Skip to main content

Posts

Showing posts from February 21, 2016

Apa Itu Masking Tape dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Hai sobat sticker yang selalu tangguh. Coba hari ini dicek apakah persediaan masking tapenya masih cukup untuk dua minggu ke depan? Kalau gulungannya sudah menipis, tak ada salahnya order lagi sebelum kehabisan.
Mengapa saya sarankan seperti itu? Sebab rezeki orang siapa tahu. Tuhan bisa saja hari ini ngasih order dari sebuah perusahaan yang memesan banyak sekali sticker cutting. Namun mereka hanya butuh stickernya, soal pemasangannya akan dikerjakan pegawai perusahaan tersebut.
Itu artinya persediaan masking tape sobat akan banyak terpakai, atau bahkan kurang. Lebih menyenangkan jika sobat juga yang mendapatkan kesempatan memasangnya. Selain bisa menawarkan biaya pemasangan, masking tapenya juga bisa diirit. Lah kalau tukang sticker yang sudah bertahun-tahun pasti punya tips khusus, biasanya selembar masking tape bisa digunakan berkali-kali hehe.
Apa Itu Masking Tape
Sebelum jauh saya membahas urusan masking tape, nggak ada ruginya sobat mengetahui sejatinya ap…

Mengenal Lebih Jauh Bahan Cutting Stricker Jenis Vinyl

cuttingstickerupdate - Setelah sebelumnya saya mengunggah postingan tentang bahan sticker reflective, kali ini saya menuliskan tentang vinyl. Bagi sobat yang lebih banyak menerima jasa wrapping kendaraan, baik sepeda motor atau mobil, vinyl menjadi bahan sticker wajib.
Di Indonesia, saat ini banyak sekali merek bahan sticker vinyl yang beredar di pasaran. Sama seperti reflective, ada yang diimpor dari Eropa dan Amerika, tak sedikit yang didatangkan dari China. Sudah jamak diketahui publik, bahan sticker pabrikan China harganya lebih murah, dengan kualitas di bawah buatan Eropa atau Amerika.
Tukang Sticker Kaki Lima
Bagi tukang sticker kaki lima, dalam arti sebenarnya, yakni mereka yang melayani jasa pemasangan sticker di bawah pohon, tepi jalan. Bahkan ada yang tidak ada fasilitas listriknya sehingga harus menggunakan korek gas untuk proses pemasangan sticker, vinyl yang digunakan rata-rata yang berukuran lebar 45 centimeter.
Mereknya beragam, diantaranya yang paling baru Max Decal (k…

Mengenal Bahan Sticker Reflective

cuttingstickerupdate - Bahan sticker reflective menjadi sesuatu yang seharusnya ada ketika sobat berniat membuka usaha cutting sticker. Bahan sticker ini memiliki kelebihan mampu mengeluarkan cahaya saat gelap, tentu saja ketika ia tersorot lampu.
Dari pengalaman saya, banyak pelanggan yang menyebutnya dengan sticker menyala. Ada juga yang mengatakannya skotlet. Pada intinya sama saja. Dengan membuat sticker cutting menggunakan bahan sticker reflective, sobat bisa memberikan pilihan untuk konsumen.
Bahan sticker reflective yang mahal biasanya memiliki kelebihan lebih lentur. Lapisannya tak gampang robek. Untuk jenis ini mereknya diantaranya Oralite, Kiwalite, Avery Denison, 3 M dan sebagainya. Produk-produk tersebut dibuat untuk keperluan pembuatan rambu-rambu lalulintas atau tanda peringatan lain.
Sifat Bahan Sticker Reflective
Bahan cutting sticker reflective memiliki dua lapisan. Pertama adalah lapisan yang dipakai untuk cutting sticker dan memiliki warna. Lapisan ini melekat pada …

Tips Penting Bikin Sticker Cutting Siluet Wajah

cuttingstickerupdate - Kado pernikahan unik bisa beragam bentuknya. Bagi seorang pelaku usaha sticker cutting, sebenarnya ada peluang besar yang bisa sobat rebut. Dan ceruk ini terus terang pernah saya geluti sewaktu masih aktif menggeluti usaha sticker. Bahkan saat sekarang saya beralih profesi total ke penulis lepas (ya buat portal semacam suarasiber.com, blog seperti yang sobat baca, gooday.id atau masnunung.com) masih ada beberapa orag yang menghubungi saya untuk dibuatkan siluet.

Apa sih siluet itu? Mungkin jika sobat mencarinya di referensi lain lebih panjang penjelasannya. Saya jelaskan saja, siluet adalah gambar bayangan. Jadi sticker siluet adalah gambar bayangan yang dibuat dengan teknik sticker cutting. Prosesnya sama persis dengan ketika sobat memotong bahan sticker lain. Bedanya hanya terletak di warna bahan cutting sticker dan desainnya. Sticker siluet hanya saya buat dengan bahan sticker warna hitam. Jadi yang saya kirimkan ke banyak konsumen di seluruh Indonesia pada w…

Sticker dan Sablon Polyflex, Lebih Menguntungkan

cutting stickerupdate - Sudah memiliku usaha cutting sticker? Pernah berpikir untuk mendapatkan penghasilan lebih dengan memanfaatkan peralatan yang sudah ada? Mengapa tidak terpikir untuk memadukan cutting sticker sobat dentgan jasa sablon sticker?

Zaman sekarang, untuk memproduksi sebuah sablon tidaklah serumit zaman kakek nenek kita. Semuanya bisa dilakukan secara cepat dan jumlah pesanan pun bisa kita minimalisir. Tentu menjadi pertimbangan tersendiri jika seseorang hanya ingin membuat dua biji sablon kaos, sementara aturannya pesan sablon minimal setengah atau satu lusin.

Sablon Digital
Itu dahulu, biasa itu. Kini ada bahan sticker khusus untuk pembuatan sablon. Namanya Polyflex, mereknya banyak. Sobat bisa cek di internet.

Ada bahan dari China, Jepang, Korea, Amerika dan sebagainya. Pelajari dahulu sifat dan kelebihan serta kekurangan sebuah merek sebelum sobat membelinya.

Nah, untuk membuka sablon satu ruangan dengan sticker cutting maka sobat hanya tinggal membeli heatpress, s…

Sticker Balap, Banyak Dicari, Banyak Untung

cuttingstickerupdate - Sticker balap pernah menjadi ladang penghasilan saya. Mengapa sticker jenis ini tak pernah lekang oleh waktu dan memiliki bagitu banyak pangsa pasar?
Sobat sticker, sebenarnya tak ada desain khusus untuk sticker balap ini. Pemikirannya sederhana saja, balap adalah kegiatan yang melibatkan dunia otomotif atau mesin kendaraan. Jadi apapun yang berkaitan dengannya saya sebut sticker balap.

Sebagai gambaran, coba sobat perhatikan para pembalap MotoGP saat berlaga di arena. Jangan perhatikan bagaimana caranya berlaga, dari sudut pandang pelaku usaha cutting sticker yang diperhatikan adalah segala tulisan. Baik yang ada di helm, baju, celana, dan kendaraan yang mereka kendarai.
[Baca Juga: cutting sticker bisnis yang mendunia]
Ini pengalaman saya. Sebelum terjun ke dunia sticker hampir 10 tahun silam saya bukan penggemar MotoGP. Ketika satu dua dan akhirnya banyak konsumen menanyakan merek-merek atau nomor pembalap yang saya tidak tahu, akhirnya saya nonton dan saya c…

Cutting Sticker, Bisnis yang Mendunia

cuttingstickerupdate - Cutting sticker semakin akrab saja di telinga kita, penduduk Indonesia. Mungkin pada tahun sebelum 2010 tak banyak kota yang memiliki sebuah toko cutting sticker, kecuali kota-kota besar. Sementara beberapa daerah bahkan belum mengenal apa itu cutting sticker.

Kalau cutting sticker sendiri sudah ada, namun manual. Artinya tangan manusia yang berperan sebagai mesin. tangan kanan memegang gunting, tangan kiri memegang lembaran bahan sticker.

Saya ingat kala masih sekolah setingkat SD, di Pasar Gembong, pasar satu-satunya di kota kecamatan saya tinggal di Desa Bermi, Jawa Tengah, sudah ada penjual bahan sticker. Ia menggunakan gerobak, meletakkan koleksi stickernya di atas lapak gerobaknya. Sementara bahan sticker gulungan ditaruh di sisi dinding gerobaknya.

Mesin Cuttingnya Tangan Dialah satu-satunya penjual bahan dan stickernya. Saya masih ingat benar, stickernya semuanya hasil sablon. tak ada satu pun yang cutting. Kalau mau cutting ia akan membuatkannya dengan …

Kisah Inspirasi Bintan Wrapping

cutting sticker update - Ini adalah kisah dan pengalaman saya ketika membasarkan sebuah usaha cutting sticker dari kaki lima menjadi usaha yang mampu menopang kehidupan perekonomian saya dan keluarga. 

Stiker bisa menjadi pekerjaan utama. Namun untuk menggapai keberhasilan tentu dibutuhkan perjuangan yang berat. Berikut ini adalah apa yang saya lakukan ketika saya juga masih bekerja sebagai wartawan sebuah koran grup Jawa Pos di Provinsi Kepulauan Riau, hampir 10 tahun lalu. 

Meski akhirnya saya kembali ke passion menulis sebagai blogger, namun dalam rentang waktu menangani sticker bisa menjadi gambaran bagi sobat semua. Tulisan ini merupakan duplikat dari blog saya di metrosticker.wordpress.com yang saya perbaiki di sana-sini.  Selepas kuliah, tahun 2000-an, saya berangkat ke Batam untuk bekerja. Selama sekian tahun di Batam akhirnya saya dipindah ke Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang. Perjalanan dari Kota Batam ke Kota Tanjungpinang bisa ditempuh dengan kapal penumpa…

Pengertian Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Sticker dewasa ini seolah sudah menjadi kebutuhan sebagian orang. Bahkan sticker digunakan sebagai media untuk menunjukkan keeksisan suatu jabatan (misalnya pada papan nama di pintu masuk ruang Kapolda, Gubernur), komunitas (seperti klub klub otomotif), label (pada kemasan makanan). 
Sticker ditempel di berbagai media sesuai kebutuhan pemiliknya dengan harapan dikenal atau paling tidak diketahui publik.
Secara garis besar, ada dua jenis stiker yang dijumpai di Indonesia. Pertama printing sticker, yaitu sticker yang proses pembuatannya hampir mirip dengan ketika Anda mencetak dokumen, gambar dengan kertas pada printer rumahan. 
Namun demikian, bukan berarti semua printer bisa digunakan untuk membuat printing sticker. Paling menentukan adalah jenis tintanya. Sifat tintanya harus tajam, cepat kering dan tidak segera luntur ketika terkena air.
Jenis sticker kedua adalah Cutting Sticker, yang juga menjadi isi atau konten dari blog ini. Membuat cutting sticker tidak …