Cara Instal Driver Teneth dan Plug In CorelDraw

cuttingstickerupdate - Meski termasuk mesin cutting sticker yang belakangan memasuki pasar di Indonesia, namun kehadiran mesin cutting sticker Teneth langsung mencuri perhatian para pebisnis cutting sticker.

Teneth dibuat oleh  Shenzhen Teneth Technology Co., Ltd. Hingga sekarang Teneth sudah hadir dengan sejumlah varian.

Ada mesin cutting sticker TK Series yang terdiri dari Teneth TK-740 dan Teneth TK-1350. Lalu T Series dengan produk terdiri dari Teneth T-59L, Teneth T-48L dan Teneth T-24 L. Kemudian melahirkan juga Teneth TH Series dengan jenis Teneth TH-1600L, Teneth TH-440L, Teneth TH-1300L dan Teneth TH-740L. Teneth juga memiliki mesin cutting sticker dengan driver motor servo.

instal driver teneth


Seperti artikel saya sebelumnya tentang perbedaan mesin cutting sticker dengan driver strepper dan servo, kelebihan servo adalah kekuatan tarikan piasunya lebih kuat dan stabil serta suaranya yang halus. Driver motor Servo kebanyakan dimiliki oleh mesin cutting sticker produksi Jepang seperti Mimaki, Roland, Graphtec atau mesin serupa buatan Amerika seperti USCutter dan Cameo.

Teneth T Series sudah dilengkapi fasilitas kontrol nirkabel melalui wireless control. Pada TK Series fasilitas wireless control tidak tersedia. Sementara pada TH Series juga tidak dilengkapi wireless control. Sedangkan pada Teneth Servo dilengkapi Bluetooth dengan jangkauan 5 sampai 10 meter dan Wireless Control dengan jangkauan 5 sampai 50 meter.

Instal Driver Teneth

Langkah-langkah untuk menginstal driver Teneth sebagai berikut. Sebagai contoh saya gunakan cpntoh Teneh 740. Jenis lain cara instal drivernya nggak jauh berbeda.

Siapkan CD Driver Teneth 740 yang disertakan dalam kotak saat sobat membeli mesin cutting dari tokonya. Kalaupun membeli mesin bekas, tetap tanyakan drivernya. Masukkan ke CD Rom komputer meja atau laptop.


  • Jika ada beberapa folder, misalnya hasil copy dari teman, pilih folder Teneth atau di mana sobat menyimpannya.
  • Kemudian pilih English-TH.
  • Pilih CorelDeaw_Plugin 5.1 (versinya bisa berbeda jika ada pembaruan). Klik dua kali.
  • Akan muncul beberapa file, pilih Setup. exe. Pilihlah CorelDraw yang terinstal di komputer sobat, tekan button Instal.
  • Langkah selanjutnya, masih di Folder CorelDraw_Plugin tadi copy dile teneth_51.gsm.
  • Pastekan di C --> Program File --> Corel --> CorelDraw --> GMS.
  • Kembali ke Folder TH (English --> TH).
  • Pilih Folder FTDI_USB Driver
  • Pilih Windows dan sorot CDM 20830_setup.exe --> Extract --> Next --> Finish.


Driver sudah terinstal, sekarang bagaimana untuk tes pengoperasiannya di CorelDraw?


  • Buka CorelDwar di komputer sobat.
  • Pilih menu Tools --> Customization --> Commands --> Macros --> lalu drag Teneth.teneth pada Tools Bar di atas halaman CorelDraw.
  • Sekarang di Tools Bar muncul ikon Plotter, klik saja.
  • Muncul popup maka di Page --> Plotter Origin dan isikan Bottom Left. Bagian advance --> Curve Resolution dan isikan 0.0003 Inc --> Ok.
  • Akan muncul Popun baru ToTenethCutter 5.1. Isikan parameternya sebagai berikut, Port Com 3, Status Port Closed, Plotter Composition Offset 0.25 dan Close 0.25 --> Start.


Maka desain pun otomatois tercutting. Semoga tutorial ini bermanfaat. ***

Baca Juga:

Yuk Sablon Kaos dengan Mesin Cutting Sticker

Mengganti Lapisan Pelindung Jalur Pisau Cutting Sticker

Cutting Sticker Lucu dan Unik




0 Response to "Cara Instal Driver Teneth dan Plug In CorelDraw"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel