Menyiapkan Usaha Cutting Sticker

cuttingstickerupdate - Cutting sticker bisa dikatakan salah satu bisnis kreatif yang tumbuh sangat pesat. Di hampir kota besar setingkat provinsi, kabupaten bahkan kecamatan usaha cutting sticker dengan mudah kita temukan. Ini menunjukkan usaha ini dinilai mampu menjawab persoalan sulitnya mencari pekerjaan bagi orang orang yang kreatif, khususnya yang menyukai desain.

Lantas, apakah yang tidak memiliki bakat mendesain tidak memiliki peluang untuk menekuni bisnis ini? Sama sekali bisa. Untuk itu, harus disapkan segala hal secara matang agar usaha cutting sticker yang akan dibuat oleh mereka yang bukan jago desain mampu memberikan hasil yang maksimal.

syarat buka usaha sticker


Berikut hal hal yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin memasuki usaha cutting sticker. Untuk mewujudkannya, tak perlu dilakukan dengan persiapan sesingkat mungkin, justru sebaliknya, harus dipikirkan secara matang karena usaha adalah investasi Anda di masa depan.

Suka Mendesain

Jika Anda adalah orang yang jago atau paling tidak suka membuat desain atau menggambar, akan lebih bagus saat membuka usaha cutting sticker. Ada kalanya terjadi persoalan ketika pegawai yang digaji untuk melakukan sebuah pekerjaan suatu saat keluar atau resign.

Jika Anda tidak memiliki bakat desain, kehilangan karyawan yang diberi tugas mendesain, bisa wassalam usaha cutting sticker Anda. Sementara jika Anda bisa mendesain, Anda masih tetap bisa menjalankan usaha sambil mencari pengganti karyawan yang resign.

Pengetahuan akan desain juga bermanfaat tatkala Anda mencari karyawan. Ia akan tahu apakah orang yang Anda wawancara memiliki bakat desain atau misalnya belum pernah mendesain namun sebenarnya ia memiliki bakat terpendam.

Buatlah pertanyaan cerdas serta ujian praktik misalnya dengan meminta calon karyawan mendesain sesuatu yang Anda inginkan.

Tempat yang Layak

Tempat menentukan nikmat. Artinya tempat usaha cutting sticker yang berada pada pusat keramaian lalulintas kendaraan bermotor akan memberikan hasil yang bagus sehingga hidup Anda terasa lebih nikmat.

Tetapi jangan tiru anak anak muda malas yang memiliki slogan Kursi Menentukan Prestasi saat ujian berlangsung. Mereka kalau bisa memilih tempat duduk dekat temannya yang pintar agar bisa mudah minta jawaban sang teman hehe.

Meski tempat Anda sederhana, tetap usahakan mencarinya di lokasi yang strategis. Kemudian untuk mengenalkannya kepada masyarakat, jangan malu untuk membuat papan nama tempat usaha.

Gunakan huruf yang mudah dibaca karena tak semua membaca papan nama usaha Anda saat sedang berhenti. Adakalanya mereka membacanya saat melaju di atas kendaraan.

Pikirkan Luas Bangunan

Membuka usaha cutting sticker biasanya dilengkapi dengan jasa pemasangan sticker cutting untuk sepeda motor dan mobil. Nah, bisa Anda kira kira sendiri berapa luas bangunan yang harus Anda sewa. Agar mobil bisa masuk ke ruangan.

Bukankah Anda ingin bekerja dengan nyaman? Jika ruangan sempit dan mobil dikerjakan di halaman, ada banyak masalah yang harus diantisipasi. Misalnya angin, debu dan panasnya matahri. Juga waktu hujan, Anda mungkin akan menolak konsumen karena tak mungkin memasang sticker cutting di tempat terbuka saat hujan.

Pilih Bahan Baku

Sekarang ini banyak sekali jenis dan merek bahan cutting sticker. Baik vinyl, scothlite atau reflective dan masking tape. Anda harus rajin bertanya kepada orang yang lebih dulu membuka usaha ini tentang bahan bahan cutting sticker yang harus ada bagi pemula seperti Anda.

