuatan sticker, emblem atau papan peringatan jangka pendek ialah Kiwalite. Pabrikan Jepang ini mengeluarkan produk Safety Grade 9000 Series.

Ukurahn standarnya ialah 48 inc x 50 yds atau 124 centimeter x 45,7 meter. Berdasarkan dokumen Kiwalite Function Use, Kiwalite Safety Grade atau sering disingkat SG 9000 Series ini memiliki daya tahan 2 sampai 3 tahun.


Setiap pembelian bahan sticker, sobat hendaknya mengetahui daya tahan yang disarankan oleh pembuatnya. Hal ini agar sticker yang sobat buat sesuai dengan peruntukannya. Misalnya ada area perusahaan yang butuh sticker papan nama atau papan peringatan yang hanya dipakai 3 tahun, karena setelah itu pindah lokasi, sobat bisa mereferensikan Kiwalite seri ini.

Baca Juga:Bahan Sitcker Terbaik untuk Konsumen

Total ketebalan atau total thickness: approx 380 microns. Selembar bahan sticker Kiwalite SG 9000 Series terdiri dari beberapa lapisan. Yakni top l…

Apakah Merek Bahan Sticker Terbaik untuk Konsumen?

Cuttingstickerupdate - Bukan hal baru bagi sobat pelaku usaha cutting sticker mendapatkan permintaan dari konsumen yang minta bahan sticker terbaik. Adakalanya hal ini sangat wajar, karane bisa saja konsumen yang datang adalah pegawai yang dipesankan oleh pimpinannya untuk mencari sticker.

Dalam dunia perstickeran, memang ada banyak bahan. Baik vinyl, reflektif atau bahan lain yang bisa diaplikasikan dengan mesin cutting sticker. Ada bahan dari Cyhina, Jepang atau Eropa dan Amerika. Bahan buatan China biasanya lebih murah.

Contohnya merek Seicho, Pro, Sun, Deco dan sebagainya. Jika ada tambahan fix di belakangnya, misalnya Seichofix, Profix, Sunfix atau Decofix pada umumnya bahan vinyl. Sementara jika akhirannya lite seperti Seicholite, Prolite maka itu adalah reflektif atau bahan sticker yang memiliki keunggulan berpendar ketika terkena sinar khususnya malam hari.


Namun tak semua menggunakan pedoman tadi, ada juga yang menggunakan nama lain seperti Asahi, Ablast dan lain sebagainya.

Menabung Kebaikan dari Sticker Papan Peringatan

Sobat, pernahkah kalian berpikir dan meyakini jika kita adalah mahluk sosial? Mahluk yang pasti membutuhkan kehadiran orang lain, saling bantu, saling mengingatkan. Hubungannya dengan tukang cutting sticker apa, ya?

Berdasatkan pengalaman saya ketika masih mengelola Bintan Wrapping, keuntungan atau penghasilan saya bukan hanya dari pemasangan atau jual bahan. Ada satu penghasilan yang kerap masuk ke toko yaitu dari sticker papan peringatan.

Banyak jenis papan peringatan yang sudah saya buat, baik itu lantai licin, jangan injak rumput taman, harap tenang ada ujian dan sebagainya. Ukurannya pun beragam, tergantung pesanan. Biasanya konsumen memberikan ukuran medianya, nanti kita sendiri yang menyetingnya di komputer dan memotongnya dengan mesin cutting sticker.


Membuat sticker papan peringatan sangatlah mudah. Saya kok nyaris tak pernah menerima order jenis ini dengan font yang rumit. Karena fungsinya ialah memberikan peringatan, lazimnya digunakan font yang standar.

Boleh Arial, Arial …

Stiker, Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

Cuttingstickerupdate - Selamat menyambut tahun baru sobat sticker di Indonesia. Sebagai mantan pelaku usaha sticker yang kini menggeluti dunia blog, dahulu akhir tahun biasanya saya gunakan untuk browsing model-model apa yang terbaru.

Ini kilas balik saja, setelah hampir 10 tahun menekuni usaha sticker cutting. Saya hanya ingin share masalah usaha kecil. Mungkin akan terjadi perdebatan soal usaha kecil. Tetapi baiknya saya batasi, usaha ini hanya membutuhkan modal berkisar Rp2 jutaan.

Kurang dikit boleh, lebih dikit boleh. Kalau kurangnya Rp1,5 juta ya mending gak usah deh sobat lanjutkan baca artikel ini. Kala itu, saya membayangkan beberapa model usaha kecil yang menurut saya mampu untuk dijalani.

Ketika saya memutuskan untuk berjualan sticker cutting di tepi jalan, bukan tanpa alasan. Melalui tanya jawab sana-sini, browsing sana-sini. Meski masih memiliki pekerjaan dan gaji tetap plus tunjangan kala itu, sticker memikat saya. Salah satu alasannya karena dari kecil sebenarnya saya s…