Bahan cutting sticker itu satu merek saja bisa puluhan warna. Saya ambil contoh vinyl merek Oracal Jerman, ada puluhan warna dengan harga per rol berkisar Rp2.200.000 sampai Rp2.500.000.

Carilah pedagang bahan cutting sticker yang dapat dipercaya, yang bisa melayani eceran. Karena Anda baru mulai, jangan habiskan modal hanya untuk membeli semua warna bahan cutting sticker. Carilah informasi, bisa lewat forum usaha cutting sticker seperti di kaskus, facebook atau blog blog pribadi milik para pebisnis cutting sticker.

Komputer yang Bandel

Pekerjaan mendesain cutting sticker bisa saja berlangsung dari pagi sampai sore. Apalagi jika orderan banyak, Anda harus mengoptimalkan daya dan pikiran untuk hasil maksimal. Untuk itu Anda butuh komputer yang bandel dan berkualitas.

Tak masalah Anda merakitnya sendiri, asalkan memang mampu diandalkan untuk bekerja ngebut dan lembur. Tanyalah kepada toko kopmputer tempat Anda membelinya, spesifikasi apa yang tepat untuk usaha cutting sticker.

Anda harus sebutkan bahwa program atau software yang harus diintsal di kopmputer baru adalah CorelDraw, Photoshop. Siapkan juga software antivirus untuk mengantisipasi flasdisk milik konsumen yang saat dicolokkan di port USB ternyata menyimpan virus.

Mintalah mouse yang bagus semisal Logitech, mousepad yang halus dan modem untuk akses internet jika Anda tidak menggunakan jaringan internet kabel seperti Speedy.

Mesin Cutting Sesuai Kebutuhan

Pada blog ini sudah saya jelaskan bagaimana tips memilih mesin cutting sticker yang bagus. Bacalah sehingga Anda punya pandangan sebelum menentukan pilihan ke merek mesin cutting sticker cutting apa. Sesuaikan juga dengan anggaran yang ada.

Alat Penunjang Usaha

Perhatikan, membuka usaha cutting sticker juga butuh peralatan tambahan. Diantaranya tabung sprayer untuk membantu pemasangan cutting sticker yang harus membutuhkan bantuan air dicampur shampoo; heatgun, yaitu pemanas untuk membentuk bahan cutting sticker jadi lebih lentur saat dipasang pada bahan yang tak rata.

Baca Juga:

Penyebab Silhouette Cameo Tidak Memotong Sempurna

Harga dan Spesifikasi Mesin Cutting Stiker Teneth, Jinka, Redsail, PCut, Liyu, Copam

Cara Pasang Sticker di Laptop

Lalu kanebo atau lap halus untuk mengelap permukaan bodi kendaraan sebelum ditempel sticker; pisau cutter; gunting; penggaris; knifeless atau benang pemotong; magnetic hook yaitu magnet yang dipakai untuk membantu menempelkan sementara motif sticker pada bodi kendaraan sebelum benar benar dipasang.

Jangan lupa UPS jika listrik di kota Anda tegangannya naik turun dan sering mati; etalase untuk pajangan contoh cutting sticker; dan sebagainya. Anda juga akan butuh kamera digital untuk mengambil foto kendaraan yang akan dipasangi cutting sticker lalu diolah di komputer; scanner.

Pembukuan dan Manajemen

Nah ini yang kerap menjadi biang kerok bangkrutnya usaha cutting sticker. Merasa untungnya besar, saat akhir bulan lho kok jatah untuk membli bahan cutting sticker ternyata tak ada? Pembukuan adalah bukti nyata bentuk kepedulian Anda dalam membuka usaha.

Lalulintas keuangan harus dipelototi. Selanjutnya manajemen pada sisi lain juga harus Anda perhatikan. Bagaimana kinerja karyawan, suasana bekerja dan belajarlah mengambil keputusan.

Selamat menimbang nimbang jika Anda baru akan memulai usaha cutting sticker. Semoga sukses...

0 Response to "Menyiapkan Usaha Cutting Sticker"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel